Pemain Manchester United Bruno Fernandes menyundul bola dalam sebuah pertandingan liga inggris melawan Brighton Hove Albion di Manchester, Inggris 04 April 2021. | EPA-EFE/Oli Scarff
08 Apr 2021, 11:58 WIB

Setan Merah Manchester United di Atas Angin

Manchester United membiasakan pemainnya dengan persaingan.

GRANADA — Manchester United (MU) akan bertamu ke markas Granada FC pada leg pertama perempat final Liga Europa 2020/2021, yang akan berlangsung di Estadio de Los Carmenes, Jumat (9/4) dini hari WIB nanti. MU berada dalam momen gemilang jelang lawatan ke klub asal Spanyol.

MU berhasil memastikan lolos ke putaran perempat final setelah mengalahkan AC Milan 2-1 pada babak sebelumnya. Sedangkan, Granada sukses menyingkirkan FK Molde dengan agregat akhir 3-2.

Pada pertandingan kali ini MU jelas lebih diunggulkan dibanding tim La Liga Spanyol, Granada. Pasalnya Setan Merah tengah menunjukkan penampilan meyakinkan sepanjang kampanye 2020/2021.

Namun, terselip masalah kebugaran jelang pertandingan kali ini, di mana Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Alex Telles mengalami cedera. Selain itu, Eric Bailly positif terpapar Covid-19.

Terkait

"Tentu saja ini pertandingan yang sulit. Mereka bermain bagus di La Liga (Spanyol) dan kami tahu kami melawan tim yang secara teknis akan sangat bagus dan secara taktik sangat bagus," kata Solskjaer menjelaskan, dilansir laman resmi klub, Rabu (7/4).

Sejauh ini Granada mampu mengalahkan PSV Eindhoven, Napoli, dan klub lama Solskjaer, Molde. Menurut Solskjaer, mereka perlu diwaspadai karena Granada lebih baik daripada kesebelasan Spanyol lainnya, seperti Sevilla dan Real Sociedad.

Dengan demikian, pelatih asal Norwegia menegaskan, para pemainnya harus menunjukkan tekad besar dan fokus penuh pada pertandingan yang berlangsung di Spanyol.

"Terkadang itu berjalan sesuai keinginan Anda, terkadang tidak. Yang penting Anda mendapatkan tujuan. Gol tandang tentu saja penting dan kami menginginkan titik awal yang baik dari pertandingan pertama," ujar Solskjaer.

Sementara, pelatih Granada Diego Martinez sangat menanti pertandingan melawan MU. Dia mengaku tim sangat antusias menjamu kesebelasan elite asal Inggris.

"Ini pertandingan impian bagi Granada, jelas merupakan pertandingan terbesar dalam sejarah klub. Kami sangat antusias menjelang laga ini," kata Diego Martinez dilansir ESPN.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Manchester United (manchesterunited)

Roberto Soldado dan kolega lolos ke Liga Europa setelah finis di peringkat tujuh klasemen La Liga Spanyol akhir musim lalu. Kesebelasan asal Andalusia membuat awal mengesankan pada fase Grup E dengan mengalahkan PSV Eindhoven 2-1.

Adapun rekor Granada dalam debut kampanye di Eropa, yakni delapan kemenangan, dua imbang, dan tiga kekalahan, pun kebobolan delapan gol dalam 13 pertandingan dari 21 gol yang dicetak.

Di sisi lain, salah satu wakil Inggris lainnya, Arsenal, akan berhadapan dengan Slavia Praha di Stadion Emirates. Penyerang sayap the Gunners Willian menegaskan, timnya sangat bertekad memenangkan dua pertemuan melawan Slavia Praha.

"Kami masih jauh dari final, tetapi kami akan mengambil semua selangkah demi selangkah. Slavia Praha adalah tim yang kompak yang juga memiliki kualitas. Jadi, kami harus memiliki kepercayaan diri tinggi untuk mengatasi mereka," kata Willian dilansir laman resmi UEFA.

Arsenal sejatinya tidak dalam performa baik. Pierre-Emerick Aubameyang dan kolega tidak pernah menang dalam tiga pertandingan terakhir. Teranyar, mereka menyerah 0-3 dari Liverpool pada lanjutan Liga Primer Inggris akhir pekan kemarin.

 

Persaingan keeper

photo
David de Gea - (EPA-EFE/RFEF HANDOUT)

Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer memastikan persaingan kedua kipernya antara David De Gea dan Dean Henderson berlansung sehat. Namun posisi De Gea sebagai kiper utama mulai terancam setelah Henderson memainkan tujuh pertandingan terakhir.

MU akan melawan Granada pada leg pertama babak perempat final Liga Europa, di Stadion Los Carmenes, Granada, Spanyol, Jumat (9/4) dini hari WIB. Keputusan Solskjaer terkait posisi kiper akan menjadi gambaran siapa yang akan menjadi pilihan utama di masa akan datang. Meskipun selama ini Solskjaer selalu memakai kiper nomor dua di Liga Europa.

Solskjer enggan membahas lebih dalam mengenai posisi kiper utama di skuadnya. Namun ia mengakui De Gea tak senang kehilangan tempatnya. Solskjer pun menantang agar kiper asal Spanyol tersebut berjuang merebutnya kembali.

"Jika itu Dean atau David, saya sangat nyaman dengan mereka berdua untuk bermain dan saya sangat senang tidak ada dari mereka yang senang tidak bermain," kata Solskjaer, dilansir dari dailymail, Kamis (8/4).

Pelatih asal Norwegia itu menilai persaingan mereka masih dalam batas sehat. Ia juga menganggap Henderson dan De Gea pemain penting. Posisi mereka sama dengan Lee Grant, Nathan Bishop dan Sergio Romero yang semuanya ingin bermain.

De Gea menjema sebagai penjaga gawang top hingga saat ini. Dia bekerja dan berlatih setiap saat. Ia telah 10 tahun mengarungi perjalanan fantastis bersama MU serta mendapatkan banyak penantang.

“Tentu saja mereka ingin bermain. Sergio mungkin memainkan lebih sedikit permainan dari yang seharusnya. Dean telah datang dan memberikan segalanya karena semua orang menginginkan tempat itu di tim. David juga melakukannya,” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa di MU harus siap dengan persaingan. Pasalnya setiap pemain baru datang mereka tak hanya ingin mengisi bangku cadangan melainkan menjadi pemain yang selalu dbutuhkan setiap saat.

“Saya sendiri ada di sana sebagai striker. Kami menandatangani Ruud van Nistelrooy, Diego Forlan, Louis Saha. Banyak striker top - Dwight Yorke dan Teddy Sheringham. Tujuan saya kemudian adalah untuk membuktikan kepada manajer," ia menjelaskan sambil memberikan contoh dirinya sendiri.

Solskjaer tak keberatan dengan situasi tersebut dan dianggap sebagai pemain penting di skuad MU saat itu. Ia memberikan segalanya untuk klub selagi bisa diberikan. Dan persaingan itu berlaku kepada semua pemain di berbagai posisi. 

Jadwal Liga Europa, Jumat (9/4)

Granada vs Manchester United FC — 02.00 WIB      

Arsenal vs SK Slavia Prague — 02.00 WIB     

Ajax vs Roma — 02.00 WIB     

Dinamo Zagreb vs Villarreal — 02.00 WIB


×