Kyle Walker dari Manchester City, kanan, mengambil bola dari para pemain bertahan selama pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Manchester City dan Borussia Moenchengladbach di Puskas Arena di Budapest, Hongaria, Selasa, 16 Maret 2021 | AP/Laszlo Balogh

Olahraga

Duel Sengit di Perempat Final Liga Champion

Real Madrid dan Liverpool bertemu di perempat final Liga Champions.

NYON — Boleh saja untuk kali pertama dalam 16 tahun terakhir, perempat final Liga Champions tanpa menampilkan pertarungan dua megabintang Lionel Messi-Cristiano Ronaldo. Namun, semua itu tidak membuat pamor turnamen paling bergengsi di daratan Eropa ini jadi kehilangan pamor. 

Liga Champions tetap saja memikat dan menyuguhkan daya tariknya. Hasil undian yang digelar di Nyon, Swiss, Jumat (19/3), menunjukkan bahwa gengsi turnamen ini tetap saja mentereng.  Bintang lapangan, seperti Robert Lewandwoski, Erling Haaland, dan Kylian Mbappe dipastikan siap memberikan bobot berarti bagi klub maupun pertarungan secara keseluruhan dari para kontestan babak perempat final. 

Hasil undian babak delapan besar Liga Champions ini menunjukkan duel sengit siap dipertontonkan. Semua duel itu dipastikan juga menyisipkan aroma balas dendam dari setiap tim yang bertemu. 

Bertemunya Real Madrid dan Liverpool pada babak perempat final nanti setidaknya menjadi partai ulangan atas final Liga Champions musim 2017/2018. Liverpool, yang sempat menekan di awal laga dan harus kehilangan Mohamed Salah yang dibanting ala smackdown oleh bek Madrid Sergio Ramos, akhirnya membuat the Reds gagal mewujudkan impian mengangkat trofi si Kuping Lebar.

Partai ulangan lainnya juga mempertemukan Bayern Muenchen dengan Paris Saint-Germain (PSG) di babak perempat final nanti. Laga tersebut jadi ulangan partai final musim lalu, yang berakhir dengan kemenangan Bayern 1-0 atas PSG di Portugal.

Manajer PSG Mauricio Pochettino menyambut baik hasil drawing tersebut. Pochettino bangga bisa menjadi bagian dari delapan klub terbaik di Eropa. Meski sadar kompetisi akan makin ketat, Pochettino tetap optimistis dengan timnya.

"Liga Champions akan sangat sulit untuk memenangkan. Kami harus memainkan yang terbaik dan kami akan menghadapi pemilik gelar. Hasil drawing ini menjadi salah satu yang tersulit dan mengejutkan, tapi kami akan melawan tim yang terbaik saat ini," kata Pochettino.

"Kami optimistis akan bermain secara kompetitif. Kami sudah menyingkirkan Barcelona dan sekarang kami fokus untuk Bayern Munich, dengan satu target, lolos ke semifinal," kata Pochettino menegaskan.

Sementara, kandidat utama juara Liga Primer Inggris musim ini, Manchester City, akan bertemu Borussia Dortmund di babak perempat final. Pep Guardiola tentunya masih dihinggapi rasa penasaran untuk membawa the Citizens berjaya di tanah Eropa dengan syarat mereka bisa melewati adangan Dortmund yang kini punya talenta paling ‘panas’ di Benua Biru, Erling Haaland.

Satu pertandingan perempat final lainnya mempertemukan Porto kontra Chelsea. Porto tiba di perempat final dengan bekal perjuangan gigih Pepe dkk menyingkirkan Juventus dan Cristiano Ronaldo di Allianz Arena. Sedangkan, Chelsea saat ini masih berada dalam fase bulan madu bersama pelatih anyarnya, Thomas Tuchel, yang membukukan rekor nirkalah dalam 13 pertandingan pertama di semua kompetisi.

Untuk laga leg pertama babak perempat final ini dijadwalkan berlangsung pada 6 dan 7 April. Sepekan berikutnya baru digelar leg kedua. Sementara untuk leg pertama semifinal dijadwalkan berlangsung pada 27-28 April dan laga kedua digelar pada 4-5 Mei. 

Berikut hasil lengkap undian perempat final dan semifinal Liga Champions 2020/2021:

Perempat final

Manchester City vs Borussia Dortmund 

Porto vs Chelsea 

Bayern Muenchen vs Paris Saint-Germain 

Real Madrid vs Liverpool

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat