Ilustrasi pertandingan sepak bola Indonesia akan kembali digelar. | ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA

Olahraga

Izin Keluar, Liga Sepak Bola Kembali Digelar 

Pertandingan sepak bola akan kembali meramaikan Tanah Air.

Kepolisian Republik Indonesia akhirnya memberikan izin untuk menggelar pertandingan olahraga di Tanah Air. Terakhir kali pertandingan sepak bola digelar pada 15 Maret tahun lalu. Sementara, untuk pertandingan basket, terakhir digelar pada 8 Maret tahun lalu.

Sebagai awalan, Polri memberikan izin penyelenggaraan turnamen Piala Menpora 2021 yang dijadwalkan pada 21 Maret hinggan 25 April. Menariknya, laga uji coba Timnas Indonesia U-22 melawan PS Tira Persikabo sempat tak mendapat izin pada Rabu (2/3). Kepolisian baru memberikan izin laga tersebut digelar pada Jumat (5/3). Sementara, laga Timnas U-22 melawan Bali United diizinkan digelar pada Ahad (7/3).

Berikutnya, Indonesian Basketball League (IBL) juga mendapat restu dari Korps Tri Brata. Menurut rencana, kompetisi IBL akan digelar secara gelembung sebulan penuh mulai 10 Maret hingga 10 April 2021 di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Karenanya, pemberian izin ini harus benar-benar dipertanggungjawabkan oleh pihak penyelenggara. Tak heran, pada uji coba Timnas U-22 melawan Tira Persikabo, Menpora Zainudin Amali memantau langsung, baik saat persiapan maupun saat pertandingan digelar. Menpora tentu tidak mau kecolongan dalam hal pelanggaran protokol kesehatan karena akan menjadi bahan evaluasi untuk Piala Menpora 2021. Andai dalam laga tersebut sampai ada pelanggaran terhadap protokol kesehatan, bukan tidak mungkin izin bakal ditinjau ulang.

Menpora berkali-kali mengingatkan, tidak hanya kepada panitia penyelenggara, tapi juga peserta untuk melaksanakan secara ketat protokol kesehatan. Kepada suporter sepak bola, Menpora mewanti-wanti  untuk tidak coba-coba mendatangi stadion tempat pertandingan ataupun menggelar nonton bersama. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PSSI (pssi)

Meski izin sudah keluar, kita tetap harus bersabar dan menunggu pandemi Covid-19 benar-benar berakhir.  Jangan sampai, euforia pembuka ini malah memunculkan klaster baru Covid-19. Paling tidak, pesepak bola dan pebasket terbaik kita sudah bisa menunjukkan aksinya di lapangan untuk memberikan hiburan kepada para penggemarnya. Hiburan ini penting untuk meningkatkan imunitas tubuh yang sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti saat ini.

Para suporter klub kesayangan diharapkan dapat menyaksikan tayangan olahraga melalui siaran televisi ataupun live streaming bersama keluarga. Sementara, bagi sponsor klub yang sudah keluar banyak uang, akhirnya bisa kembali melakukan promosi. Meski tidak ada penonton yang datang ke lapangan, setidaknya mereka bisa menyampaikan pesan melalui beragam media gawai dan televisi.

Akhirnya, saya ucapkan selamat memulai kompetisi kembali. Sekali lagi, jangan lengah, jaga protokol kesehatan dengan ketat. Sebelum semua berkumpul untuk bertanding, pastikan dalam kondisi sehat dan tidak terpapar virus  Covid-19. Periksa secara berkala, baik dengan tes usap maupun tes antigen untuk semua peserta maupun pendukung acara. 

Jangan sampai ada klaster Covid-19 baru di arena kompetisi yang baru akan dimulai ini. Tunjukkan kepada dunia bahwa kita pun mampu mengelar pertandingan olahraga di tengah pandemi virus korona yang belum juga mereda. Setelah ini sukses, selanjutnya, kita akan menyongsong beragam kejuaraan olahraga kelas dunia, baik sebagai tuan rumah maupun peserta.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat