Ilustrasi belanja daring | Pixabay

Sehat

Tak Khawatir Belanja Obat dari Rumah

Di tengah pandemi, kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan makin meningkat.

Selama satu tahun terakhir, sejak pandemi Covid-19 menyerang banyak negara, termasuk Indonesia, hampir seluruh aktivitas masyarakat Indonesia dilakukan secara daring. Mulai dari sekolah, bekerja, hingga belanja daring. 

Aktivitas belanja daring pun kini juga tak hanya terbatas pada kebutuhan sekunder atau sehari-hari saja. Tapi, juga sudah merambah ke pembelian obat dan alat kesehatan. 

Terlebih di tengah pandemi, di mana kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi vitamin, suplemen, mendapatkan obat rutin atau alat kesehatan makin meningkat. Mengingat semakin tingginya permintaan masyarakat dalam hal pembelian obat dan alat kesehatan secara daring, saat ini penyedia layanan kesehatan secara daring pun semakin meningkat. 

Direktur Utama K24Klik, Ebed Kharistian Marsudi menjelaskan, masyarakat harus cerdas dan selalu berhati-hati ketika melakukan pembelian obat secara daring karena tidak dapat dilakukan secara sembarangan. “K24Klik sebagai aplikasi beli obat online pertama dan terlengkap di Indonesia, menjual lebih dari 12 ribu produk kesehatan, sehingga konsumen tidak perlu khawatir saat harus mencari produk yang langka,” ujarnya. 

Selain itu, Ebed melanjutkan, konsumen juga bisa menemukan banyak kelebihan lain saat menggunakan aplikasi K24Klik. Seperti terkait jaminan keaslian obat. 

photo
Belanja obat dan keperluan kesehatan melalui aplikasi. - (Dok K24Klik)

Menurutnya, setiap obat, alat kesehatan, maupun suplemen yang dijual oleh K24Klik dijamin keasliannya. Ada 546 apotek yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Apotek K-24 dan juga apotek mitra yang telah bekerja sama dengan K24Klik yang akan menjamin keaslian dan keamanan dari setiap  produk kesehatan yang kamu beli.

Selain itu, konsumen juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu apabila memerlukan informasi lebih sebelum membeli obat. “K24Klik memiliki layanan konsultasi kesehatan gratis melalui live chat bersama apoteker dan konsultan kesehatan yang berpengalaman,” Ebed menjelaskan. 

Apabila kita perlu menebus obat, aplikasi K24Klik juga dapat digunakan tanpa kita harus pergi ke apotek. Caranya, cukup unggah resep yang diberikan ke aplikasi K24Klik, dan apoteker akan segera memproses resep yang kita miliki. 

Pada 25 hingga 27 Februari 2021, K24Klik ikut berpartisipasi dalam kampanye ShopeePay Mantul Sale. Selama promo berlangsung, konsumen berkesempatan mendapat vocer cashback 100 persen melalui menu ‘Deals Sekitarmu’ yang ada dalam aplikasi ShopeePay.

Lebih Peduli Kesehatan 

Banyak perubahan yang terjadi di tengah masyarakat, sejak pandemi terjadi. Laporan terbaru dari Google yang mengamati perubahan perilaku konsumen menunjukkan, orang Indonesia kini lebih berempati dan memiliki kekhawatiran konsumen di masa depan. Laporan Year in Search 2020 yang digagas Google, menujukkan secara komprehensif berbagai tren yang terjadi di masyarakat dan di kalangan industri. 

“Tahun 2020 penuh dengan tantangan dan ketidakpastian bagi kita semua. Laporan ini memberikan insight mengenai tren yang tidak kami lihat dua tahun lalu,” ucap Muriel Makarim selaku Head of Large Customer Marketing di Google Indonesia.

Di bidang kesehatan, misalnya. sejak November 2019 - Oktober 2020, ternyata orang Indonesia kini ingin meningkatkan kualitas hidupnya. Termasuk juga, iebih memprioritaskan kesehatan mental, dan mulai menggunakan internet untuk mengedukasi diri terkait sejumlah isu. 

Penelusuran “kesehatan mental” pun naik hingga 70 persen. Begitu pula dengan kata kunci “self-care” yang naik 45 persen. Menurutnya, semua perubahan ini membuat konsumen beralih ke platform digital untuk menemukan jawaban dan informasi, guna membantu mereka melewati situasi yang baru pertama kali terjadi ini. 

Saat ini, para jenama dan pemasar memang perlu mempelajari dan memahami insight terkait perilaku konsumen ketika akan merencanakan strategi dan kampanye dari perusahaan. 

 
Di bidang kesehatan, sejak November 2019 - Oktober 2020, orang Indonesia ingin terus meningkatkan kualitas hidupnya.
Laporan Year in Search 2020
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat