Bermain sekaligus belajar di masa pandemi | Dok Osmo

Inovasi

Integrasi Bermain dan Belajar di Dunia Maya

Adiksi gawai timbul karena permainan digital saat ini hanya bersifat menghibur. 

Di tengah era digital dan gim daring, pemandangan anak-anak yang terpaku pada layar gawai sudah menjadi pemandangan yang biasa. Fenomena ini makin bertambah buruk pada masa pandemi, dimana kebanyakan keluarga memilih untuk tidak keluar rumah. 

Lukas Kailimang selaku Managing Partner dari Kartika Strategic Education Solutions, badan konsultasi strategi dan manajemen pendidikan, mengungkapkan, bermain memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang dan pendidikan anak. 

Sedangkan pemahaman budaya kita sering kali memisahkan antara bermain dan belajar. “Sangat disayangkan, di era digital ini, banyak media maupun alat permainan yang digunakan anak-anak hanya bersifat pasif dan menghibur,” ujarnya. 

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika malah kebiasaan buruk atau gadget dependency hingga adiksi gawai yang kini banyak ditemui.  

photo
Permainan interaktif untuk anak - (Dok Osmo Indonesia)

Beberapa waktu lalu, perusahaan teknologi Osmo resmi hadir di Indonesia. Tahun ini, Osmo menjadi salah satu Best Tech Toys of 2021, dengan mengintegrasikan teknologi artificial intelligence (AI) dengan perangkat permainan fisik untuk dimainkan menggunakan tangan. Melalui penyampaian yang sederhana dan menyenangkan, Osmo menghadirkan edukasi kepada anak-anak dengan metode yang lebih interaktif. 

Dian Asa Sinaga, selaku representatif dan exclusive distributor resmi Osmo di Indonesia, menjelaskan, Osmo menjawab kekhawatiran para orang tua mengenai screen time, karena Osmo memberikan materi pelajaran bermutu tinggi. “Dengan menggabungkan dunia digital dengan realitas, anak-anak mendapatkan stimulasi otak yang aktif, sekaligus mengasah otak kanan mereka untuk membangun critical thinking dan problem-solving skills,” ujarnya. 

Dian melanjutkan, selain menghadirkan aktifitas STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math-Red), Osmo juga membantu anak-anak belajar membaca, mengenal suara, matematika, komunikasi, kewiraswastaan, kreativitas, hingga koordinasi motorik antara mata dan tangan, 

Sebagai langkah awal, Osmo Indonesia telah membuka toko resminya di beberapa e-commerce besar Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan JD.id. AVP of Business Tokopedia, David Kartono menyampaikan, kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk mempermudah kehidupan masyarakat. 

Termasuk membantu lebih banyak keluarga dalam mendukung proses tumbuh kembang anak, terutama di tengah keadaan seperti ini.

 
Dengan menggabungkan dunia digital dengan realitas, anak-anak mendapatkan stimulasi otak yang aktif, sekaligus dapat mengasah otak.
Dian Asa Sinaga, Representatif dan exclusive distributor resmi Osmo
 
 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat