Ruangan cantik berkat keramik. Keramik memiliki beberapa kelebihan untuk memperindah lantai rumah. | Freepik.com

Belanja

21 Feb 2021, 09:34 WIB

Ruangan Cantik Berkat Keramik

Kelebihan keramik terletak pada ragam motif dan ukuran serta mudah dibersihkan.

OLEH  UMI NUR FADHILAH

Keramik memiliki peran penting untuk menampilkan citra ruangan. Pemilik rumah minimalis, misalnya, cenderung mengaplikasikan keramik putih untuk menampakkan citra ruangan lebih luas. Tren keramik cukup berkembang. Saat ini, banyak keramik dengan aneka tekstur, motif, dan warna.

"Produsen keramik ngasih berbagai motif, bentuk, finishing yang berbeda-beda, jadi kita banyak tren sekarang, lebih banyak pilihan untuk arsitek, klien," kata arsitek Ramadhan Malik Banuya kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Keramik terdiri atas banyak tipe dan jenis, tetapi umumnya terdiri atas dua lapisan. Lapisan pertama, bagian finishing yang menampilkan tekstur, motif, dan warna. Lapisan kedua, yaitu tanah liat yang dipanaskan.

Menurut Malik, selera orang terhadap keramik sangat beragam. Selain berdasarkan selera, pemilihan keramik bisa disesuaikan dengan citra yang ingin ditampilkan. Apabila ingin menampilkan ruangan luas, Anda bisa memilih keramik ukuran 50x50 atau 40x40.

Ruangan standar bisa menggunakan ukuran 30x30, sementara ukuran 20x20 atau 10x10 bisa digunakan untuk dinding, konten dapur, atau background toilet.

Perawatan keramik dinilai cenderung lebih mudah karena memiliki bahan yang cukup bagus. Caranya, dengan menggunakan sapu atau kain pel (dengan daya serap tinggi agar tidak meninggalkan noda air). Hindari penggunaan pembersih lantai dengan asam tinggi karena khawatir merusak tekstur keramik.

 
Hindari penggunaan pembersih lantai dengan asam tinggi karena khawatir merusak tekstur keramik.
 
 

Konsumen dinilainya perlu lebih memperhatikan keramik di luar ruangan yang terpapar suhu panas matahari. Paparan matahari bisa memudarkan keramik meskipun membutuhkan waktu cukup lama.

Malik menyebut, keramik memiliki banyak kelebihan sebagai dekorasi ruangan. Kelebihan tersebut terletak pada ragam motif dan ukuran, mudah dibersihkan, harga terjangkau, serta tahan lembap dan noda.

Sementara itu, kekurangan keramik yakni memiliki bahan keras, tak elastis, dan lebih gampang pecah. Jika pecah, harus diganti baru karena tidak bisa dilem atau ditambal.

Malik berpendapat, jika membandingkan harga, konsumen akan lebih memilih keramik dibandingkan lantai kayu. Namun, apabila harga tak menjadi masalah, kemungkinan besar konsumen akan memilih lantai kayu yang mampu menampilkan citra elegan, berkelas, dan hangat. Sebagai alternatif, saat ini ada keramik motif kayu yang memanjang, baik itu keramik biasa atau granite tile, yaitu seperti keramik.

Perwakilan AZ Ramekarya Studio, Aries Zulkarnain, mengamini bahwa keramik memiliki harga lebih murah. Menurut dia, perawatan keramik akan bergantung pada pemakaian dan areanya.

Aries juga merasa tren keramik lebih pada minimalis modern yang mudah dan terkesan luas. Pilihan warna untuk tren itu lebih pada arah netral, seperti abu-abu, putih, cokelat, dan hitam.

"Beberapa klien lebih ingin terasa ruangan lega," kata Aries.

Namun, dia tak menampik untuk tren sekarang lebih terkesan ada unsur gaya industrial, misalnya modern, minimalis, dan tekno.

photo
Ruangan cantik berkat keramik. Keramik memiliki beberapa kelebihan untuk memperindah rumah. - (Freepik.com)

Kiat Memilih Keramik

 

Dengan banyaknya motif keramik yang tersedia di pasaran, bukan hal mudah untuk memilih satu di antaranya. Namun, yang patut dicatat ketika memilih keramik, yaitu harus disesuaikan dengan ruangan.

"Kembali lagi pada selera dan bagaimana ruangannya," kata Senior Operations Manager Super Ceramic, Syaiful Bahri, dalam acara peresmian Gerai Super Ceramic Tiles Pekayon Bekasi, akhir Januari 2021 lalu.

Konsep dan suasana ruangan juga tak bisa lepas dari pemilihan keramik. Misalnya, jika ingin menampilkan kamar mandi yang terang, Syaiful menyarankan memilih warna keramik terang. Warna terang yang bisa diaplikasikan pada dinding bisa dikombinaskan dengan motif bunga.

"Jadi, biasanya susunan kamar mandi ada light color, flower, dan dark color. Carilah yang satu set, jadi untuk kombinasinya," kata dia.

Sementara untuk lantai, Syaiful lebih menyarankan memilih keramik matte, meski harus disesuaikan dengan dindingnya. Terakhir, masalah pencahayaan, bukan tentang lampu sebanyak-banyaknya, melainkan lampu yang cukup dan dikombinasikan dengan lantai yang baik.

Untuk dinding kamar mandi, Syaiful menyebut biasanya menggunakan keramik glossy. Sementara lantainya, sebaiknya gunakan yang matteagar lebih kasar dan antiselip.

"(Yang sedang tren) balik lagi ke kebutuhan pelanggan. Kalau untuk warna yang sekarang lagi booming itu abu-abu untuk lantai," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SuperCeramic (super_ceramic_tiles)

Bagaimana dengan ruang tamu? Syaiful menyebut biasanya penggunaan warna krem dan putih dengan motif bayangan garis-garis banyak dipilih pelanggan. Menurut dia, warna-warna itu membuat ruangan menampilkan kesan lebih berkelas.

"Kita tak perlu cari keramik yang mahal, tapi cukup dari motifnya itu bisa mengangkat ruangan itu," ujarnya.

Jika melihat dari permintaan, Syaiful menyebut banyak pelanggan di Indonesia yang lebih suka keramik glossy. Sementara di luar negeri, banyak orang yang suka keramik matte.

Saat ini, tren keramik dengan motif kayu sedang naik. Pemasangan keramik motif kayu membutuhkan teknik khusus agar hasilnya baik. Super Ceramic menyediakan jasa konsultasi dan free 3D design serviceuntuk pemasangan keramik di rumah pelanggan.

"Secara ilustrasi orang bisa melihat langsung untuk ruangan ini bisa dikombinasikan tiles itu cocok atau tidak," kata Syaiful.

Jaringan ritel toko keramik dan bahan bangunan populer di Malaysia, Super Ceramic Tiles & Design Sdn Bhd (Super Ceramic) meluncurkan gerai pertamanya di Indonesia yang berlokasi di Pekayon Bekasi, Jawa Barat. Showroom ini menghadirkan toko berkonsep baru dan modern yang menawarkan pengalaman gaya hidup trendi, termasuk toko konsep do it yourself (DIY) untuk free 3D design.

Menurut Direktur Utama PT Sumber Setia Kreasi, Trix Wong, peluang bisnis modern outlet bahan bangunan mengalami pertumbuhan positif. Tren masyarakat beraktivitas dari rumah menimbulkan keinginan membuat hunian lebih nyaman.


×