Pemain Manchester United Paul Pogba (tengah) bereaksi setelah mencetak angka dalam sebuah pertandingan akhir Januari 2021. | EPA-EFE/Clive Rose

Olahraga

Misi MU Menghapus Kutukan

MU dibayangi rekor buruk melawan tim-tim asal Negeri Matador.

TURIN -- Dari 32 tim yang tersisa di Liga Europa musim ini, Manchester United (MU) menjadi satu-satunya mantan kampiun kasta kedua kompetisi antar klub Eropa tersebut yang bertahan. Namun, hasil undian 32 besar Liga Europa musim ini sepertinya tidak menguntungkan buat pemegang titel juara Liga Europa musim 2016/2017 tersebut. 

United bakal berhadapan dengan salah satu wakil Spanyol, Real Sociedad, dalam pertemuan berformat dua leg di babak 32 besar Liga Europa. Akibat kebijakan pencegahan Covid-19 Pemerintah Inggris, UEFA akhirnya menunjuk kandang Juventus, Stadion Allianz, Turin, sebagai lokasi gelaran pertemuan pertama United kontra Sociedad, Jumat (17/2) dini hari WIB.

Dari aspek venue pertandingan, United mungkin sedikit diuntungkan lantaran tidak perlu bertandang ke tanah Spanyol. Namun, kondisi itu tidak serta merta mengubah rekor buruk United saban kali berhadapan dengan klub asal Spanyol di pentas kompetisi Eropa. Buat Setan Merah, klub-klub asal Spanyol adalah mimpi buruk saat berkiprah di kompetisi Eropa, baik Liga Champions ataupun Liga Europa.

Dalam tiga musim terakhir, langkah United di pentas kompetisi Eropa selalu dihentikan oleh kontestan dari La Liga. Mulai dari Sevilla di babak 16 besar Liga Champions musim 2017/2018, Barcelona di fase perempat final Liga Champions musim 2018/2019, hingga kembali disingkirkan Sevilla di partai semifinal Liga Europa musim lalu. 

Sejak memetik kemenangan 1-0 atas Celta Vigo di leg semifinal Liga Europa musim 2016/2017, United tidak pernah bisa merasakan kemenangan saat menghadapi klub asal Spanyol di kompetisi Eropa. Rekor buruk United saat menghadapi tim asal Spanyol itu terentang hingga sembilan laga tanpa kemenangan satu pun, dengan rekor tiga hasil imbang dan enam kekalahan. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Manchester United (manchesterunited)

United seolah dikutuk untuk tidak bisa melewati adangan klub asal Spanyol di kancah kompetisi Eropa. Momen pertemuan dengan Sociedad pun datang di saat yang kurang tepat buat United. Masih sulit rasanya untuk menyebut MU telah berada dalam jalur yang tepat untuk bisa meraih gelar juara pada musim ini apabila menilik kegagalan united mempertahankan raihan hasil. Inkonsistensi performa kembali membayangi tim besutan Ole Gunnar Solskjaer itu. 

Hanya berselang dua pekan dari keberhasilan mencukur Southampton, 9-0, United ditahan imbang penghuni zona degradasi klasemen sementara Liga Primer Inggris, West Bromwich Albion, 1-1, akhir pekan lalu. Total, United mengemas dua kemenangan, tiga hasil imbang, dan satu kekalahan dari enam laga terakhir di semua ajang. Kualitas pemain tentu bukanlah penyebab inkonsistensi performa tersebut, tapi mentalitas bertanding tim secara keseluruhan.

''Tentu selalu ada pembicaraan soal krisis dalam sebuah tim saat Anda tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Hal seperti ini lumrah terjadi di pentas sepak bola. Namun, di ruang ganti, mentalitas tim jauh lebih stabil. Kami masih yakin dan percaya diri dengan kemampuan kami. Kami hanya perlu menjernihkan beberapa rencana permainan,'' kata Solskjaer kepada media asal Norwegia, VG, awal pekan ini.

Di laga ini, United tidak akan diperkuat Paul Pogba dan Phil Jones, yang masih mengalami masalah kebugaran. Sementara Anthony Martial kemungkinan besar dipercaya sebagai starter di ujung tombak United. Sedangkan Nemanja Matic dan Scott McTominay, dikabarkan bakal diplot sebagai pivot di lini tengah. Di sisi lain, United bakal menghadapi sosok yang sudah tidak asing lagi di laga kontra tim asal Basque tersebut.

 

 

Kami masih yakin dan percaya diri dengan kemampuan kami.

 

OLE GUNNAR SOLKSJAER, Pelatih Manchester United 
 

Mantan winger Manchester United, Adnan Januzaj, bakal kembali menjadi andalan La Real, julukan Real Sociedad. Selain itu, ada pula eks gelandang Manchester City, David Silva, yang sudah kembali ke skuat Sociedad usai pulih dari cedera. Selain dua pemain ini, Sociedad juga mendapatkan suntikan berharga dalam kesiapan pemain.

Sempat dikabarkan bakal absen di laga ini lantaran belum pulih dari cedera otot, Mikel Oryazabal ternyata bisa pulih lebih cepat. Pemain yang bisa ditempatkan sebagai winger dan penyerang itu bahkan sudah memborong dua gol dalam dua laga terakhir Sociedad di pentas La Liga. Total, Oyarzabal telah mencetak 12 gol dari 26 penampilan di semua ajang pada musim ini.

Pelatih Sociedad, Imanol Alguacil, menyambut baik kembalinya Oyarzabal ke ritme permainan terbaiknya. Pun dengan kian beragamnya opsi pemain di lini tengah menyusul pulihnya David Silva. Alguacil pun menatap laga kontra United ini dengan optimisme tinggi. Terlebih, Sociedad telah kembali ke trek kemenangan usai mengemas kemenangan beruntun di dua laga terakhir. 

Usai membungkam Cadiz, 4-1, Sociedad membungkam Getafe, 2-0, di lanjutan La Liga, akhir pekan lalu. Dua kemenangan ini sekaligus mengakhiri periode buruk Sociedad sebelumnya, yang hanya mampu memetik satu kemenangan dari 11 laga di pentas La Liga. Catatan minor ini sempat membuat Sociedad terlempar dari peringkat kedua klasemen sementara ke peringkat keenam klasemen sementara La Liga.

''Kemenangan ini (atas Getafe) menjadi persiapan terbaik untuk menatap laga selanjutnya. Langkah pertama untuk bisa kembali fokus dalam meraih kemenangan sudah kami lakukan. Kini, kami mesti mempertahankan fokus ini dan mencoba mengulanginya di laga berikutnya. Tim ini telah mampu menerapkan rencana permainan dengan sebaik mungkin,'' kata Alguacil seperti dilansir Mundo Deportivo, awal pekan ini.

 

 

Prediksi Susunan Pemain:

Real Sociedad (4-5-1)

Pelatih: Imanol Alguacil

Kiper: Remiro

Belakang: Gorosabel, Zubeldia, Normand, Monreal

Tengah: Januzaj, Silva, Ilarramendi, Merino, Oyarzabal

Depan: Isak

 

Manchester United (4-2-3-1)

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Kiper: Henderson

Belakang: Telles, Maguire, Bailly, Wan-Bissaka

Tengah: Matic, McTominay; Rashford, Fernandes, Greenwood

Depan: Martial

 

Data dan Fakta

0 -- Manchester United tidak pernah meraih kemenangan dalam sembilan pertemuan terakhir dengan tim asal Spanyol di pentas kompetisi Eropa

3 -- Dalam tiga musim terakhir di kompetisi Eropa, United selalu disingkirkan oleh tim asal Spanyol

2 -- Di sepanjang sejarah kedua tim, United dan Sociedad hanya pernah bertemu dua kali, tepatnya pada fase penyisihan grup Liga Champions musim 2013/2014. Dalam dua leg pertemuan, United mampu memetik satu kemenangan dan satu hasil imbang

3 -- Di tiga laga terakhir di pentas Liga Europa, Sociedad hanya mampu memetik hasil imbang

1 -- United hanya menelan satu kekalahan dari 10 laga tandang terakhir di pentas Liga Europa, dengan rekor lima kemenangan dan empat hasil imbang di laga lainnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat