Suasana Taman Alun-Alun, Kota Bandung, Jumat (21/9). Taman seluas 1,2 hektare tersebut memiliki wajah barusetelah direvitalisasi dengan penggantian motif rumput sintetis guna memberikan kenyamanan bagi warga yang akan berekreasi bersama keluarga. | Abdan Syakura/Republika
14 Feb 2021, 09:12 WIB

Semakin Manis dengan Rumput Sintetis

Kekurangan pada rumput asli menjadi pertimbangan masyarakat lebih memilih rumput sintetis.

 

Kondisi saat ini banyak orang menghabiskan waktu di rumah, memunculkan niat untuk mendekorasi ruangan. Apalagi, sekarang ada tren tanaman hias yang bisa membuat suasana rumah terasa lebih segar.

Sebagian orang lebih memilih tanaman sintetis karena lebih simpel, mudah perawatannya, dan menciptakan kesan yang tak kalah manis dari tanaman asli. Salah satu toko yang menjual rumput dan tanaman sintetis, yaitu Toko rumput.com.

Sang pemilik, Rachman Machdianata, mengamini banyaknya minat masyarakat mendekorasi rumah membuat tren rumput sintetis terus berkembang. Dia melihat rumput sintetis sebagai pengganti rumput konvensional.

Terkait

"Kekurangan rumput konvensional seperti harus disiram setiap hari, sinar matahari cukup, dan cenderung lebih kotor ketika turun hujan agaknya menjadi pertimbangan pembeli rumput sintetis,"kata Rachman kepada Republika, beberapa waktu lalu.

photo
Pengunjung menikmati wisata Farmhouse Labirin di Karang Resik, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahad (18/3/2020). Wisata dengan konsep modern klasik ini mengadopsi suasana pedesaan ala Eropa, dengan daya tarik lorong labirin dari rumput sintetis untuk area swafoto bareng keluarga dan edukasi tentang pertanian serta peternakan. - (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/ama/18)

Ada empat jenis rumput sintetis di pasaran, yakni rumput golf, swiss, jepang, dan rumput futsal yang memiliki karakteristik penggunaan masing-masing. Misalnya, rumput swiss cenderung digunakan di dalam ruangan karena memberikan kesan segar, sementara jenis jepang untuk luar ruangan karena terkesan natural.

Penataan rumput sintetis bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah. Rachman menjelaskan, rumput sintetis indoor hanya membutuhkan lem untuk di-instal.

 
Penataan rumput sintetis bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah.
 
 

 

Sementara untuk outdoor, membutuhkan penyesuaian tergantung dari lahannya. Jika belum rata, harus diratakan dan dipadatkan menggunakan stamper. Setelah itu, Anda bisa memberikan alas membran sebagai pemisah antara lapisan tanah dan rumput sintetis.

Pemisah itu juga berfungsi menyaring partikel tanah agar tidak naik ke permukaan rumput sintetis ketika hujan. Selain itu, Anda dapat memberikan drainage cell sebelum menginstal rumput sintetis. Tujuannya, yaitu menjaga rumput sintetis selalu dalam kondisi kering dan tidak licin.

Untuk perawatannya, bisa divakum setiap sepekan sekali. Jika ada noda, bisa dicuci dengan sabun bubuk atau cair.

photo
Pohon ukuran bonsai sintetis untuk menghiasai rumah. - (Freepik.com)

Menurut Rachman, banyak keuntungan mengaplikasikan rumput sintetis. Beberapa di antaranya, yakni tidak perlu dirawat seperti disiram dan dipupuk, hampir bisa dikatakan bebas perawatan selama lebih dari lima tahun, dan lebih murah dibandingkan rumput asli.

Menurut staf toko rumput sintetis Trust Grass, Dewi Febrianita Ginting, tingginya minat terhadap rumput sintetis sebagai suatu kreativitas. Rumput sintesis bisa masuk ke dalam desain eksterior dan interior yang mengusung style modern - minimalist untuk mewujudkan konsep smart dan trendy.

Dalam dunia arsitektur dan interior, tidak bisa disangkal bahwa keberadaan rumput sintetis kini lebih banyak digandrungi dibandingkan rumput asli. Terbukti dari penggunaan rumput sintetis yang sudah merambah ke berbagai bisnis properti di Indonesia.

Meski bukan asli, rumput sintetis membutuhkan perawatan agar tetap bersih, awet, dan tetap terjaga penampilannya. Menurut Dewi, ada beberapa cara membersihkan rumput sintetis yakni dengan vacuum cleaner, detergen, dan campuran air cuka.

"Jadi, dapat dikatakan perawatan rumput sintetis ini cukup mudah dibandingkan dengan merawat rumput asli," ujar Dewi.

photo
Pohon sakura sintetis ukuran bonsai untuk menghiasai ruangan rumah. - (Freepik.com)

Cara Mudah Menata Tanaman Hias

 

Tren menghias rumah dengan tanaman berkembang signifikan. Memperhatikan jenis tanaman hias yang tepat dan sesuai dengan jenis ruangan di rumah merupakan salah satu aspek penting. Ikea merangkum lima cara mudah dan seru menata tanaman hias di rumah. Berikut daftarnya:

1. Dekorasi meja belajar dengan tanaman hias mini

Berada seharian di meja kerja atau meja belajar di rumah tanpa dekorasi menarik tentu menjenuhkan. Menurut riset yang dilakukan Chris Knight bersama rekan-rekannya dari Exeter University, produktivitas seseorang meningkat 15 persen setelah meja kerjanya dihiasi dengan tanaman.

Anda dapat meletakkan beberapa tanaman hias mini untuk mempercantik meja. Salah satu tanaman yang mudah untuk dirawat adalah jenis tanaman sukulen. Anda hanya perlu menyemprotkan air sepekan sekali dan meletakkannya di dekat cahaya matahari.

photo
Meja belajar dengan tanaman hias mini menghiasi ruangan rumah. - (Dok Ikea)

2. Letakkan jenis tanaman tinggi di ruang tamu mini

Di ruang tamu minimalis, tanaman hias adalah pilihan terbaik memberi nuansa sejuk dan asri.

Tanaman yang tinggi dapat mendominasi suatu ruangan dengan mudah, apalagi jika ditambah pot tanaman berukuran sedang dengan desain yang stylish. Jika tidak menginginkan tanaman tinggi, Anda dapat meletakan tanaman berukuran kecil di stan tanaman atau end tableagar terlihat menonjol.

photo
Jenis tanaman tinggi di ruang tamu mini menghiasi ruangan rumah. - (Dok Ikea)
3.Gunakan tanaman hias untuk ciptakan atmosfer kamar mandi yang segar

Kondisi kamar mandi yang memiliki tingkat kelembapan tinggi justru membuat beberapa tanaman hias dapat hidup dan bertumbuh dengan baik. Salah satunya adalah jenis tanaman Sanderiana Curly, yang cocok diletakkan di ruangan yang lembap.

Jika lebih memilih tanaman berukuran besar, Anda dapat menggunakan pot gerabah berukuran sedang atau besar untuk meletakkan tanamanmu di lantai. Selain tanaman hidup, tanaman hias tiruan juga dapat menjadi pilihan.

photo
Tanaman hias untuk ciptakan atmosfer kamar mandi yang segar di ruangan rumah. - (Dok Ikea)

4.Hias teras rumah dengan tanaman yang membutuhkan cahaya matahari

Teras yang dipenuhi dengan tanaman akan memberikan nuansa alam segar di rumah. Agar tetap rapi dan terorganisasi, Anda dapat memanfaatkan stan tanaman berwarna netral atau pot tanaman dengan material rotan untuk memajang tanaman favorit.

photo
Teras rumah dengan tanaman yang membutuhkan cahaya matahari menghiasi ruangan rumah. - (Dok Ikea)

5. Warnai sudut ruang hobi favorit dengan tanaman hias gantung

Ingin memilili suasana sudut ruang hobi lebih cozy? Anda bisa menambah dekorasi tanaman gantung.

Tempatkan tanaman hias gantung di dekat jendela, di mana terdapat tembusan sinar matahari. Selain itu, pilih tirai dan pot gantung berwarna natural yang dapat melengkapi tanaman hias gantung kesukaan. Dijamin suasana ruangan akan seketika lebih hidup dari sebelumnya.

 
photo
Sudut ruang hobi favorit dengan tanaman hias gantung menghasi ruangan rumah. - (Dok Ikea)


×