Pemain Juventus Matthjis De Ligt (kanan) beraksi dalam pertandingan perempat final melawan S.P.A.L. di Stadion Allianz Stadium Turin Italia 27 Januari 2021. | EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO

Olahraga

Juve Dinanti Inter di Semifinal Coppa 

Juventus sudah dinanti oleh Inter Milan dalam pertandingan dua leg, bulan depan.

TURIN -- Juventus mengempaskan SPAL dari Coppa Italia seusai menang 4-0 berkat gol Alvaro Morata, Gianluca Frabotta, Dejan Kulusevski, dan Federico Chiesa, Kamis (28/1) dini hari WIB. Kemenangan ini membawa skuad Bianconeri ke semifinal Coppa Italia.

Juventus sudah dinanti oleh Inter Milan dalam pertandingan dua leg, bulan depan. Pemain remaja Radu Dragusin dan debutan Nicolo Fagioli dimainkan juru taktik Juve Andrea Pirlo. Sementara itu, Kulusevski dan Alvaro Morata berduet di lini depan.

Matthijs de Ligt akhirnya kembali menjadi starter sejak terjangkit Covid-19. Lalu, Gianluigi Buffon juga mengawal gawang Juve sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-43. 

Pirlo memang tidak menurunkan skuad terkuatnya mengingat SPAL menjadi satu-satunya klub Seri B Italia yang tersisa di kompetisi ini. SPAL sebelumnya menyingkirkan Crotone dan Sassuolo.

Pirlo pun menyebut sikap pemainnya sudah berada di jalur yang tepat saat melawan SPAL. Pirlo, yang merupakan legenda Juve tersebut, menyebut targetnya untuk lolos ke semifinal pun tuntas. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Juventus (juventus)

Apalagi, Pirlo menilai SPAL sudah tampil bagus musim ini, baik di Coppa Italia maupun di liga. ''Itu sangat penting. Kami mengatasi mereka dengan meyakinkan dan kami melakukan itu dari menit pertama,'' ujar Pirlo dikutip dari Football-Italia, Kamis (28/1).

Dalam laga ini, Pirlo dinilai cukup cerdik memainkan pemain mudanya. Apalagi, Juventus adalah satu-satunya tim di Italia yang mengambil keuntungan dari perubahan aturan dengan mengizinkan tim U-23 bermain di Seri C. Oleh karena itu, Juve menjadi tim pertama dan satu-satunya yang memiliki tim B. 

Menurut mantan pemain tim nasional Italia itu, ini merupakan langkah besar dalam pengembangan pemain muda. ''Itu sebuah keberanian pemain dari akademi, sangat cepat mengambil mereka dari tim yang saat ini di Seri C. Saya percaya klub lain juga akan sedikit membuat pemikiran mereka,'' ujar Pirlo.

Namun, Pirlo juga tak boleh puas lebih dulu. Sebab, Juve akan menghadapi lawan kuat di semifinal, yaitu Inter Milan. Inter sebelumnya menumbangkan Juventus dalam ajang Seri A Italia. Selain itu, skuad Nerrazzuri juga mengalahkan pemuncak klasemen liga, AC Milan, pada babak perempat final Coppa Italia. Pertemuan antara Juve dan Inter akan digelar pada 2 Februari dan 9 Februari 2021.

''Kami bertemu kembali. Kami senang karena tujuan kami adalah memenangkan Coppa Italia. Jadi, kami akan mempersiapkan diri pekan depan,'' kata Pirlo.

Sementara itu, pelatih Inter Antonio Conte harus membagi fokusnya antara menjuarai Seri A atau Coppa Italia. Conte menyebut pertandingan dua leg pekan depan melawan Juventus bukan perkara mudah. Dengan demikian, lanjut legenda Juventus ini, pemain Inter harus siap bertanding seperti yang dilakukan saat mengalahkan AC Milan.

''Itu ekspektasi yang tak terhindarkan di sekitar saya dan pekerjaan saya. Namun, Anda harus melalui perjalanan ini dan meluangkan waktu serta bersiap untuk melaksanakan tugas terberat,'' ujar Conte. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat