Juru tulis House, Cheryl Johnson, memimpin legislator Demokrat melewati Statuary Hall di Capitol Hill untuk mengantarkan artikel pemakzulan Donald Trump kepada senat, Ahad (25/1) waktu setempat. House resmi memakzulkan Trump karena menghasut pendukungnya. | AP/Susan Walsh

Internasional

Dakwaan Pemakzulan Trump Dibacakan

House resmi memakzulkan Trump karena menghasut pendukungnya untuk menyerang Capitol Hill.

WASHINGTON -- House of Reprentative Amerika Serikat (AS) resmi menyampaikan dakwaan atas mantan presiden AS Donald Trump, Senin (25/1). Ini menjadi langkah penting memulai proses sidang pemakzulan Trump yang diperkirakan mulai 9 Februari 2021. Trump menjadi satu-satunya presiden AS yang pernah dimakzulkan dua kali.

"Presiden Trump berulang kali mengeluarkan pernyataan palsu yang menyatakan hasil pemilihan presiden produk dari kecurangan dan seharusnya tidak diterima rakyat Amerika atau diresmikan pemerintah federal atau negara bagian," kata Anggota House dan pakar hukum konstitusi AS, Jamie Raskin, membacakan dakwaan.

Raskin menjadi ketua tim House yang akan bertindak sebagai jaksa dalam sidang di Senat. Tim tersebut terdiri dari sembilan anggota House. Lebih dari 30 anggota Senat dari Partai demokrat mendengarkan pembacaan dakwaan oleh Raskin. Hanya tiga senator Partai Republik yang hadir, yaitu ketua Senat, Senator Mitch McConnell, Senator Mitt Romney, dan Senator Roger Marshall.

Pada 13 Januari 2021, House yang dikuasai Partai Demokrat resmi memakzulkan Trump karena menghasut pendukungnya untuk menyerang Capitol Hill pada 6 Januari lalu. Mantan presiden dari Partai Republik ini dikenai dakwaan tunggal, yaitu menghasut pemberontakan. Sepuluh anggota Partai Republik di House mendukung pemakzulan Trump. Setelah dimakzulkan di House, proses selanjutnya adalah di Senat.

photo
Juru tulis House, Cheryl Johnson, dan pejabat Sergeant-at-Arms House Tim Blodgett memimpin legislator Demokrat melewati Statuary Hall di Capitol Hill untuk mengantarkan artikel pemakzulan Donald Trump kepada Senat, Ahad (25/1) waktu setempat. - (AP/Tasos Katopodis/Pool Getty Images North Am)

Senat bertugas menggelar sidang untuk menentukan Trump bersalah atau tidak. Untuk dinyatakan bersalah, maka diperlukan suara dua pertiga dari anggota Senat yang berjumlah 100 orang. Maka, Partai Demokrat memerlukan dukungan suara 17 senator dalam sidang.

"Tim manajer House dan pengacara mantan presiden memiliki waktu untuk menyusun dokumen hukum mereka, seperti sidang sebelumnya," kata ketua Senat Partai Demokrat Chuck Schumer dalam pidatonya di ruang sidang Senat, yang dikutip Aljazirah.

Kongres juga akan mengirimkan surat panggilan ke Trump yang mewajibkannya menjawab pasal pemakzulan. Sebelumnya, mantan presiden itu menolak tuduhan menghasut pendukungnya untuk menyerbu Capitol Hill. Sebelum pemakzulan oleh House, Trump sudah mengatakan, unjuk rasa yang dilakukan pendukungnya pada 6 Januari lalu, "sama sekali tidak pantas".

Pada Senin, Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada CNN bahwa ia tidak yakin Trump akan dinyatakan bersalah di sidang Senat. Biden mengatakan, kemungkinan tidak akan ada cukup suara untuk mendukung dakwaan terhadap Trump.

"Itu mungkin berbeda jika Trump masih menjabat," ujar Biden, dikutip laman Huffington Post, Selasa (26/1).

Partai Republik telah menolak untuk mengadakan persidangan. Menurut mereka sudah terlambat untuk menghukum Trump karena dia tidak lagi menjabat. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat