Menonton TV dengan smart TV kini kian digemari | Dok Xiaomi Indonesia

Inovasi

Hiburan yang Kian Memanjakan Mata

Banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah, membuat hiburan di layar besar jadi terasa makin diperlukan.

Selama masa pandemi, berbagai peralatan elektronik menjadi andalan bagi masyarakat agar tetap betah di rumah. Kebutuhan akan lemari pendingin yang besar menjadi esensial karena banyak makanan yang perlu disimpan agar tak terlalu sering belanja.

Begitu juga dengan televisi. Karena makin banyak waktu yang dihabiskan di rumah, hiburan dengan layar yang lebar pun makin jadi terasa esensial.

Berbagai produsen elektronik pun tampak berlomba menciptakan layar berteknologi mutakhir pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2021 yang berlangsung secara virtual.

photo
Line up televisi pintar terbaru LG - (DOK LG indonesia)

Pada CES 2021, LG memperkenalkan berbagai inovasi teknologi TV didalamnya. Jajaran ini dipimpin OLED 48C1 sebagai pemenang penghargaan CES 2021 Best of Innovation Award yang bersanding dengan TV LG lain yang juga menyabet penghargaan lain.

“Komitmen kami untuk meningkatkan standar industri dan meningkatkan nilai bagi konsumen terlihat jelas dalam jajaran TV OLED LG 2021,” kata Park Hyoung-sei selaku presiden LG Home Entertainment Company.

Termasuk dalam pembaruan pada jajaran TV premium ini, lanjut dia, LG juga memperkenalkan struktur panel LCD canggih yang menggabungkan teknologi warna Quantum NanoCell dengan backlight mini LED yang meningkatkan akurasi warna dan kontras lebih baik.

Menurut Park, untuk memperkuat dari sisi kepintaran dan kenyamanan, LG membekali jajaran TV premium terbarunya ini dengan versi terbaru prosesor berbasis Artifical Intelligence (AI), lengkap dengan platform webOS yang didesain ulang dengan tampilan yang baru.

Televisi terbaru LG ini juga dilengkapi dengan prosesor cerdas terbaru LG, α (Alpha) 9 Gen 4, prosesor terbaru yang memperkuat jajaran TV premium ini. Prosesor ini memanfaatkan deep learning untuk meningkatkan konten dengan kualitas apa pun tertampil sempurna dalam layar besar.

Hal ini berkat keberadaan fitur AI Picture Pro yang mengenali objek pada layar seperti wajah dan badan serta kemampuannya membedakan antara latar depan dan latar belakang. Prosesor ini juga mampu memproses setiap objek secara independen untuk membuat gambar lebih tiga dimensi.

Disamping itu, dengan kemampuannya mendeteksi genre konten, prosesor α9 Gen 4 juga mampu mengoptimalkan kualitas gambar, jumlah cahaya dalam suasana, dan kondisi nuansa di berbagai lingkungan tampilan.

Tak cuma soal visual, prosesor ini juga menggabungkan versi baru dari AI Sound Pro LG yang menawarkan dua tambahan utama. Pencampuran suara surround 5.1.2 virtual memberikan pengalaman audio yang sangat imersif melalui pelantang internal TV dan Auto Volume Leveling yang memastikan konsistensi tingkat lantang bunyi saat beralih antar saluran atau aplikasi streaming.

Makin Puas Nonton di Rumah

photo
Smart TV kini kian digemari - (Dok Xiaomi Indonesia)

Pada awal 2020, Xiaomi, juga meluncurkan seri TV pintar terbarunya, yaitu Mi TV 4 Bezel-less yang hadir di Indonesia dengan tiga ukuran layar yakni 32 inchi, 43 inchi, dan 55 inchi. Seri TV pintar terbaru ini, hadir untuk memberi kesempatan pada masyarakat Indonesia untuk menikmati hiburan maksimal melalui TV pintar yang memiliki desain premium serta layar yang lega

Republika pun berkesempatan menjajal seri televisi terbaru yang mulai dijual resmi sejak 6 Januari lalu ini. Sesuai namanya, seri TV pintar ini memang hadir dengan yampilan yang bezel-less.

Di televisi terbarunya ini, Xiaomi menghadirkan fitur Mi Quick Wake yang mempersingkat waktu tunggu sejak tombol daya ditekan hingga konten yang siap dinikmati di layar hanya dalam waktu 0,5 detik saja dari angka umum lima sampai 10 detik pada produk TV pintar lainnya.

Untuk mulai mengoperasikannya, pengguna perlu menghubungkan televisi terlebih dahulu dengan konektivitas internet. Di tahap awal penyetingan, Republika memerlukan waktu tak sampai satu jam untuk mulaimendapatkan berbagai menu konten, seperti Netflix, Youtube, dan Spotify.

photo
Remote control dari Mi TV 4 Bezelles - (Setyanavidita Livikacansera/Republika)

 

Salah satu yang unik dari seri televisi pintar ini, adalah remote-nya yang sangat sederhana. Pengguna hanya akan menemui beberapa jenis tombol, seperti tombol untuk pengeras suara, tombol langsung ke Netflix, Amazon Prime, Google Assistant, dan tombol untuk navigasi. 

Salah satu fitur yang paling sering terpakai, adalah Google Assistant yang sudah bisa dioperasikan dengan bahasa Indonesia. Dengan fitur ini, pengguna bisa berpindah aplikasi, memilih konten video yang dicari, hingga mematikan televisi. Cukup dengan menggunakan suara. Tentunya, kita harus jelas mengartikulasikan perintah yang ingin disampaikan. 

Salah satu kegiatan yang kini palig banyak dilakukan masyarakat selama berada di rumah, adalah mengonsumsi berbagai konten streaming. Seri TV terbaru dari Xiaomi ini, juga memungkinkan penggunanya menikmati berbagai konten dari beragam platform streaming, seperti Iflix, Vidio, Catchplay, dan Viu. 

Apabila kita menginginkan aplikasi konten dari platform yang belum embedded di televisi, kita bisa langsung mengunduh aplikasi yang diinginkan di Google Play Store. Republika sempat juga menjajal berlangganan konten premium di platform, seperti Vidio dan Catchplay. 

Caranya, bisa dengan memindai QR code yang disediakan di televisi, kemudian menyelesaikan pembayaran di aplikasi yang ada di smartphone kita. Apakah itu melalui Ovo, Gopay, atau cara pembayaran lainnya. 

Tapi, kita harus sudah terlebih dahulu memiliki akun atau mendaftar di platform bersangkutan. Begitu pembayaran selesai, kita bisa langsung menikmati tayangan-tayangan premium. 

TV ini juga memiliki PatchWall OS yang dikembangkan Xiaomi. Patchwall OS mengkurasi konten sesuai selera penggunanya dari 700 ribu jam konten, disertai Android TV yang memungkinkan perangkat ini menjalankan aplikasi atau layanan streaming yang tersedia.

Apabila kita sudah terbiasa menyaksikan televisi dengan chromecast, televisi ini juga memiliki slot HDMI dan USB. Dengan begitu, kita bisa melakukan mirorring, berbagai konten yang kita saksikan di smartphone kita dengan Mi TV 4 Bezel-less.

Dijual di berbagai e-commerce, seperti JD.ID, Shopee, dan Tokopedia, Mi TV 4 Bezel-less ditawarkan mulai dari harga Rp 2,5 juta untuk layar 32 inch, Rp 3,8 juta untuk layar 43 inch, dan Rp 8 juta untuk ukuran terbesarnya, yaitu 55 inch.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat