Seorang pria berjalan melalui area belanja yang kosong di Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Jepang,Kamis (14/1). Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan larangan masuk ke Jepang akan berlaku untuk semua warga negara asing non-residen mulai dari 14 | FRANCK ROBICHON/EPA

Internasional

Angka Bunuh Diri di Jepang Melonjak

Angka kasus bunuh diri pada anak naik 46 persen selama gelombang kedua wabah Covid-19.

 

TOKYO - Penelitian menemukan angka kasus bunuh di Jepang meningkat saat gelombang kedua wabah virus korona. Peningkatan terjadi pada perempuan dan anak-anak. Angka bunuh diri sempat menurun di gelombang pertama wabah Covid-19 saat pemerintah memberikan banyak bantuan.

Namun, pada Ahad (17/1), the Guardian melaporkan para peneliti dari Hong Kong University dan Tokyo Metropolitan Institute of Gerontology menemukan angka kasus bunuh diri di Jepang pada Juli hingga Oktober naik 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Angak ini, berbanding terbalik dari periode Februari hingga Juni yang turun 14 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. \"Tidak seperti saat kondisi ekonomi normal, pandemi ini berdampak secara tidak seimbang pada kesehatan psikologis anak-anak, remaja, dan perempuan terutama ibu rumah tangga,\" kata para penulis hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Nature Human Behavior, Jumat (15/1) lalu.

Penelitian menemukan penurunan angka kasus bunuh diri di gelombang pertama wabah virus korona didorong beberapa faktor. Antara lain, subsudi pemerintah, berkurangnya jam kerja, dan ditutupnya sekolah.

photo
Seorang perempuan mengenakan masker saat berbelanja di Asakusa, Tokyo, Selasa (12/1). (AP Photo/Eugene Hoshiko) - (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Namun angka kasus bunuh diri pada perempuan naik 37 persen saat pandemi semakin lama memukul keras industri yang didominasi perempuan. Angka itu lebih tinggi lima kali lipat dibandingkan angka bunuh diri laki-laki. Dalam laporannya, para peneliti mengatakan pandemi menambah beban kerja ibu dan kekerasan dalam rumah tangga.

Penelitian Kementerian Kesehatan yang dilakukan dari November 2016 hingga Oktober 2020 menemukan angka kasus bunuh diri pada anak naik 46 persen selama gelombang kedua wabah Covid-19 usai penutupan sekolah di seluruh negeri di perpanjang.

Demi menahan laju penyebaran virus, bulan lalu Perdana Menteri Yoshihide Suga mengumumkan masa darurat untuk Tokyo dan tiga prefektur di sekitarnya. Pekan ini, ia memperluas status masa darurat itu ke tujuh prefektur lainnya termasuk Osaka dan Kyoto.

Menteri Reformasi Peraturan dan Administrasi Taro Kono mengatakan walaupun pemerintah mempertimbangkan untuk memperpanjang masa darurat tapi pemerintah tidak bisa 'mematikan ekonomi'.

photo
Warga mengenakan masker bersepeda di Kolam Shinobazu, Tokyo, Senin (11/1). Sebanyak 1.200 kasus terdeteksi di ibu kota Jepang tersebut dan membuat pemerintah Jepang mengumumkan keadaan darurat.  (AP Photo/Eugene Hoshiko) - (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Menurut Kono, masyarakat khawatir pada Covid-19. Tapi banyak juga orang yang bunuh diri karena kehilangan pekerjaan. “Mereka kehilangan pemasukan dan tidak dapat melihat harapan. Kami harus menyeimbangkan penanggulangan Covid-19 dan mengelola ekonomi," katanya, pada kantor berita Reuters, Kamis (14/1) lalu.

Tingginya kasus bunuh diri ini, makin memperburuk situasi krisis penduduk yang dialami oleh Negeri Sakura. Berdasarkan perkiraan populasi penduduk yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang, total populasi Jepang pada 1 Oktober 2019, adalah 126.167.000 orang. Jumlah ini, sekaligus menandai penurunan untuk tahun yang kesembilan berturut-turut. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat