Warga mengenakan masker saat menanti program bantuan Islamic Circle of North America (ICNA) di Chicago Rabu (12/11). | AP Photo/Nam Y. Huh

Internasional

Jutaan Warga Memilih Liburan Thanksgiving

Masyarakat di AS tetap melakukan perjalanan untuk merayakan Thanksgiving.

CONNECTICUT -- Jutaan warga Amerika Serikat (AS) diperkirakan melakukan perjalanan pada masa liburan Thanksgiving dan mengabaikan peringatan dari pejabat kesehatan tentang bahaya penyebaran Covid-19. Pada Sabtu (21/11), AS mencatat hampir 12 juta kasus infeksi.

Capaian 1 juta infeksi baru dalam enam hari terakhir dan Jumat (20/11) menandai jumlah tertinggi kasus baru Covid-19 yang dilaporkan, yakni 196.815 infeksi dalam sehari. Hal ini tak menghalangi lebih dari 1 juta orang untuk terbang melalui bandara-bandara AS pada Jumat lalu. Angka ini menandai jumlah penumpang domestik terpadat kedua sejak pandemi mulai muncul, menurut data Administrasi Keamanan Transportasi (TSA).

Masyarakat di AS tetap melakukan perjalanan untuk merayakan Thanksgiving meski ada permintaan dari pejabat kesehatan agar warga tetap di rumah demi menekan penyebaran virus. “Ini kedua kalinya sejak pandemi volume penumpang melampaui 1 juta,” kata juru bicara TSA Lisa Farbstein di Twitter, Sabtu (21/11).

Pejabat kesehatan telah memperingatkan gelombang infeksi yang berkembang dapat segera membanjiri sistem perawatan kesehatan jika masyarakat tidak mengikuti pedoman kesehatan. Hal ini terutama saat masyarakat AS merayakan Thanksgiving pada Kamis (26/11) mendatang.

photo
Warga mengantre untuk mendapatkan bantuan makanan Thanksgiving oleh Gereja Katolik di New York AS, pekan lalu. - (EPA-EFE/JUSTIN LANE)

Rekaman video di Twitter menunjukkan lebih dari seratus orang yang mengenakan masker memenuhi gerbang keberangkatan di Bandara Sky Harbor, Phoenix, Arizona. Antrean panjang juga terlihat di pos-pos pemeriksaan TSA di Bandara O'Hare, Chicago, pada hari yang sama.

Jumlah pelancong udara saat liburan Thanksgiving diperkirakan turun 47,5 persen dibandingkan pada 2019. Namun, menurut laporan awal bulan dari American Automobile Association (AAA), 2,4 juta orang diperkirakan tetap terbang untuk perayaan tahun ini,

“Bagi mereka yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan, mayoritas akan menggunakan mobil, yang memberikan keleluasaan untuk mengubah rencana perjalanan liburan hingga hari keberangkatan,” kata Wakil Presiden Senior AAA Paula Twidale.

Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) AS telah mengeluarkan “rekomendasi kuat” kepada warga AS untuk tidak melakukan semua jenis perjalanan selama Thanksgiving. “Kami khawatir dengan peningkatan eksponensial dalam kasus, rawat inap, dan kematian,” kata pejabat CDC Henry Walke kepada wartawan, Kamis (19/11).

Jumlah kasus Covid-19 di AS kini terus bertambah hingga mencapai 12.450.666 pada Ahad (22/11). Epidemi ini pun telah merenggut lebih dari 261 ribu nyawa di AS. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat