Tetap berkreasi semasa pandemi | Pixabay
23 Nov 2020, 07:29 WIB

Tetap Berkreasi di Tengah Pandemi

Pandemi tak menghalangi masyarakat untuk terus berkarya.

Di tengah pandemi Covid-19, tak sedikit masyarakat yang merasa berbagai aktivitasnya dibatasi. Namun, keterbatasan runag gerak tersebut tetap dapat diakali dengan bantuan teknologi.

Untuk terus menyemangati para pelanggannya agar tetap berkreasi, IndiHome menggelar Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition yang telah dilaksanakan sejak 28 September 2020. IndiHome menggelar kompetisi ini bekerja sama dengan salah satu diva Indonesia, Melly Goeslaw. 

Kompetisi ini pun disambut baik oleh masyarakat terlihat dari jumlah peserta sebanyak 1.207 penyanyi solo dan grup yang berasal dari Sabang hingga Merauke. Seluruh peserta diseleksi melalui tahap eliminasi dan semifinal serta penilaian dan pemilihan langsung oleh para juri profesional seperti Melly Goeslaw, Tantri Syalindri, dan Ari Tulang. 

Kini persaingan peserta kompetisi semakin ketat dengan terpilihnya sepuluh peserta terbaik di tahap grand final yang akan memperebutkan juara satu, dua dan tiga. “IndiHome Semua Bisa Berubah Maju Cover Song Competition merupakan wujud bukti nyata dalam meningkatkan kreativitas dan semangat masyarakat di saat pandemi, khususnya bagi mereka yang tertarik dan memiliki potensi di bidang seni suara baik secara solo maupun grup,” ungkap E Kurniawan selaku VP Marketing Management Direktorat Consumer Service Telkom.

Terkait

Sebelum para peserta tampil di hadapan juri pada tahap grand final, sepuluh peserta terbaik dari berbagai daerah ini akan diundang ke Jakarta untuk menjalani proses karantina selama dua hari, di mana peserta akan mendapatkan vokal dan music coaching dari tim profesional. Tahap grand final akan disiarkan melalui kanal YouTube IndiHome pada 28 November 2020 mendatang. 

Video Sarat Pesan Bermakna

photo
Kompetisi Telkomsel URVIDEO Competition 2020 - (Dok Telkomsel )

Upaya memantik kreativitas dari masyarakat selama pandemi juga dilakukan Telkomsel melalui ajang Telkomsel URVIDEO Competition 2020. Pekan lalu, Telkomsel mengumumkan empat peserta yang menghasilkan karya terbaik dari kompetisi tersebut. 

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menjelaskan, Telkomsel URVIDEO Compettion 2020 menjadi perwujudan inisiatif Telkomsel dalam memberikan dukungan nyata terhadap industri kreatif Tanah Air. “Telkomsel berharap hasil karya video para peserta kompetisi ini mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia. Terutama dalam membangkitkan nilai kebangsaan, mulai dari menghargai keberagaman, hingga menjunjung tinggi persatuan,” ujarnya. 

Telkomsel URVIDEO Competition 2020 mengangkat tema “The Pride of Diversity in Indonesia” yang dimaksudkan untuk meningkatkan rasa bangga masyarakat terhadap keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan begitu, kompetisi ini diharapkan mampu menghasilkan karya-karya positif yang mampu menumbuhkan semangat cinta Tanah Air bagi putra-putri bangsa. 

Selama proses pengumpulan video yang dilakukan pada 15 Oktober hingga 10 November 2020, Telkomsel dan Urbanasia telah menerima ratusan video dari berbagai daerah di Indonesia yang kemudian disaring menjadi 20 finalis.

Dari finalis tersebut, Telkomsel URVIDEO Competition 2020 memilih empat orang content creator sebagai pemenang, yaitu Makan Bersama (Gold Best Video), Dua Sisi (Silver Best Video), Sila (Bronze Best Video), dan Perselisihan (Best Voted by Viewers Choice). 

Adi Chandra Ardiansyah sebagai perwakilan juara pertama mengungkapkan, dalam proses pembuatan film Makan Bersama, Adi hanya menggelontorkan dana sebesar Rp1,7 juta yang didapat dari hasil patungan rekan-rekan satu timnya. Proses pembuatan video pun hanya memakan waktu sekitar hampir tiga bulan. 

Mulai dari, pra-produksi, produksi, sampai distribusi. “Pesan untuk teman-teman content creator semuanya jangan berkecil hati, saling sharing, mari terus berkarya dan berkolaborasi menciptakan karya-karya yang mengedukasi,” ujar Adi.

Sedikit berbeda, proses penggarapan film Dua Sisi yang menjadi juara kedua justru hanya memakan waktu penggarapan yang sangat singkat, yakni satu minggu. Menurut Fadhlul Hariz Kamil Soe'oed dari tim produksi film Dua Sisi, hal ini dimungkinkan karena dukungan dari seluruh tim terkait.

Seluruh 20 video hasil karya para finalis Telkomsel URVIDEO Cmpetition 2020 dapat disaksikan melalui aplikasi MAXstream. Ke depan, Telkomsel akan terus bergerak maju mengupayakan berbagai inisiatif dan upaya kolaboratif yang mampu menggandeng para kreator konten dan sineas Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Tanah Air, khususnya industri perfilman.

 
Ajang ini merupakan wujud bukti nyata dalam meningkatkan kreativitas dan semangat masyarakat di saat pandemi.
E Kurniawan, VP Marketing Management Direktorat Consumer Service Telkom
 
 

 

 


×