Suasana aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Ahad (15/11). | ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ekonomi

Pemulihan Ekonomi Terasa pada Kuartal IV 2020

Gubernur BI memproyeksikan ekonomi akan masuk zona positif pada kuartal IV 2020.

JAKARTA – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara optimistis tren pemulihan ekonomi akan berlangsung pada kuartal IV 2020 hingga tahun depan. Syaratnya, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dengan lebih kuat seraya menunggu upaya pemerintah dalam pengadaan vaksin.

Suahasil menyebutkan, tren pemulihan sudah terlihat sejak kuartal III 2020. Kontraksi ekonomi yang berada di level 3,49 persen lebih landai dibandingkan kuartal sebelumnya yang minus 5,32 persen. Di sisi lain, kinerja manufaktur Indonesia sudah membaik pada bulan lalu meskipun masih di bawah level ekspansi, yaitu 47,8. Mayoritas sektor produksi juga sudah menunjukkan arah perbaikan dibandingkan kuartal II 2020.

"Dengan bacaan ini, yang kita lihat adalah kuartal keempat terjadi pemulihan kegiatan ekonomi yang berlanjut, namun dengan protokol kesehatan lebih kuat," tutur Suahasil dalam Webinar Market Outlook 2021, Selasa (17/11).

Dengan protokol kesehatan yang kuat, Suahasil menyampaikan, kegiatan ekonomi bisa berjalan dan pemulihan pun didorong secara bertahap. Proses ini diharapkan dapat berujung pada akselerasi pemulihan ekonomi pada tahun depan.

Suahasil memastikan pemerintah akan tetap memberikan dukungan berupa bantalan sosial seperti yang telah dilaksanakan selama delapan bulan terakhir. Pada saat bersamaan, pemerintah memulihkan ekonomi di kegiatan konsumsi, investasi, dan ekspor yang masih berada di zona negatif pada kuartal ketiga.

Berbagai upaya ini dijalankan seiring pengadaan vaksin yang menjadi elemen penting untuk membangun kepercayaan dalam melakukan aktivitas ekonomi. Suahasil berharap vaksin dapat menjadi awalan untuk ekonomi yang lebih baik pada 2021 dengan target pertumbuhan ekonomi di level 5 persen.

photo
Perkembangan perdagangan luar negeri periode Januari-September 2020. - (Kemendag)

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bahkan menyebut pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV 2020 akan masuk ke level positif. Perry menyampaikan, investasi daerah merupakan salah satu kunci mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Menurut dia, BI berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah dan berbagai otoritas terkait demi meningkatkan promosi perdagangan dan investasi, termasuk di daerah.

"Selain investasi, terdapat dua kunci penting lainnya untuk membangun sinergi dan energi optimisme dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional," katanya.

Perry meyakini perbaikan ekonomi Indonesia akan terus berlanjut dengan pertumbuhan ekonomi yang mulai positif pada kuartal IV 2020. Kemudian, pertumbuhan ekonomi akan meningkat menjadi 5 persen pada 2021 dan terus meningkat pada kurun waktu lima tahun mendatang.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat