Anggota UMNO bersama anggota PAS melambaikan bendera dalam seremoni penggabungan koalisi di Kuala Lumpur, Malaysia, akhir tahun lalu. | AP

Internasional

UMNO Dorong Pemilu Dini 

UMNO adalah sekutu penting dalam koalisi Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin.

KUALA LUMPUR -- Partai terbesar di Malaysia, Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) mendorong pemerintah menggelar pemilihan umum (pemilu) setelah pandemi virus korona berakhir. UMNO adalah sekutu penting dalam koalisi Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. 

Inisiatif ini disampaikan saat jumlah kasus baru virus korona di Negeri Jiran terus meningkat. Meski menyatakan dukungan pada Muhyiddin, namun UMNO menilai pemilu dini tetap diperlukan untuk membentuk pemerintahan yang lebih stabil. 

"UMNO telah memutuskan mandat rakyat yang dikembalikan ke bentuk pemerintahan yang stabil dengan menggelar pemilihan umum ketika pandemi Covid-19 berhasil dikedalikan dan berada di tingkat terendahnya," kata Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi dalam pernyatannya, Jumat (30/10).

Pernyataan tersebut dirilis setelah Ahmad menggelar pertemuan dengan pemimpin-pemimpin partai pada Kamis (29/10) malam. 

Selain partai terbesar di Malaysia, UMNO juga pendiri koalisi partai penguasa Barisan Nasional. Mereka telah berjanji untuk tetap mendukung Muhyiddin tapi mereka meminta mandat baru untuk memperbaiki stabilitas politik. 

Dukungan dari UMNO mungkin membantu Muhyiddin menghadapi tantangan bulan depan. Tantangan itu adalah ia harus mendapat mendapat persetujuan parlemen atas anggaran belanja negara 2021. 

Banyak yang ragu apakah anggaran itu mendapatkan cukup suara hingga bisa disahkan. Padahal ini anggaran pertama yang dipresentasikan pemerintahan Muhyiddin yang berkuasa sejak Maret lalu.

Namun, seruan pemilu dini dari UMNO mengisyaratkan kepemimpinan Muhyiddin mungkin akan berumur pendek. Pemilu seharusnya digelar 2023. 

Setelah Sultan Malaysia menolak rencananya untuk memberlakukan masa darurat nasionalnya pada pekan lalu, kredibilitas perdana menteri itu dipertanyakan. Para kritikus menilai darurat nasional hanya alasan Muhyiddin untuk menangguhkan parlemen dan menguji pendukungnya di parlemen. 

Perombakan

Salah satu sumber yang dikutip kantor berita Reuters mengatakan Muhyiddin sedang mempertimbangkan untuk menggelar perombakan kabinet. Ia ingin memberikan lebih banyak jabatan penting pada politisi-politisi UMNO.

Sumber itu mengatakan sejumlah pemimpin UMNO menolak jadi pemain kelas dunia di bawah partai Muhyiddin yang lebih kecil di koalisi Barisan Nasional.

Anwar ,emimpin koalisi yang berhasil mengalahkan Perdana Menteri Najib Razak dalam pemilihan 2018 lalu. Muhyiddin yang semula di UMNO, menyeberang bersama Mahathir Mohamad ke kubu Anwar. 

Mahathir kemudian mengundurkan diri dan Muhyiddin berkuasa lalu mengajak UMNO bergabung dalam koalisinya. UMNO telah berkuasa selama 60 tahun, sejak Malaysia merdeka dari Inggris pada 1957. 

Meski masih memegang suara mayoritas di parlemen, Pemerintahan Yassin masih menghadapi tantangan politik dari Anwar. Pada bulan lalu Anwar menemui Sultan dan mengaku mendapatkan dukungan dari 120 dari 222 anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan yang baru.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat