Pemilik industri rumah tangga Bolu Ria Jaya mengangkat kue yang sudah mendapat sertifikasi halal di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (27/8). | ANTARA FOTO/FB Anggoro

Ekonomi

Indonesia Miliki Kawasan Industri Halal Pertama

Indonesia bisa menjadi produsen produk halal terkemuka di dunia dengan adanya kawasan halal terintegrasi.

JAKARTA -- Indonesia memiliki kawasan industri halal pertamanya, yakni Modern Halal Valley di Cikande, Banten. Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Afdhal Aliasar menyampaikan, hal ini merupakan langkah konkret perwujudan strategi besar Masterplan Pengembangan Ekonomi Syariah Indonesia.

"Alhamdulillah, Indonesia saat ini telah memiliki kawasan industri halal yang ditetapkan secara resmi oleh pemerintah," kata Afdhal kepada Republika, Senin (7/9).

Penetapan ini setelah melalui proses verifikasi kesesuaian yang ditetapkan oleh Kementerian Perindustrian bersama-sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu, hal itu terwujud juga berkat dorongan kuat yang diberikan oleh KNEKS yang beranggotakan Kementerian Perindustrian, Kementerian Agama, serta stakeholder lainnya.

Afdhal mengatakan, hadirnya kawasan industri halal ini akan mendorong perkembangan industri produk halal di Indonesia untuk lebih maju lagi. Termasuk dalam memproduksi semakin banyak produk halal yang berkualitas baik untuk pasar konsumsi dalam negeri maupun untuk melayani kebutuhan produk halal dunia.

"Ini adalah bagian dari perwujudan strategi besar Masterplan Pengembangan Ekonomi Syariah Indonesia. Alhamdulillah, satu per satu kita wujudkan secara konkret," katanya.

Lebih lanjut, Afdhal mengatakan, ini juga merupakan langkah awal untuk memperbaiki posisi Indonesia yang saat ini terkenal sebagai negara konsumen produk halal. Ke depan, Indonesia bisa menjadi produsen produk halal terkemuka di dunia dengan adanya kawasan halal terintegrasi.

Modern Halal Valley merupakan zona industri pertama di Indonesia yang menerima sertifikat zona industri halal dari Kementerian Perindustrian pada 2 September 2020. Ini merupakan langkah signifikan bagi Modern Halal Valley karena memungkinkan operasional pengembangan ekosistem halal.

Modern Halal Valley terletak di atas lahan seluas 500 hektare yang masih dapat berkembang. Di dalamnya terdiri dari zona industri halal dengan konsep ramah lingkungan dan menganut nilai-nilai syariah dalam pengembangannya.

Modern Halal Valley terdiri dari klaster halal yang menawarkan sinergi dan inovasi untuk industri beserta seluruh rantai pasoknya. Melalui Halal Cluster Network yang sudah diluncurkan sejak 2019, kawasan ini menggabungkan kebutuhan halal lokal, regional, maupun internasional.

Modern Halal Valley terletak di Modern Cikande Industrial Estate, Banten. Letaknya terhubung langsung dengan akses jalan tol, pelabuhan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, serta kawasan metropolitan Jakarta.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat