Michael Cohen, mantan pengacara pribadi Presiden Amerika Serikat Donald Trump | AP

Internasional

Memoar Sang Saksi Mata Trump

Memoar karya Cohen itu diyakini membongkar banyak rahasia Trump.

Michael Cohen, mantan pengacara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, siap meluncurkan buku berjudul Disloyal: The True Story of the Former Personal Attorney to President Donald J Trump. Buku yang diyakini membongkar banyak rahasia itu akan diluncurkan pada Selasa (8/9) waktu AS.

Associated Press memberikan sejumlah bocoran isi buku tersebut, termasuk beberapa hal pribadi dalam hubungannya dengan Trump. Cohen menilai, dirinya saksi mata penting dalam konspirasi uang tutup mulut terkait Trump. Ia menyebut bukunya ini sebagai potongan barang bukti yang fundamental atas kesalahan Trump.

Dalam buku ini, Cohen menyebutkan rincian perannya untuk memberi uang tutup mulut 130 ribu dolar AS kepada bintang film porno, Stormy Daniels. Tujuannya, agar Daniels tak mengungkap hubungannya dengan Trump menjelang pemilihan presiden 2016.

Meski awalnya menolak membayar, tulis Cohen, Trump akhirnya bersedia membayar Daniels. Saat itu, Trump beralasan, dirinya harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk istrinya jika hubungannya dengan Daniels terungkap. Menurut Cohen, setelah urusan pembayaran itu, dirinya mendapatkan imbalan dari Trump atas jasa hukum fiktif.

photo
Buku memoar Michael Cohen yang siap diluncurkan Selasa (8/9). - (AP)

Cohen dikenal sebagai mantan tangan kanan Trump. Hasil investigasi oleh penyidik khusus menyatakan ia bersalah dan membuat dirinya diproses secara hukum.

Cohen mengaku bersalah atas pelanggaran dana kampanye pilpres dan sejumlah perkara lainnya. Atas kesalahannya, hakim menjatuhkan hukuman tiga tahun di penjara federal.

Cohen diizinkan menjalani tahanan rumah mulai Juli dan mencabut larangan untuk berbicara kepada publik. Namun, ia harus dikembalikan ke penjara karena dinilai melanggar aturan karena menerbitkan buku menjelang pemilihan presiden November nanti.

Cohen mengaku tak mengerti mengapa saat itu dirinya begitu setia pada Trump. Ia juga tak habis pikir mengapa Trump mengabaikannya saat ia berada di titik rawan dalam hidupnya.

"Hanya kisah ini yang tersisa untuk istri, anak, dan negara yang begitu saya cintai," tulis Cohen.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat