Sony PlayStation 5 | Dok Sony Playstation

Inovasi

Menanti Datangnya Legenda Baru

 Sony berupaya menjaga harga jual PS5 tetap terjangkau.

Bagi para penyuka gim, nama PlayStation pastilah memiliki tempat tersendiri. Sejak diperkenalkan pada Desember 1994, kehadiran Sony PlayStation memang selalu dinanti.

Kini, di tahun 2020, Sony telah mengungkapkan kepastian akan hadirnya PlayStation 5 (PS5) bersama dengan permainan dan kelengkapan aksesorisnya. Untuk versi terbaru ini, Sony menawarkan dua versi berbeda, yakni model standar dengan drive disk Blu-ray Ultra HD dan model digital tanpa drive disk.

“Dengan PlayStation 5, kami membuat lompatan yang signifikan untuk memberikan generasi baru pengalaman bermain transformatif yang benar-benar akan mengubah harapan untuk permainan yang bisa dilakukan,” kata Presiden dan CEO dari Sony Interactive Entertainment (SIE), Jim Ryan, seperti yang dilansir dari Games Radar, Jumat (24/7).

Sony juga telah mengonfirmasi PS5 akan dirilis untuk masa liburan 2020. Diperkirakan, konsol gim tersebut akan diluncurkan 20 November 2020 dan akan dijual seharga 499 dolar AS pada hari pertamanya dilincurkan di Amerika Serikat (AS).

Berbagai pemberitaan pun marak menyambut kehadiran PS5. Salah satunya menyebutkan, Sony kini sedang berjuang menjaga harga eceran PS5 agar tetap rendah. 

Dengan perkiraan harga unit PS5 saat ini berada di kisaran 450 dolar AS, beberapa pendapat di perusahaan khawatir harga tersebut mungkin sudah telalu mahal untuk beberapa pembeli potensial.

Rencananya, PS5 akan berada dalam persaingan langsung dengan Xbox Seri X. Perangkat Xbox ini, rencananya juga akan datang di musim liburan 2020.

Berbagai Fitur Baru

photo
SackBoy A Big Adventure, salah satu permainan yang akan hadir di PS5 - (Dok Sony Playstation)

Dalam presentasi yang dilakukan dalam ajang Game Developer Center (GDC), lead console designer Sony, Mark Cerny menjelaskan, perusahaan telah memilih menggunakan 825GB SSD internal hard drive untuk mencoba menjaga biaya rendah. 

“Sangat menggoda menambahkan lebih banyak, tetapi tentu saja tidak murah dan kami memiliki tanggung jawab untuk audiens gim kami agar hemat biaya, ketika menyangkut apa yang kami masukkan ke konsol,” ujar Cerny.

Sony telah mengonfirmasi PS5 akan menjalankan cip CPU AMD yang didasarkan pada generasi ketiga dari jajaran Ryzen AMD. Perangkat ini akan memiliki delapan core, custom-made dan didasarkan pada mikroarsitektur 7 nano meter Zen 2. CPU-nya adalah varian khusus dari bagian Navi AMD Radeon yang juga akan mendukung ray tracing.

Sebagian besar dari pengaturan GPU akan mendukung resolusi 8K dan ray tracing di gim PS5. Selain itu, PS5 juga akan menghadirkan teknologi yang akan meningkatkan ketepatan visual dalam permainan, karena meniru cara cahaya bergerak dan memantul dari objek ke objek. 

Terutama, pada permukaan reflektif dan pembiasan melalui air, cairan lain dan kaca. Dengan optimalisasi yang tepat, gim akan dapat menampilkan pencahayaan dan bayangan yang realistis. 

Dalam wawancara dengan Wired, Cerny mengatakan ray tracing bukan hanya tentang visual, karena dapat menghasilkan peningkatan audio bagi para pemain dan pengembang.

Berkat fakta PS5 beralih dari hard drive berbasis disk ke SSD, Sony juga mengubah pendekatannya terhadap cara menyimpan gim di konsol generasi berikutnya. Pengguna akan dapat mengonfigurasi bagian mana dari gim yang ingin disimpan di komputer pengguna dan memungkinkan akses yang lebih halus ke data. 

Sony juga membocorkan beberapa detail tentang aksesoris yang akan melengkapi sistem baru. Yakni, akan hadirnya headset nirkabel Pulse 3D yang menawarkan dukungan audio 3D dan mikrofon peredam bising ganda. Ada pula kamera HD yang menampilkan lensa dual 1.080p untuk gamer, media remote dengan built-in microphone untuk menavigasi film dan layanan streaming dengan mudah. 

Seiring rencana peluncuran perangkat ini, pustaka gim PS5 pun mulai terlihat cukup mengesankan. Hal ini dimungkinkan berkat pengungkapan Future of Gaming stream. Spider-Man: Miles Morales, Horizon Zero Dawn 2, Deathloop dan tidak diragukan lagi akan ada lebih banyak karena publisher akan memamerkan gim mereka di musim panas ini. 

 
Dengan PlayStation 5, kami membuat lompatan yang signifikan untuk memberikan generasi baru pengalaman bermain transformatif yang benar-benar akan mengubah harapan untuk permainan yang bisa dilakukan.
Jim Ryan, Presiden dan CEO dari Sony Interactive Entertainment (SIE)
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat