Raja Salman bin Abdulaziz | SAUDI ROYAL PALACE

Kisah Mancanegara

Raja Salman Gelar Rapat Kabinet dari Rumah Sakit 

Pembicaraan rapat kabinet merentang dari Covid hingga misi Mars UEA.

OLEH RIZKY JARAMAYA, KIKI SAKINAH

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menggelar rapat kabinet dari rumah sakit melalui konferensi video. Video Raja Salman yang memimpin rapat kabinet disiarkan secara langsung di televisi pemerintah pada Selasa (21/7) malam.

Saat ini, Raja Salman harus menjalani perawatan medis karena menderita sakit radang kantong empedu. Dalam video itu, Raja Salman tampak duduk di belakang meja sambil membaca dan memegang beberapa dokumen.  

Tiga sumber Saudi yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan kepada Reuters, Raja Salman berada dalam kondisi stabil. Seorang pejabat Saudi yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, keluarga Kerajaan Saudi tidak merasa panik menyikapi penyakit Raja Salman.  

Pada Senin (20/7), Raja Salman menerima panggilan telepon dari pemimpin Kuwait, Bahrain, dan Yordania. Sebuah sumber diplomatik mengatakan, putra Raja Salman yang juga putra mahkota Saudi, Muhammad bin Salman (MBS), terbang kembali ke Riyadh dari istananya di Kota Neom, di Laut Merah.  

MBS membatalkan rencana pertemuan dengan delegasi Irak karena harus menemani ayahnya yang sedang sakit. Media pemerintah merilis foto-foto yang menunjukkan MBS ikut mendampingi ayahnya dalam rapat kabinet.

Raja Salman terakhir kali muncul di hadapan publik pada 19 Maret. Ketika itu, Raja Salman menyampaikan pidato selama lima menit di televisi mengenai pandemi virus korona. 

photo
Raja Salman saat memimpin rapat beberapa waktu lalu. - (SAUDI ROYAL PALACE)

Raja Salman telah memerintah Saudi sejak 2015. Dia menghabiskan lebih dari 2,5 tahun sebagai putra mahkota dan wakil perdana menteri sebelum naik takhta menjadi raja. Selain itu, Salman juga pernah menjabat sebagai gubernur Riyadh selama lebih dari 50 tahun. 

Penguasa de facto Saudi saat ini adalah MBS. Dia telah meluncurkan reformasi untuk mengubah perekonomian kerajaan Saudi agar tidak selalu bergantung pada minyak. Pangeran berusia 34 tahun itu sangat populer di kaum muda Saudi. 

MBS telah mengurangi pembatasan di Kerajaan Saudi yang konservatif, termasuk memberikan hak-hak kepada perempuan. Selain itu, dia berjanji untuk melakukan diversifikasi ekonomi.  

Reformasi putra mahkota telah disertai dengan pembersihan bangsawan kerajaan dan pengusaha atas tuduhan korupsi. Namun, martabatnya kini dipertaruhkan setelah kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018. 

Melalui rapat virtual kemarin, para menteri mendengar bahwa persiapan oleh lembaga pemerintah terus berlanjut sebagai bagian dari upaya untuk memastikan musim haji tahun ini berlangsung seaman mungkin. Mengingat risiko yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19, pemerintah Saudi telah menerapkan pembatasan pada penyelenggaraan haji tahun ini.

Hanya beberapa ribu jamaah yang tinggal di Kerajaan Saudi yang diizinkan untuk menunaikan haji. Sementara itu, pemerintah Saudi juga menerapkan rencana ketat dan tindakan pencegahan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan jamaah, serta mencegah penyebaran virus corona.

Menteri informasi Saudi, Majid Al-Qasabi, mengatakan kepada Saudi Press Agency bahwa para menteri juga meninjau perkembangan terbaru dalam pandemi di seluruh negeri. Hal itu termasuk soal statistik terkini tentang infeksi dan kesembuhan, tindakan pencegahan yang diambil untuk mencegah penyebaran penyakit, dan rincian penanganan bagi mereka yang telah dites positif.

photo
Seorang pria memakai masker saat melewati mural Raja Salman di Saudi Arabia, Ahad (28/6). - (AP/Amr Nabil)

Kabinet juga mendengar kabar tentang upaya yang tengah berlangsung untuk memantau dan menindaklanjuti kasus-kasus tersebut, serta perluasan tes (pengujian) di berbagai daerah di laboratorium spesialis. Sementara itu, rapat virtual itu juga membahas sesi ketiga dari Dewan Koordinasi Saudi-Irak di Riyadh.

Di antara topik yang dibahas oleh dewan tersebut adalah peluang untuk kerja sama dan kemitraan strategis, khususnya di bidang ekonomi dan pembangunan. Di samping itu, Dewan Koordinasi Saudi-Irak juga membahas upaya untuk memperkuat hubungan antara negara-negara dengan tujuan untuk melindungi kepentingan bersama.

Para menteri juga menyinggung masalah FSO Safer, sebuah kapal tanker minyak yang diabaikan yang berisi lebih dari 1 juta barel minyak. Kapal tanker itu telah tertambat di lepas pantai Yaman selama bertahun-tahun.

Kondisi kapal tersebut telah memburuk dan para ahli khawatir kapal akan meledak atau pecah, dan melepaskan sejumlah besar minyak ke Laut Merah. Pada akhirnya, itu bisa menyebabkan bencana lingkungan.

Milisi Houthi yang mengendalikan daerah itu telah berulang kali menolak akses pemantau PBB ke kapal itu untuk memeriksa kondisinya. Selanjutnya, rapat virtual juga membahas soal hasil dari peluncuran yang sukses oleh Uni Emirat Arab (UEA) dalam misi pertama Dunia Arab ke Mars pada Ahad lalu. Pada kesempatan itu, kabinet menyetujui nota kesepahaman untuk kerja sama antara pemerintah Saudi dan UEA dalam eksplorasi damai ruang angkasa. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat