Perabotan elektronik rumah tangga dari Aqua Japan. | Dok Aqua Japan

Inovasi

Membaca Kebutuhan Elektronik Rumah Tangga

PSBB telah mengubah pola perilaku konsumen dalam memilih produk elektronik rumah tangga. 

 

Tahun ini, adalah tahun yang sulit bagi seluruh industri. Dampak dari pandemi  Covid-19 memang telah memberi pengaruh signifikan terhadap perkembangan dunia bisnis dan industri. Termasuk, pada bisnis produk peralatan elektronik rumah tangga. 

Penurunan permintaan pasar dan kapasitas produksi di awal pemberlakuan Pembatasan Sosial Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi tantangan tersendiri bagi industri elektronik. Menghadapi sistuasi tersebut, produsen elektronik rumah tangga Aqua Japan menerapkan strategi khusus guna menyesuaikan kinerja perusahaan dengan kondisi di era pandemi.

Direktur Aqua Japan Indonesia, Kenji Sadayuki, saat acara virtual “Media Kick Off AQUA Japan 2020”, pekan lalu menjelaskan, kunci untuk dapat terus berkembang bagi Aqua terletak pada strategi dan inovasi yang tepat. “Untuk itu di masa pandemi ini, Aqua Japan terus menghadirkan produk dengan inovasi teknologi yang mampu menjawab kebutuhan konsumen,” ujarnya. 

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19, selain membatasi kegiatan luar rumah, masyarakat saat ini juga semakin peduli dengan isu terkait kesehatan. Untuk itu, Aqua Japan berusaha menjawab kebutuhan tersebut. 

Head of Product Planning Department Aqua Japan Indonesia, Meiriano Ullman atau yang biasa disapa Rian menjelaskan, inovasi teknologi yang dihadirkan Aqua berusaha menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. “Seperti menghadirkan air conditioner dengan fitur Aqua Fresh yang mampu membersihkan sendiri debu dan kotoran yang menempel di evaporator dan membunuh 99,99 persen. virus dan bakteri,” ujarnya. 

Dengan begitu, Rian melanjutkan, konsumen akan mendapatkan udara bersih, sehat, bebas dari debu, kotoran, virus, dan bakteri. 

Selain itu Aqua Japan juga menghadirkan produk inovatif lainnya, untuk menunjang aktivitas masyarakat selama berada di rumah. Salah satunya, menghadirkan produk Android Smart TV yang akan menjadi sarana hiburan yang lengkap bagi keluarga di rumah, kulkas Magic Cooling series dengan tempat penyimpanan yang fleksibel, dan mesin cuci dengan teknologi Smart Dry Function yang mampu mengeringkan pakaian hingga 100 persen. 

Lengkap dengan wider drum series yang memberikan hasil pencucian 25 persen lebih bersih. Lama berdiam diri di eumah, menurut Rian, memang menggeser pola perilaku para konsumen elektronik rumah tangga. 

Kini, ungkap dia, masyarakat kerap mencari peralatan rumah tangga yang berukuran lebih besar, seperti kulkas atau televisi. Hal ini sejalan dengan semakin banyak waktu yang memang dihabiskan konsumen selama di rumah saja. 

Fokus Pada Higienitas

photo
Mesin Cuci Turbo 3D LG - (DOK LG indonesia)

Membuka langkah pada paruh kedua tahun ini, PT LG Electronics Indonesia juga memperkenalkan mesin cuci jenis bukaan atas (//top loading//) terbarunya, yaitu TurboWash 3D berkapasitas 12 kilogram. Kehadiran produk terbaru ini, menjadi bagian dari koleksi LG Hygiene Care Solution sebagai seri produk LG yang memiliki fokus pada higienitas dan mendukung kesehatan pengguna. 

Mesin cuci LG ini memiliki teknologi TurboWash 3D yang hemat air dan listrik. Hasil uji Intertek sebagai lembaga uji internasional menyatakan, varian mesin cuci ini terhitung 27 persen lebih hemat listrik dan 14 persen lebih hemat air dibanding mesin cuci sejenis LG lainnya. “Kini seluruh keunggulan ini, berpadu dalam kapasitas lebih kecil yang memberi peluang lebih besar bagi lebih banyak orang untuk merasakan keunggu-annya,” ujar Rumbi Simanjuntak, selaku Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia.

Menurutnya, seri LG Hygiene Care Solution merupakan pelebaran lini produk LG yang dibuat khusus pada faktor higienitas dan pendukung kesehatan pengguna. Dikatakan sebagai pelebaran karena varian produk dengan fitur penjagaan kesehatan sebelumnya telah dimiliki LG. 

Hanya saja, selama ini keberadaannya terbatas pada perangkat elektronik kelas premium. Pada mesin cuci terbarunya ini, upaya nyata LG dalam hal higienitas terletak pada keberadaan tabung cuci yang terbuat seluruhnya dari material stainless steel

Tak hanya terkait kemampuannya yang lebih baik dalam mengatasi korosi, pilihan materi ini juga terkait dengan karakteristiknya yang mampu mencegah menempelnya berbagai material yang merugikan kesehatan. Kekhasan karakteristik baja antikarat ini, Rumbi melanjutkan, membuatnya lebih digunakan pada perangkat terkait kesehatan maupun perangkat masak. 

Melengkapi tabung bermateri baja ini, LG menyematkan fitur Auto Tub Clean. Fitur ini bekerja otomatis membasuh tabung cuci setiap kali proses pencucian selesai. 

Dirancang demikian untuk memastikan tabung bersih dari berbagai residu pencucian yang tertinggal untuk memastikan mesin cuci selalu siap digunakan. 

Sementara dalam hal kualitas pencucian, mesin cuci yang ditawarkan dengan harga sekitar Rp 6 jutaan ini, bekerja dengan tiga fitur utama yaitu WaveForce, TurboDrum dan JetSpray. Fitur-fitu ini,  dirancang untuk memberikan performa pencucian kuat yang berjalan lebih cepat dengan tetap hemat energi.

 
Kini, masyarakat kerap mencari peralatan rumah tangga yang berukuran lebih besar, karena lebih banyak di rumah.
Meiriano Ullman, Head of Product Planning Department Aqua Japan Indonesia
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat