Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berkunjung ke kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (8/7). | Republika/Thoudy Badai

Nasional

PKB-Demokrat Bahas Koalisi Pilkada

Keduanya bersepakat melakukan kerja sama di DPR mengawasi penanganan Covid-19.

JAKARTA—Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali melanjutkan safari politiknya dengan mengunjungi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (8/7). Kedatangan AHY beserta jajaran DPP Partai Demokrat ke PKB merupakan safari kedua setelah sebelumnya mereka bertemu Golkar akhir Juni kemarin.

Berdasarkan pantauan Republika, AHY dan rombongan Partai Demokrat tiba di kantor DPP PKB sekira pukul 13.40 WIB. AHY didampingi sejumlah pengurus Demokrat, di antaranya Sekretaris Jenderal Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum Renville Antonio, Kepala BPOKK Herman Khaeron, dan Kepala Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief.

Kehadiran mereka langsung disambut Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Gus Ami (Cak Imin). Terlihat Cak Imin menggenakan baju biru dengan masker merah putih. Terihat Cak Imin didampingi beberapa petinggi PKB lainnya, di antaranya Wakil Ketua Umum Jazuli Fawaid, Cucun Ahmad Syamsurizal, dan Faisol Reza. 

AHY menuturkan, kehadirannya ke DPP PKB merupakan silaturahim. Selain itu, kedua partai juga membahas soal koalisi pada Pilkada 2020 mendatang. Putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengatakan, kerja sama di pilkada sudah pernah dilakukannya saat Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu.

"Kami bersahabat cukup lama, pertama kami bertemu cukup intensif ketika saya pertama kali masuk politik sebagai kandidat pilgub di Jakarta," kata AHY saat ditemui seusai menggelar pertemuan tertutup, Rabu (8/7).

 
photo
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin iskandar (kiri) menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) saat berkunjung ke kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (8/7) - (Republika/Thoudy Badai)

AHY menambahkan, kendati ketika itu gagal di Pilgub DKI Jakarta, dia tetap menggeluti dunia politik sampai saat ini. Ia pun bersyukur kali ini berhasil kembali bertemu dengan jajaran PKB dalam kapasitasnya sebagai ketua umum Partai Demokrat.

"Alhamdulillah hari ini kapasitas berbeda, saya sebagai ketum Demokrat bersama para sahabat dari Demokrat, bersama saya ada sekjen, bendum, kepala bapilu (badan pemenangan pemilu), dan BPOKK ingin kembali menyambung persahabatan dengan Gus Ami, Ketua Umum PKB dan sahabat PKB lainnya," ujarnya.

Kali ini keduanya sepakat untuk bekerja sama pada pilkada serentak 2020 mendatang. Pembicaraan kerja sama antarkeduanya masih akan terus dilakukan guna mematangkan kemenangan di sejumlah daerah yang sama-sama diusung Demokrat dan PKB. "Sejauh ini sudah ada yang dibahas, tapi masih ada yang akan terus dibahas," tutur AHY.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengaku PKB dan Demokrat sudah menjalin koalisi di 30 daerah pelaksanaan pilkada. "Tadi dihitung sudah 30-an dengan Demokrat," kata Cak Imin.

Ia mengaku, salah satu yang dibahas dalam pertemuannya dengan AHY membahas terkait pilkada serentak 2020. Keduanya juga bersepakat untuk melakukan kerja sama di DPR dalam bidang pengawasan terkait penanganan Covid-19.

"Tentu, di parlemen atau DPR kita berharap produktif lagi mengabdi dan menghasilkan produk-produk DPR yang dibutuhkan masyarakat, DPR yang mampu menghasilkan keputusan, baik APBN, UU, dan sistem pengawasan yang membantu masyarakat mengatasi jangka pendek pandemi Covid dan jangka panjang ekonomi nasional secara menyeluruh," kata Cak Imin menegaskan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat