Kegiatan di Telkomsel Inovation Center | Dok Telkomsel
07 Jul 2020, 19:16 WIB

Perkuat Kolaborasi Membangun Ekosistem Digital 

Dengan model pengoperasian digital yang lebih canggih, pelanggan akan mendapatkan layanan dengan lebih cepat dan responsif.

Membangun ekosistem digital memerlukan kerjasama yang kuat dan berkesinambungan dari para pemangku kepentingan. Dalam beberapa tahun terakhir, ekosistem digital di Indonesia terus diramaikan dengan berbagai kegiatan pencarian bakat, bootcamp, workshop, hingga pendanaan. 

Semuanya dilakukan demi terus menyuburkan pembangunan berbagai inovasi di Tanah Air. Bulan Juli ini, program Telkomsel Innovation Center (Tinc) kembali membuka kesempatan bagi seluruh talenta unggul terutama di bidang teknologi digital, dari berbagai daerah di Indonesia untuk berkolaborasi menghasilkan solusi bermanfaat bagi masyarakat lewat Tinc Batch 5. 

Pada edisi tahun ini, program Tinc berfokus pada pengembangan inovasi di bidang Internet of Things (IoT), machine learning, artificial intelligence, teknologi periklanan, financial technology (fintech), dan solusi berbasis digital lainnya sebagai penunjang penguatan ekosistem digital dalam setiap fase kehidupan masyarakat.

photo
Kegiatan di ajang Telkomsel Innovation Center - (Dok Telkomsel )

Vice President Corporate Strategy Telkomsel Andi Kristanto menjelaskan, pada Tinc Batch 5 ini, Telkomsel menargetkan untuk bisa berkolaborasi dengan para inovator lokal melalui beragam solusi digital dari berbagai daerah di Indonesia. “Sebagai program corporate accelerator dari Telkomsel, Tinc konsisten menjadi sarana inkubasi yang mampu mendampingi para inovator lokal menghasilkan dan mengembangkan solusi digital terhadap berbagai masalah di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya. 

Terkait

Tinc telah berlangsung sejak 2018. Sepanjang penyelenggaraannya, Tinc konsisten menampung berbagai solusi digital dari para inovator dan telah menyeleksi 19 solusi yang berhasil memasuki tahap proses inkubasi. 

Kemudian, Tinc juga memberi kesempatan bagi para inovator Tanah Air yang berpotensi untuk bisa menjalin kolaborasi secara komersial bersama Telkomsel. Dengan kolaborasi tersebut, Telkomsel turut membuka akses masuk ke pasar pelanggan dan mitra retail Telkomsel, menghubungkan dengan investor, memberikan dukungan pendanaan, hingga melakukan pendampingan ke proses komersialisasi produk.

Sejak dimulai, Tinc telah berhasil melahirkan solusi di ranah agritech seperti eFishery yang merupakan sistem pakan otomatis untuk ternaik ikan, Jala sebagai sistem monitoring pintar untuk menjaga kualitas air, dan Mertani yang merupakan smart water quality monitoring.

Tuntaskan Perjalanan untuk Go Digital

photo
Inovation Center Indosat Ooredoo - (Dok Indosat Ooredoo)

Di tingkat perusahaan, menjalani perubahan menuju transformasi digital adalah perjalanan yang memerlukan proses. Indosat Ooredoo, bersama dengan mitra globalnya, Ericsson dan Huawei, pada 1 Juli 2020, telah mencapai tonggak pertama dari perjalanan transformasi menuju model operasi digital secara menyeluruh. 

Perjalanan transformasi ini akan memastikan model pengoperasian digital yang canggih yang menggabungkan pengembangan terbaru dalam analisis, otomasi, kecerdasan buatan, dan prediksi kemampuan untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik.

Perjalanan dan kemitraan ini pun diharapkan akan berkontribusi pada pengembangan ekosistem baru yang menciptakan banyak peluang kerja. Termasuk juga, meningkatkan kemampuan seluruh tenaga kerja melalui program transfer pengetahuan yang intensif.

President Director dan CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, menjelaskan, Indosat Ooredoo telah melakukan peningkatan jaringan secara signifikan pada  2019. Saat ini, dengan model operasi digital baru, kita akan dapat membangun operasional jaringan yang efisien dan sepenuhnya otomatis, melalui teknologi terbaru termasuk kecerdasan buatan (AI), predictability fault, data driven analytics, dan platform machine learning. "Kami yakin model baru ini akan membantu Indosat Ooredoo dalam mengelola tuntutan dan harapan pelanggan yang semakin meningkat," ujarnya.

Dengan model pengoperasian digital yang lebih canggih, pelanggan akan mendapatkan layanan dengan lebih cepat dan responsif. Operasional perusahaan pun akan menjadi lebih baik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, baik korporasi maupun end user

Indosat Ooredoo saat ini juga telah berkolaborasi dengan mitra global untuk mendukung pengembangan teknologi digital bagi pengalaman pelanggan yang lebih baik menggunakan layanan telekomunikasi. Kerja sama tersebut juga dilakukan sebagai kontribusi bagi peningkatan ekonomi digital Indonesia di masa yang akan datang. 

 
Dalam beberapa tahun terakhir, ekosistem digital di Indonesia terus diramaikan dengan berbagai kegiatan pencarian bakat, bootcamp, workshop, hingga pendanaan. 
NAMA TOKOH
 

 

 


×