Teknologi 5G | Freepik

Inovasi

Mengintip Perubahan Dunia di Era 5G

5G akan membuat dunia lebih mudah dan lebih efisien.

 

Di era digital seperti sekarang, realitas nyata dan realitas virtual kian menyatu untuk mengubah kehidupan manusia. Pekan ini, para anggota parlemen mengizinkan Huawei milik Cina membangun bagian dari infrastruktur untuk Inggris, yakni peralihan ke internet mobile 5G yang sangat cepat.

Beralih ke konektivitas 5G yang begitu minim latensi, tak hanya akan berdampak pada ponsel, tetapi juga rumah, transportasi, dan tempat kerja. Tak ketinggalan pula mengancam pekerjaan jutaan orang.

Dikutip dari the Scottish Sun.co.uk, teknologi baru berbasis 5G akan mengendalikan mobil tanpa pengemudi, menghadirkan panggilan telepon hologram, dan menciptakan realitas maya di mana saja. Jaringan 5G, yang sekarang telah tersedia pada 45 kota di Inggris, diperkirakan akan menjadi jaringan nasional dalam waktu lima tahun mendatang.

Jaringan ini juga diperkirakan akan meningkatkan perekonomian Inggris sebesar 120 miliar poundsterling. Uji coba 5G di Amerika Serikat (AS) menunjukkan, 5G mampu memberikan kecepatan hingga 1.000 Mbps per detik, atau 25 kali lebih cepat dari ke cepatan 4G.

Konektivitas 5G ini juga berpotensi meningkatkan kecepatan hingga 10 Gbps. Suatu hari nanti, seseorang akan bisa mengunduh film berdurasi dua jam ke ponsel hanya dalam waktu 3,6 detik.

Terwujudnya rumah pintar

Dalam banyak kasus, perjalanan ke kantor akan menjadi sejarah sebab aktivitas bekerja akan bisa dilakukan dari jarak jauh. Termasuk juga, menggunakan realitas virtual dan panggilan hologram untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan di seluruh dunia.

Internet of things (IoT) akan dimungkinkan dengan jaringan baru yang sangat cepat. Hal ini berarti mesin akan bisa saling berbicara secara otonom tanpa keterlibatan manusia.

Di rumah, mesin cuci kita akan mampu memperingatkan pengguna apabila ada proses mencuci yang tidak sesuai. Lemari es pintar akan menggunakan sensor untuk memberi tahu ketika kita sudah akan kehabisan bahan makanan.

Perangkat cerdas ini kemudian akan melanjutkan ke niaga daring (e- commerce) dengan bantuan internet, untuk memesan barang-barang yang diperlukan. Di beberapa supermarket, rak pintar juga akan mampu berinteraksi dengan aplikasi di ponsel pintar berkat sensor yang terpasang di dalamnya.

Teknologi dari rak pintar ini akan mampu menginformasikan penawaran, perincian nutrisi, dan harga. Perangkat realitas virtual yang menggunakan 5G memang akan merevolusi komunikasi kita dengan kerabat di tempat yang jauh karena kita dapat mengobrol dengan mereka sebagai hologram.

Namun, nilai bertemu orang secara langsung tetap tidak boleh diremehkan. Kacamata augmented reality menggunakan pemindai pengenalan wajah akan mengidentifikasi teman- teman dan menampilkan nama mereka pada lensa, jika kita lupa. "5G akan membuat dunia lebih mudah dan lebih efisien dalam kehidupan sehari- hari," kata Kepala Pusat Inovasi 5G di Universitas Surrey, Inggris, Profesor Rahim Tafazolli.

Alat medis pintar

Teknologi 5G akan dapat digunakan untuk memantau tubuh dan memberitahu dokter ketika ada masalah dengan kesehatan seseorang. Alat berbasis 5G juga akan memungkinkan ahli bedah melakukan operasi dari jarak ribuan mil jauhnya.

Bahkan, petugas medis yang kurang berpengalaman pun akan tetap dapat menjahit luka dan membuat sayatan di bawah instruksi ahli dari spesialis yang bekerja di rumah sakit terpisah. "Saya pikir ini akan memakan waktu, sebelum kita melihat robot melakukan operasi sendiri karena orang perlu merasa nyaman dengan teknologi baru," ujar Tafazolli.

Menurut dia, 5G memungkinkan pasien yang dirawat di rumah sakit setempat akan diperiksa oleh spesialis yang berada di tempat lain. Pemantauan jarak jauh secara real-time dari penggunaan obat-obatan, asupan makanan, dan olahraga akan menghubungkan lansia dengan layanan kesehatan jarak jauh di mana perawat akan dapat melacak semuanya.

Mulai dari,kualitas tidur hingga tekanan darah dan kadar insulin secara instan. Kelemahan utama dari era ke sehatan digital adalah hilangnya sentuhan pribadi dan erosi pengetahuan mendalam dokter tentang pasien mereka.

 
Saat kemajuan terjadi, ada biaya yang harus dibayarkan manusia kepada robot untuk mengambil alih pekerjaan kita.
PROF RAHIM TAFAZOLLI, Kepala Pusat Inovasi 5G di Universitas Surrey, Inggris
 

Sejumlah besar pekerjaan baru pun akan terus diciptakan, khususnya pada sektor digital. Manusia akan dibebaskan dari tugas-tugas kasar, berulang, sehingga memberi kita waktu untuk lebih kreatif dan mengejar hal-hal yang benar-benar diminati. ed:setyanavidita livikacansera

Transportasi Cerdas

Mobil driverless atau swakemudi akan menjadi kenyataan dengan hadirnya 5G. Jaringan data yang supercepat dan stabil, akan memungkinkan mobil dapat berbicara satu sama lain. Termasuk juga saling membantu navigasi jika ada kemacetan di depan atau jika ada pejalan kaki masuk ke dalam jalan.

5G akan memungkinkan mobil melakukan rute ulang, menghindari kecelakaan, dan menjaga jalan pengguna menjadi lebih aman karena informasi dan peringatan terjadi terus-menerus.

Teknologi baru ini juga berarti bahwa drone tanpa pengemudi akan makin banyak digunakan untuk pengiriman di rumah. Uber Eats telah menguji itu bersama McDonald's di Universitas San Diego.

Perusahaan pengantaran, UPS, juga mengumumkan awal dari pengantar pengiriman model itu. 5G akan memungkinkan mobil dikendalikan dari jarak jauh atau bahkan menyetir sendiri.Ini akan menghentikan kecelakaan dari terjadi karena kendaraan dapat melihat bahaya dan merespons lebih cepat daripada yang bisa dilakukan manusia,ujar Tafazolli.

Mobil pengemudi yang cerdas di bawah kendali komputer juga akan mampu membantu pengguna mobil.Namun, kekhawatiran telah dikemukakan tentang kemungkinan efek jangka panjang dari radiasi elektromagnetik pada manusia, tanaman, dan hewan dari hasil peningkatan besar dalam jumlah tiang 5G, kata dia.

 

Pabrik Cerdas 

Dari Ex Machina kethe Terminator, telah banyak fiksi ilmiah yang menggambarkan pabrik akan dijalankan robot dan AI yang melakukan berbagai pekerjaan. Jaringan berkecepatan tinggi akan membantu alat berat berkomunikasi dengan begitu cepat dan lancar sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan, seperti memuat kotak atau menjahit pakaian dengan lebih efisien daripada manusia.

Raksasa telekomunikasi, Ericsson, telah menciptakan salah satu "pabrik pintar" otomatis yang sepenuhnya otomatis. Pabrik ini memproduksi radio advanced antenna systemdan dibuka di Texas. Para ahli mengatakan, 5G akan membuat perusahaan industri jauh lebih produktif dan efisien.

Karena, mereka akan membangun pasukan cyborgyang dapat memproduksi produk dalam waktu singkat dan dengan lebih sedikit kesalahan. Editor the Sun Daniel Jones menjelaskan, Inggris kini memimpin dengan adopsi teknologi 5G.

Dengan salah satu jaringan terbesar dan tercepat, perusahaan-perusahaan Inggris dapat memimpin dalam penciptaan gawai dan layanan yang memanfaat kan berbagai teknologi. Raksasa teknologi, seperti Apple dan Amazon, pun akan membuat dan menguji teknologi barunya di Inggris. Tanpa Huawei, Inggris masih akan mendapatkan 5G, tetapi peluncurannya akan sangat tertunda. Namun, betapa fantastis bahwa banyak dunia baru ini akan datang dari otak Inggris, kata Jones.

Tafazolli mengatakan, robot memang memiliki keunggulan dibandingkan manusia karena dapat bekerja 24 jam dalam tujuh hari. Dengan teknologi itu, ada pabrik otomatis yang melakukan tugas kasar.

Sementara, manusia akan dapat berkonsentrasi pada hal-hal yang lebih kreatif. Ini akan mulai terjadi 18 bulan dari sekarang dan saya berharap itu akan menjadi biasa dalam beberapa tahun, setelah peraturan yang mengaturnya ada, ujar dia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat