Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin. | Republika/Putra M. Akbar

Khazanah

Tarhib dan Indonesia Berzikir Sambut Ramadhan

Tarhib dan Indonesia berzikir merupakan bagian dari ikhtiar batin.

  

JAKARTA – Pemerintah melalui kerja sama dengan sejumlah pihak menggelar Tarhib Ramadhan dan Indonesia Berzikir pada Kamis (16/2). Kegiatan yang akan digelar secara daring mulai pukul 19.30 sampai 20.30 WIB ini diikuti seluruh komponen umat secara nasional, ormas Islam, dan instansi pemerintah.  

"Acara ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan sekaligus mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk berdoa, berzikir, dan bermunajat agar pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dapat segera berlalu," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin seperti dilansir laman resmi Kemenag, Selasa (14/4).   

Selain itu, kata Kamaruddin, kegiatan ini juga merupakan bagian dari ikhtiar batin sebagai bangsa yang religius setelah proses upaya lahir melalui penanganan medis terus dilakukan.   

Tarhib Ramadhan dan Indonesia Berzikir akan dipimpin oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Kegiatan ini merupakan kerja bersama lintas kementerian/lembaga, mulai dari BNPB sebagai leading sector penangangan virus korona (Covid-19), Kemenag, Kemenkominfo, MUI, TVRI, dan lembaga-lembaga terkait lainnya.  

"Jalannya acara akan dilangsungkan oleh TVRI serta live streaming dari medsos Kemenag, BNPB, dan MUI," jelasnya.   

Kamaruddin menambahkan, para ulama dari sejumlah daerah di Indonesia juga akan mengikuti zikir bersama ini. Mereka akan berzikir dari kediaman masing-masing dan ikut bergabung melalui aplikasi pertemuan daring. Hal ini dimaksudkan agar proses zikir tetap menjaga physical distancing dan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.  

Meski saat ini tengah terjadi wabah Covid-19, pemerintah berharap, masyarakat khususnya umat Islam tetap dapat menyambut bulan suci Ramadhan secara khidmat.  

"Pemerintah juga mengajak seluruh umat untuk dapat mengikuti zikir bersama ini dari rumah masing-masing," katanya.   

Juru Bicara Satgas Covid-19 MUI KH M Cholil Nafis menambahkan, Tarhib Ramadhan dan Indonesia Berzikir ini akan dipandu Ketua Umum MUI nonaktif yang juga Wapres RI KH Ma'ruf Amin, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof Din Syamsuddin, Menteri Agama Fachrul Razi, serta para pimpinan ormas Islam dan tokoh umat.  

Kegiatan ini, lanjut Kiai Cholil, akan disiarkan dari titik fokus acara di Jakarta, yaitu Istana Wapres, kantor MUI Pusat, kantor Kemenag, dan kantor BNPB. Sementara, di daerah akan dilakukan dengan fokus liputan di Indonesia barat, tengah, dan timur.   

“Semuanya dilakukan di rumah masing-masing untuk tetap menjaga jarak fisik (physical distancing),” kata Kiai Cholil Nafis dalam keterangan yang didapat Republika, Rabu (15/4).  

Mengenai urgensi dan relevansi kegiatan ini, Kiai Cholil menjelaskan, hal itu untuk meminta perlindungan Allah SWT dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta menggugah kesadaran umat untuk bermuhasabah, berzikir, dan bertobat kepada Allah SWT. 

“Sikap tawakal dalam menghadapi musibah pandemi Covid-19 adalah melakukan ikhtiar kemanusiaan seraya memanjatkan doa dan tobat kepada Allah SWT,” katanya. n ed: wachidah handasah

  

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat