Sebuah mobil berada di gerbang masuk saat penutupan Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020). | ANTARA

Bodetabek

28 Mar 2020, 02:00 WIB

Empat Mal di Bogor Tutup

 

BOGOR -- Sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Kota Bogor ditutup sementara untuk mendukung upaya antisipasi persebaran virus korona jenis baru (Covid-19). Setidaknya terdapat empat mal besar di Kota Bogor yang telah menyatakan penutupan sementara, yakni Botani Square Mall, Mall BTM Bogor, Lippo Plaza Keboen Raya, dan Lippo Plaza Ekalokasari Bogor.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menurunkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tidak mengeluarkan edaran untuk penutupan tempat perbelanjaan. Namun, dia menjelaskan, pihaknya hanya melakukan koordinasi agar jam operasional mal mulai dikurangi.

"Kota Bogor sudah mengoordinasikan dengan pemilik mal untuk mengurangi aktivitas mal, alhamdulillah direspons, meskipun kita tidak mengeluarkan edaran penutupan tetapi oleh para pengelola mal direspons dengan baik," kata Dedie, Jumat (27/3).

Dedie mengungkapkan, para pemilik mal menyadari bahwa pentingnya mengurangi interaksi antarorang di komunitas dan ruang publik (social distancing). Para pemilik mal lebih memilih untuk menutup mal sebagai dukungan terhadap pemerintah untuk memerangi wabah Covid-19.

Kendati demikian, Dedie menyatakan, pihaknya tetap menyarankan agar tempat perbelanjaan yang menyediakan kebutuhan pokok dapat menjalankan operasional. Dengan catatan, kata dia, jam operasional dapat dikurangi.

Selain itu, Dedie mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Pakuan Jaya. Dia meminta, aktivitas pasar yang dikelola PD Pasar Pakuan Jaya juga dapat dikurangi jam operasionalnya.

"Kita juga meminta PD Pasar untuk mengatur operasional pasar pasar, tidak bisa lagi pasar beroperasi 24 jam misalnya kan. Ini sedang kita koordinasikan dengan PD Pasar untuk mencari solusi suapaya perkembangan Covid-19 semakin ditekan," kata dia.

Botani Square Mall telah menyatakan penutupan sementara mulai 26 Maret 2020 sampai 7 April 2020. Namun, untuk Giant Supermarket dan sejumlah mal lainnya tetap diperbolehkan beroperasi pada pukul 11.00 WIB-20.00 WIB.

Mall BTM Bogor juga melakukan hal yang serupa. Mulai 28 Maret sampai 7 April, mal akan ditutup sementara waktu. Kedua mal itu akan kembali dibuka pada 8 April 2020. Alasan penututpan tersebut, yakni sebagai upaya dukungan mal kepada pemerintah untuk memerangi persebaran Covid-19.

Sementara, Mall Director Lippo Plaza Keboen Raya dan Lippo Plaza Ekalokasari Bogor Henky Hiantoro mengungkapkan, telah mengeluarkan surat edaran penutupan mal sementara sejak 27 Maret hingga 9 April 2020. Henky menjelaskan, penutupan itu juga sebagai upaya dukungan terhadap pemerintah untuk menekan persebaran Covid-19 melalui work from home dan social distancing.

Namun, dia menjelaskan, sebagian tenant supermarket dan layanan penting akan tetap beroperasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. "Kami juga tetap akan mendukung tenan yang melayani delivery online guna membantu masyarakat yang sedang melakukan program tinggal di rumah dan support ojek online," ujar Henky.

Selain itu, dia mengatakan, akan menjadwalkan ulang pembayaran sewa tenant di Lippo Plaza Keboen Raya dan Lippo Plaza Ekalokasari Bogor. Dia menyatakan, tak akan ada sanksi yang dikenakan bagi tenant yang telat membayar sewa. Asalkan, kata dia, tenant mengajukan surat permohonan kepada leasing manager.

"Juga pembebasan biaya sewa selama periode penutupan sementara mal jika jika tenant dapat buka kembali bersama tanggal pembukaan pada 10 April 2020," ucap dia.

Dengan kebijakan tersebut, Henky berharap tenant dapat memenuhi gaji karyawan dan mengurangi risiko PHK. Menurut Henky, tetant harus tetap memprioritaskan para karyawan. n 


×