Ekonomi
bjb DigiCash, Permudah Transaksi Customer Kedai Cha Malaka
Konsumen pelajarpun sudah terbiasa menggunakan QRIS bjb
Jika bicara Kota Bandung, maka tidak akan luput dari identitasnya sebagai ‘surga kuliner’. Selain kuliner, kafe atau restorannyapun turut memperkuat Bandung sebagai kota kuliner.
Salah satunya adalah Kedai Cha Malaka, yang berdiri pada tahun 2023. Lokasinya terletak di Jalan PHH Mustofa 132 B, Kelurahan Sukapada, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, tepatnya di depan SMP Yayasan Atikan Sunda (YAS). Setiap harinya Kedai Cha Malaka buka pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Pemilik Kedai Cha Malaka Ria G Robert (62 tahun) menjelaskan, kata Cha Malaka memiliki Minuman Teh Malaysia. Cha diartikan teh dan Malaka yaitu suatu tempat di Malaysia. "Bisnis kami diawali dengan menjual minuman ringan dari teh yang disukai anak-anak muda maupun orang tua," ujarnya.
Varian minuman teh yang dijual di Cha Malaka, di antaranya Matca Green Tea, Thai Tea, Teh O, Milo Tarik, permen karet, Kopi Cingcau, Coklat Tarik, Kopi Tarik, serta Teh Tarik. Selain menjual minuman teh, Kedai Cha Malaka juga menjual berbagai makanan seperti baso bakar, tomyang, sosis bakar, kentang bakar, kebab, mie rebus dan mie goreng.

Untuk makanan dan minuman di Kedai Cha Malaka dibandrol sesuai kantong anak sekolah. Kisaran hargannya mulai Rp 5.000 sampai 15.000. "Konsumen kami memang kebanyakan anak sekolah," tambahnya.
Belum lama ini, Kedai Cha Malaka meluncurkan produk Nasi Kepal. Menu ini sengaja dihadirkan sebagai solusi sarapan ekspres. Menu ini terdiri dari nasi seukuran kepalan tangan yang dicampur bumbu khas Cha Malaka.
Adapun varian rasa nasi kepal di antara rasa ayam balado, rasa baso teriyaki, rasa ayam kecap, tongkol kemangi dan beef bulgogi. Harganya hanya Rp 8 ribu per porsi . "Alhamdulilah, omset kami setiap bulan mencapai jutaan rupiah," ujar Ria.

Perjalanan bisnis Kedai Cha Malaka tidak terlepas dari peran bank bjb. Salah satu yang memudahkan konsumen Cha Malaka, yakni pada sistem pembayarannya. Pengelola Kedai Cha Malaka menggunakan layanan bjb DigiCash pada sistem pembayarannya.
bjb DigiCash merupakan layanan yang digunakan oleh nasabah maupun non nasabah, dengan memanfaatkan teknologi berbasis mobile application yang berfungsi multiguna. Melalui bjb DigiCash, ungkap Ria, setiap transaksi menjadi lebih mudah.
Saat ini, eranya masyarakat tidak membawa banyak uang cash atau tunai. "Sudah eranya menggunakan sistem pembayaran yang cashless. Cara itu lebih nyaman dan aman," tuturnya.
bjb DigiCash sudah dilengkapi fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Melalui QRIS, pelanggan cukup scan stiker barcode melalui ponselnya. Kelebihan lainnya, saldo berupa uang elektronik yang tersimpan di bjb DigiCash, tidak memiliki masa berlaku.
bjb DigiCash juga akan tetap aktif walaupun saldonya Rp 0. Untuk top up saldo, dapat dilakukan pada aplikasi dan loket yang tersedia, dengan tujuan rekening sesuai dengan nomor telepon selular.
Sementara untuk top up dari bank lain, dapat memilih menu transfer antar bank, pilih bank bjb (110), lalu masukkan kode 0041+nomor handphone. Saldo maksimal yang bisa tersimpan di aplikasi bjb DigiCash sebesar Rp 2 juta.
Untuk layanan bjb DigiCash yang terdaftar (registered), dapat menyimpan saldo hingga Rp 10 juta. Dalam sebulan, batas maksimal incoming top up, transfer, refund sebesar Rp 20 juta. Sementara batas maksimal dalam satu kali transaksinya sebesar Rp 2 juta.
Saat transaksi menggunakan bjb DigiCash, konsumennya dapat menggunakan fitur Purchase QR Code Methode. Purchase QR Code Methode yaitu cara pembelanjaan di berbagai merchant dengan metode QR Code/QRIS, atau memakai fitur fund transfer. Dengan begitu, konsumen dapat melakukan transfer sesama bjb DigiCash dan rekening bank bjb secara lebih cepat.
Pihaknya merasa beruntung dengan adanya bjb Digicash. "Saya ucapkan terimakasih kepada bank bjb yang telah menyediakan layanan bjb DigiCash, sehingga bisnis kami dimudahkan dan tumbuh," tandas Ria.
adv
Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.