Hj. Ratna Dewiyani, S.Pd Batik Miranti Majalengka | bjb

Ekonomi

Batik Miranti Majalengka Tumbuh Bersama bjb DigiCash

Sistem pembayaran via bjb DigiCash Kian Memikat konsumen 
photo
Batik Miranti Majalengka - (Republika)

 

Selalu ada keindahan dalam tradisi, begitu pula dengan Batik Majalengka. Perpaduan anggun antara warisan budaya dan sentuhan modernitas tampak pada setiap motif dan alur benang pada Batik Majalengka.

Batik Miranti Majalengka lebih dari sekadar busana. Batik ini mencerminkan kebanggaan akan warisan budaya dan keelokannya. Yang lebih utama, Batik Miranti Majalengka nyaman saat dikenakan. Corak yang tampak indah dan spirit budaya terlihat jelas pada Batik Miranti Majalengka.

photo
Batik Miranti Majalengka - (Republika)
 

Batik Miranti berdiri sejak 2015. Lokasinya terletak di Jalan KH. Abdul Halim, Desa Munjul, Kecamatan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Setiap harinya, butik Batik Miranti Majalengka beroperasi mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB.

Pemiliknya bernama Hj. Ratna Dewiyani, S.Pd (55 tahun). Ratna menceritakan awal perjalanan bisnis yang lahir dari hobinya, yakni menggambar dan senang mengenakan batik.  ‘’Lebih dari itu, batik merupakan  warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan,’’ ujarnya.

photo
Hj. Ratna Dewiyani, S.Pd - (Republika)
 

Hal lain yang melatarbelakangi Ratna dalam berbisnis batik, yakni harapan memberdayakan ekonomi masyarakat yang di Majalengka. Ratna sengaja ibu-ibu dan anak-anak putus sekolah, untuk terlibat dalam produksi batik. Dengan cara begitu, maka mereka mendapatkan penghasilan setiap bulannya. 

Dalam menjalankan bisnisnya, Ratna  dibantu oleh 50 orang karyawan yang dikaryakan dalam proses produksi dan pemasaran. Batik Miranti Majalengka menawarkan berbagai macam jenis kain dan motif  khas Indonesia. Mulai dari batik formal, batik lengan panjang dan pendek, casual baik tradisional dan batik modern, batik tulis, sogan, batik couple dan lainnya.

Adapun motif batik yang sudah diproduksinya, antara lain bagjarahaja mix beras, genting mix wuwung, viscose, durian sinapel, kopi, mix kacang, payung, batik tulis nyirambut kasih, batik tulis delman, dan manuk dadali.

Produk Batik Miranti Majalengka mulai dibandrol dengan harga Rp 50 ribu hingga di atasnya. Setiap bulannya, Batik Miranti Majalengka mampu menjual ribuan  piece batik, baik yang secara penjual offline maupun online.

photo
Batik Miranti Majalengka - (Republika)

Selain konsumen perorangan, Batik Miranti Majalengka juga banyak menerima order dari pemerintah daerah di seluruh Indonesia. "Alhamdulilah, Batik Miranti juga mendapatkan kepercayaan tingkat nasional berupa seragam yang didistribusikan di seluruh Indonesia," tambah Ratna.

Batik Miranti Majalengka memroduksi kaos khas dengan tema Mulang Sarakan yang banyak dijadikan merchandise Majalengka. Harapannya, kata Ratna, setiap wisatawan akan kembali ke Majalengka untuk membeli produk Batik Miranti Majalengka.

Selain kualitas produk, konsumen Batik Miranti Majalengka juga dinyamankan dengan sistem transaksinya. Pengelola Batik Miranti sengaja memilih layanan bjb DigiCash pada sistem pembayarannya. bjb DigiCash merupakan layanan yang digunakan oleh nasabah maupun non nasabah, dengan memanfaatkan teknologi berbasis mobile application yang berfungsi multiguna.

Melalui bjb DigiCash, Ratna dan konsumennya banyak mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi. Saat ini, eranya masyarakat tidak membawa banyak uang cash atau tunai. "Sudah eranya menggunakan sistem pembayaran yang cashless. Cara itu lebih nyaman dan aman,’’ paparnya.

photo
Batik Miranti Majalengka - (Republika)

bjb DigiCash sudah dilengkapi fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Melalui QRIS, pelanggan cukup scan stiker barcode melalui ponselnya. Kelebihan lainnya, saldo berupa uang elektronik yang tersimpan di bjb DigiCash, tidak memiliki masa berlaku.

bjb DigiCash juga akan tetap aktif walaupun saldonya Rp 0. Untuk top up saldo, dapat dilakukan pada aplikasi dan loket yang tersedia, dengan tujuan rekening sesuai dengan nomor telepon selular.

Sementara untuk top up dari bank lain, dapat memilih menu transfer antarbank, lalu pilih bank bjb (110) dan masukkan kode 0041+nomor handphone. Saldo maksimal yang bisa tersimpan di aplikasi bjb DigiCash sebesar Rp 2 juta.

Sementara untuk layanan bjb DigiCash yang terdaftar (registered), dapat menyimpan saldo hingga Rp 10 juta. Dalam sebulan, batas maksimal incoming top up, transfer, refund sebesar Rp 20 juta. Sementara batas maksimal dalam satu kali transaksinya sebesar Rp 2 juta.

Saat transaksi menggunakan bjb DigiCash, konsumennya dapat menggunakan fitur Purchase QR Code Methode. Purchase QR Code Methode yaitu cara pembelanjaan di berbagai merchant dengan metode QR Code/QRIS, atau memakai fitur fund transfer. Dengan begitu, konsumen dapat melakukan transfer sesama bjb DigiCash dan rekening bank bjb secara lebih cepat.

Pihaknya merasa beruntung karena mendapatkan kepercayaan dari bank bjb dalam menggunakan bjb Digicash. "Saya ucapkan terimakasih kepada bank bjb yang telah menyediakan layanan bjb DigiCash, sehingga bisnis kami dimudahkan dan tumbuh," tandasnya. 

Batik Miranti Majalengka - (Republika)

  ​

Adv

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat