Para pemain timnas U-16 menjalani latihan di Lapangan B Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2024). | PSSI

Sepak Bola

Nova Arianto Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas U-16

Timnas U-16 dipersiapkan untuk perhelatan Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17.

JAKARTA -- PSSI menunjuk Nova Arianto sebagai pelatih kepala timnas Indonesia U-16. Mulai Senin (19/2/2024), Nova pun mulai melakukan seleksi pemain untuk pembentukan tim.

Rangkaian seleksi dan pemusatan latihan tim U-16 ini adalah sebagai bagian dari persiapan tim menyambut perhelatan Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17. Proses seleksi dan pemusatan latihan digelar di Lapangan B, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pada seleksi perdana gelombang 1 yang berlangsung pada pagi hari, Direktur Teknis PSSI yang juga pelatih timnas U-20 Indra Sjafri memantau tahapan seleksi secara langsung.

photo
Pelatih Indra Sjafri. - (Republika/Agung Supriyanto)

"Saya hadir melihat langsung seleksi U-16. Jadi, saya memang ditugaskan Ketum untuk bertanggung jawab atas tim U-20 dan U-17. Namun, saya hanya fokus sebagai pelatih kepala di tim U-20. Untuk U-17, saya mendelegasikan Nova Arianto sebagai pelatih kepala tim," kata Indra, dikutip dari laman PSSI.

Indra mengatakan, salah satu alasannya menunjuk Nova sebagai pelatih tim U-16 adalah karena ingin adanya regenerasi pelatih di Indonesia. "Berbeda dengan Shin Tae-yong yang menangani dua tim sekaligus sebagai pelatih kepala (senior dan U-23), di sini saya ingin adanya regenerasi kepelatihan," ujar Indra.

Dalam kesempatan yang sama, Nova pun mengucapkan rasa terima kasihnya telah diberi kepercayaan untuk menangani timnas U-16. "Terima kasih PSSI dan pelatih Indra Sjafri yang telah memberikan kepercayaannya kepada saya untuk mengemban tugas menangani tim U-16," katanya. "Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kita akan memperbaikinya dari bawah agar pemain bisa lebih siap saat masuk di level teratas nantinya."

Nova Arianto saat ini telah mengantongi sebanyak 32 nama yang terpilih untuk mengikuti seleksi tim U-16 gelombang pertama di Jakarta. "Kita lakukan seleksi hingga 21 Februari. Saya bersyukur dan senang bisa berada di tim ini," kata Nova.

Ia menyampaikan terima kasih kepada PSSI yang mempercayainya melatih tim U-16 serta dukungan dari pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. Nova Arianto berkomitmen menyiapkan kualitas pemain muda Indonesia secara baik agar nantinya lebih siap untuk masuk ke level yang lebih tinggi.

Sesi seleksi dan latihan Tim U-16 gelombang pertama dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pukul 08.00-10.00 WIB dan pukul 16.00-18.00 WIB.

photo
Pelatih Timnas U-16 Nova Arianto memimpin latihan di Lapangan B Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2024). - (PSSI)

Adapun 32 nama beserta posisi pemain yang terpilih ikut seleksi dan pemusatan latihan, di antaranya adalah M Fachrul Rizal, Daffa Aditya, Moch Robby Breitner, dan Agmeka Zidane untuk posisi kiper.

Di posisi bek ada Kevin Abigael, Marthquin Gustavo, Gifary Kamarul Al Arif, Lintang Shahara, Rezq Wahyu, Jernih Awan, Anton Njurahyar, Arfin Syahputra, M Damar Hartono, Muhammad Reffi, M Fahri Ardian, dan Alzhio Tanaka.

Kemudian, di posisi gelandang ada Valentino Santo Wagiu, Samuel Cundrad, Gilang Ramadhan, Ananta Agam, Bintang Pratama, Muhammad Raffi, Yulius Stenlly.

Sementara itu, di posisi penyerang ada M Raffy Adira, M Fahri Putra, M Zico Zaglul, Hafif Afan, Paulinus Apli Kapi, Akhtaruzzaman Caesar, M Chaerun Azzam, Rama Arifudin, dan M Keanu Khanza.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat