Nelayan membawa ikan hasil tangkapan dari atas kapal Slerek di Pelabuhan Perikanan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (6/4/2022).Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) DPC Banyuwangi Hasan Basri mengatakan jumlah kapal tradisional Slerek (suami-istri) yang dalam melaut selalu berpasangan itu pada tahun 1992 sebanyak 192 pasang kapal, namun saat ini jumlahnya terus menurun hanya 50 kapal yang tersisa dikarenakan semakin turunnya hasil tangkapan. | ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/rwa.

Opini

Pengangguran Wilayah Kepulauan

Pemberdayaan wirausaha lokal juga dapat menjadi solusi efektif.

Oleh JEFRI TIPKA, Statistisi Ahli Muda BPS Provinsi Maluku

"Tingginya pengangguran di wilayah kepulauan mendorong perlunya tindakan strategis dalam meningkatkan akses pendidikan, pelatihan, dan pengembangan sektor industri lokal." Masalah pengangguran menjadi tantangan serius karena bersifat multidimensi, melibatkan aspek-aspek ekonomi, sosial, dan pendidikan. Dalam menghadapi isu ini, perlu dilakukan analisis menyeluruh terhadap faktor yang memengaruhi tingkat pengangguran, sehingga solusi yang...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bocah Enam Tahun yang Hilang Sudah Syahid Usai Ditembak Tank Israel

Hind Rajab ditemukan tewas bersama dua petugas medis yang dikirim untuk mencarinya

SELENGKAPNYA

Penyalin Kitab dari Kalangan Non-Muslim

Seorang Yahudi pun masuk Islam setelah mencoba menambah dan mengurangi isi Alquran.

SELENGKAPNYA

Gambar Bung Karno dan Simbol Tangan

Pada 1992 penggunaan simbol tangan untuk melambangkan partai politik makin populer.

SELENGKAPNYA

167 Snouck

Agama dipakai sebagai komoditas. Agama dipolitisasi buat kekuasaan.

SELENGKAPNYA