Funscience, 18 Desember 2023 | KPM

Funscience

SCIENCE: Apakah air dan minyak dapat bersatu?

Adik-adik, sekarang kita bereksperimen yuk.

Pernahkah adik-adik berpikir bahwa adakah cara agar air dan minyak bersatu? Tentunya membuat kalian penasaran, kan? Yuk, kita ikuti keseruan eksperimen Nala dan Ria berikut ini.

 

Apa tujuan dari eksperimen ini?

Adik-adik dapat memahami sifat-sifat campuran minyak dan air serta mengamati interaksi antara keduanya.

 

Apa saja alat dan bahan yang disiapkan?

photo
Alat dan bahan eksperimen - (KPM)
 
 

Bagaimana cara melakukan eksperimen ini?

 
photo
Langkah Percobaan - (KPM)
 

Mungkin kalian penasaran dengan hasilnya, kan? Ayo perhatikan penjelasan berikut ini.


Minyak terbuat dari molekul nonpolar, artinya tidak dapat larut dalam air. Air terbuat dari molekul polar yang dapat melarutkan molekul polar lainnya. Sabun terbuat dari molekul yang memiliki ujung hidrofilik (“suka air”) dan ujung hidrofobik (“takut air”).

 

Tanpa sabun, air dan minyak tidak dapat berinteraksi karena keduanya tidak seperti molekul. Ketika menambahkan sabun ke dalam campuran, ujung hidrofobik dari molekul sabun memecah molekul minyak nonpolar, dan ujung hidrofilik dari molekul sabun bergabung dengan molekul air polar. Sekarang sabun telah menghubungkan lemak dan air, molekul lemak non-polar dapat dibawa oleh molekul air polar dan bisa tercampur. Begitu penjelasannya, adik-adik.

 
Bagaimana adik-adik? Seru banget ya melakukan eksperimen ini? Sampai jumpa dengan eksperimen sains menarik lainnya.

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat