Seorang anak mengenakan masker saat mengendarai sepedanya pada ahari yang tenang di taman Danau Timur, Wuhan, Hubei, Cina, Kamis (2/4). Virus Corona baru menyebabkan gejala ringan atau sedang, seperti demam dan batuk yang hilang dalam dua hingga tiga ming | Ng Han Guan/AP

Medika

Mengenal Varian Covid-19 EG.5, Perlukah Waspada?

Risiko kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh EG.5 dinilai rendah di tingkat global.

Kasus lonjakan Covid-19 di Singapura menjadi sorotan beberapa hari terakhir. Sebagian besar disebabkan oleh varian EG.5. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), EG.5 pertama kali dilaporkan pada 17 Februari 2023 dan ditetapkan sebagai varian dalam pemantauan (VUM) pada 19 Juli 2023.

EG.5 membawa mutasi asam amino F456L tambahan pada protein lonjakan dibandingkan dengan induk XBB.1.9.2 subvarian dan XBB.1.5. Dalam garis keturunan EG.5, subvarian EG.5.1 memiliki mutasi lonjakan tambahan Q52H dan mewakili 88 persen dari rangkaian yang tersedia untuk EG.5 dan garis keturunannya.

Berdasarkan bukti yang ada, risiko kesehatan masyarakat yang ditimbulkan oleh EG.5 dinilai rendah di tingkat global selaras dengan risiko yang terkait dengan XBB.1.16 dan VOI lain yang beredar saat ini. Meskipun EG.5 telah menunjukkan peningkatan prevalensi, keunggulan pertumbuhan, dan sifat lolos dari kekebalan tubuh, belum ada perubahan yang dilaporkan dalam tingkat keparahan penyakit. 

photo
Petugas kesehatan mengoperasikan sejumlah alat medis di ruangan ICU Khusus Covid-19 di RSUD dr Pirngadi Medan, Kota Medan, Sumatra Utara, Jumat (3/9/2021). Ruangan ICU tersebut merupakan bantuan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan yang diperuntukkan untuk merawat pasien Covid-19 dengan gejala berat dan difasilitasi 20 tempat tidur, fasilitas cuci darah bagi pasien dengan komorbid penyakit ginjal. - (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/aww.)

Karena keunggulan pertumbuhannya dan karakteristik pelepasan kekebalannya, EG.5 dapat menyebabkan peningkatan kejadian kasus dan menjadi dominan di beberapa negara, bahkan secara global. 

Gejala Varian Baru

Dikutip dari Yale Medicine, gejala yang ditimbulkan tidak jauh berbeda dengan varian lain. Seperti strain omikron lainnya, EG.5 cenderung menginfeksi saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan pilek, sakit tenggorokan, dan gejala mirip pilek lainnya dibandingkan dengan gejala saluran pernapasan bagian bawah.

Namun, orang berusia 65 tahun ke atas atau yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah berisiko lebih tinggi menularkan virus ke saluran pernapasan bagian bawah sehingga menyebabkan penyakit parah. Bagaimana orang dapat melindungi diri mereka dari SARS-CoV-2 dan virus lainnya pada musim dingin ini?

photo
Seorang pria lanjut usia yang mengenakan masker menunggu bus, di Beijing, Cina, 21 Agustus 2023. Substrain EG.5 dari varian omikron telah menjadi sumber infeksi Covid-19 yang paling menonjol di seluruh Cina, seiring dengan jumlah infeksi yang disebabkan oleh virus korona. EG.5 telah meningkat menjadi 71,6 persen pada bulan Agustus dari hanya 0,6 persen pada bulan sebelumnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Cina pada 19 Agustus.- ( EPA-EFE/WU HAO)

Antisipasi terhadap tiga virus, SARS-CoV-2, influenza, dan virus pernapasan syncytial (RSV) yang menyerang secara bersamaan pada musim dingin telah berkontribusi terhadap ketakutan akan terjadinya “tripledemik” selama tiga tahun terakhir. Tahun ini, harus ada perlindungan yang lebih baik melalui vaksin Covid-19 terbaru dan alat pencegahan baru untuk RSV.

Perawatan untuk anak kecil, mencakup antibodi monoklonal dan satu vaksin yang diberikan kepada wanita hamil untuk memberikan antibodi yang kemudian akan melindungi bayi mereka. Mengikuti pola tahun-tahun sebelumnya, peningkatan kasus Covid-19 sepertinya akan terlihat pada musim dingin.

Namun, EG.5 merupakan jenis virus ringan sehingga ketersediaan pengobatan, seperti Paxlovid dan suntikan booster baru akan berpengaruh. Bagi mereka yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah karena berusia 50 tahun ke atas, memiliki sistem imun yang lemah, atau memiliki kondisi medis yang mendasarinya, seperti obesitas atau gangguan paru obstruktif kronik (PPOK) disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan.

Upaya perlindungan, seperti menghindari orang yang sakit dan memakai masker saat berada di antara orang-orang di ruang terbatas dapat membantu. Namun, vaksin Covid-19 masih menjadi cara efektif untuk pencegahan. 

Masyarakat Perlu Waspada 

photo
Warga penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) menunggu obat di Puskesmas Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (29/8/2023). Data penderita ISPA di Jakarta imbas kualitas udara yang buruk mengalami lonjakan. Menurut kementerian kesehatan bahwa pasien ISPA di Jakarta mencapai 200 ribu orang, padahal sebelum pandemi Covid-19 hanya 50 ribu pasien. Mengutip data IQAir polusi udara menyebabkan 8.100 kematian di Jakarta selama 2023 serta membawa kerugian sekitar Rp 32,09 triliun. - (Republika/Wihdan Hidayat)


Pakar pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, tren peningkatan laju kasus Covid-19 di Indonesia dan sejumlah negara lain masih perlu diwaspadai, meski secara global menurun. "Memang jelas kita perlu waspada, tetapi pada saat yang sama maka analisis ilmiah perlu dilakukan secara mendalam. Jangan cepat mengambil kesimpulan berdasar data dan informasi yang belum memadai," kata dia dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.


Ia mengatakan, angka kasus Covid-19 secara global sedang menunjukkan penurunan, sesuai dengan publikasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per akhir November 2023. Publikasi itu membandingkan data laju kasus per 28 Oktober hingga 19 November 2023 dengan 28 hari sebelumnya yang menunjukkan ada penurunan kasus 13 persen dan angka kematian menurun 72 persen.


Pada saat yang bersamaan, kata dia, terjadi kenaikan kasus Covid-19 di Singapura, Malaysia, dan Indonesia dalam sepekan terakhir. WHO, katanya, telah menyatakan penurunan angka kasus Covid-19 global jangan diinterpretasikan kasus Covid-19 sudah sepenuhnya menurun di dunia.

photo
Tenaga kesehatan memeriksa warga penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di Puskesmas Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (29/8/2023). Data penderita ISPA di Jakarta imbas kualitas udara yang buruk mengalami lonjakan. Menurut kementerian kesehatan bahwa pasien ISPA di Jakarta mencapai 200 ribu orang, padahal sebelum andemi Covid-19 hanya 50 ribu pasien. Mengutip data IQAir polusi udara menyebabkan 8.100 kematian di Jakarta selama 2023 serta membawa kerugian sekitar Rp 32,09 triliun. - (Republika/Wihdan Hidayat)


Guru besar Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI itu mengatakan, penyebab penurunan kasus Covid-19 masih perlu dianalisis mendalam. "Analisis itu meliputi peningkatan imunitas karena alamiah tertular atau vaksinasi, apakah secara umum pelayanan kesehatan membaik, atau tentu bisa juga karena sistem pencatatan," katanya.


Tjandra yang juga mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu, menyebut penyebab spesifik kenaikan kasus di Indonesia, Malaysia, dan Singapura juga perlu dianalisa. Terdapat sejumlah kombinasi dari beberapa faktor yang memengaruhi laju kasus Covid-19, yakni penurunan imunitas karena situasi penularan alami sudah rendah atau vaksinasi sudah lama dilakukan. "Apalagi kalau belum lengkap atau rendah cakupan 'booster'-nya (penguat), seperti di negara kita," ujarnya.

photo
Seorang pria membawa seorang anak ke rumah sakit anak-anak umum di Beijing, Cina, 27 November 2023. Kementerian kesehatan Cina mengatakan lonjakan penyakit pernapasan tidak disebabkan oleh virus baru tetapi disebabkan oleh berbagai virus seperti influenza, rhinovirus, virus pernapasan syncytial, dan adenovirus. Kementerian Kesehatan Cina meminta pihak berwenang untuk meningkatkan jumlah klinik demam untuk mengatasi lonjakan penyakit pernapasan pada musim dingin pertama sejak penghapusan pembatasan Covid-19.- (EPA-EFE/MARK R. CRISTINO)


Selain itu, kata Tjandra, secara umum pelayanan kesehatan sedang banyak menghadapi masalah infeksi paru dan saluran napas, karena masuk musim hujan. "Tentu bisa juga karena sistem pencatatan, misalnya, karena berita di Singapura, maka sekarang jadi lebih banyak orang memeriksa Covid-19 dan lainnya atau bisa juga karena angkanya memang sedang naik," katanya.


Kementerian Kesehatan melaporkan kasus harian Covid-19 di Indonesia bertambah 35-40 kasus per 6 Desember 2023, dengan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit tercatat 60-131 orang. Situasi itu memicu tingkat keterisian rumah sakit saat ini 0,06 persen dan angka kematian nol hingga tiga kasus per hari.


Kenaikan kasus ini didominasi oleh subvarian omikron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi Covid-19 di Eropa dan Amerika Serikat. Selain itu, juga dideteksi subvarian EG2 dan EG5. Meskipun ada kenaikan, kasus itu masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan saat pandemi yang mencapai 50 ribu-400 ribu kasus per pekan.

 

 
Pelayanan kesehatan sedang banyak menghadapi masalah infeksi paru dan saluran napas, karena masuk musim hujan. 
 
PROF TJANDRA YOGA ADITAMA, Pakar Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 
 
 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Berpulangnya Panglima Perang Melawan Covid-19

Doni Monardo berpulang kembali kepada Tuhan Sang Pencipta pada Ahad (3/12/2023).

SELENGKAPNYA

Kembali Terapkan Prokes Zaman Covid-19 untuk Cegah Mycroplasma Pneumoniae

Pneumonia akibat Mycroplasma Pneumoniae sebenarnya sudah lama ada di Indonesia

SELENGKAPNYA