Beberapa tempat wisata di Thailand Selatan. Pemerintah Thailand mengembangkan pariwisata di Thailand Selatan yang merupakan distrik dengan konsentrasi Muslim tertinggi di Negeri Gajah Putih. | Republika/Santi Sopia

Safari

Jalan-Jalan ke Serambi Makkah di Thailand Selatan 

ASEAN Mall di Pattani merupakan mal wakaf pertama untuk menciptakan lapangan kerja. 

Sejumlah tenan tampak menampilkan beberapa aksesori, seperti bendera, baju, hingga kotak donasi bertuliskan Free Palestine dalam acara ASEAN Halal Expo (AHEX) 2023 di ASEAN Mall Pattani, Thailand Selatan. Hal tersebut seakan menggambarkan wilayah Thailand Selatan, khususnya Pattani, yang memberikan dukungan terhadap rakyat Palestina.

Wilayah Pattani sendiri selama ini identik dengan mayoritas Muslim dan kerap dijuluki sebagai Serambi Makkah Thailand Selatan. ASEAN Halal Expo pun menjadi ajang kerja sama Indonesia bersama negara lain, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand Selatan untuk memajukan industri halal.

Suargana Pringganu, Consul/Head of Mission Consulate Republik Indonesia (RI) mengatakan, telah ada memorandum of understanding (MoU) atau kerja sama dengan kelompok pengusaha Muslim Indonesia yang berbasis di Tangerang. Kali ini juga sudah menjadi partisipasi kedua kelompok pengusaha Muslim Indonesia dalam gelaran tahunan tersebut.

photo
Beberapa tempat wisata di Thailand Selatan. Pemerintah Thailand mengembangkan pariwisata di Thailand Selatan yang merupakan distrik dengan konsentrasi Muslim tertinggi di Negeri Gajah Putih. - (Republika/Santi Sopia)

“Saya melihat potensi ke depannya industri halal sangat tinggi karena Thailand Selatan dan Malaysia banyak Muslim. Kita mencatat banyak sekali mahasiswa Indonesia yang datang karena program merdeka belajar, jumlahnya meningkat dan ini akan menciptakan jendela, jalan baru untuk meningkatkan dukungan, tidak hanya di bidang pendidikan, tapi juga sosial, budaya, dan perdagangan,” kata Suargana pada akhir November 2023.

Menurut dia, sejauh ini produk-produk yang banyak diminati dari Indonesia, masih seputar fashion, seperti jilbab, pakaian Muslim, mukena, sarung, dan batik. Kemudian, ada pula produk makanan, kosmetik dan juga melihat potensi lain yang bisa dikembangkan dari bidang kesehatan.

"Bukan hanya pakaian, ada pula banyak makanan halal, seperti produk kemasan biskuit, cokelat asal Indonesia yang juga mulai banyak ditemukan di sini," lanjut dia.

Adapun ASEAN Mall di Pattani merupakan mal wakaf pertama untuk menciptakan lapangan kerja. Namun, kondisinya masih dalam tahap pengembangan karena sempat terhambat pandemi Covid-19. Sejumlah pengusaha Muslim Indonesia pun diundang untuk berpartisipasi meramaikan mal sekaligus mengenalkan produk Indonesia.

photo
Pelancong bisa melakukan wisata religi, kuliner halal, dan menikmati keindahan alam di Thailand Selatan. Ada Pattani yang melarang tempat maksiat, judi, dan memiliki mal wakaf pertama di dunia. Wilayah ini juga dikelilingi beberapa pantai. - (Republika/Santi Sopia)

AHEX 2023 turut diresmikan Associate Professor Dr Ismail Luthfi Japakiya, Rektor Universitas Fatoni, Thailand, mewakili Wan Muhammad Noor Matha, ketua Dewan Rakyat dan Presiden Dewan Negara Thailand serta mantan wakil perdana menteri Thailand. AHEX 2023 dimulai pada 29 November sampai 3 Desember 2023. Perhelatan ini mempertemukan lebih dari 120 pengusaha asal Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Saat ini, ada sekitar 77 juta penduduk Thailand dengan perkiraan sebanyak 5 persen merupakan Muslim. Sekitar 3,8 penduduk Muslim ini berkisar antara 2-2,5 berada di Thailand Selatan. 

“Tersebar di beberapa provinsi atau konsentrasi Muslim tertinggi itu di Pattani, Yala, dan Songkhla, bisa ditemukan produk halal tidak hanya di AHEX, tapi juga di universitas, halal market di Hat Yai, AHEX hanya salah satu expo di Thailand Selatan,” kata Suargana.

photo
Beberapa tempat wisata di Thailand Selatan. Pemerintah Thailand mengembangkan pariwisata di Thailand Selatan yang merupakan distrik dengan konsentrasi Muslim tertinggi di Negeri Gajah Putih. - (Republika/Santi Sopia)

Pemerintah Malaysia juga bertujuan untuk melahirkan lebih banyak wirausahawan ekspor. AHEX 2023 juga telah mendapat kerja sama dari instansi pemerintah, seperti Bank UKM, Kementerian Kewirausahaan dan Pengembangan Koperasi (KUSKOP), Federal Agricultural Marketing Authority (FAMA), dan Kementerian Pertanian. 

AHEX 2023 telah menarik lebih dari 25 perusahaan besar Thailand sebagai pembeli produk halal 50 perusahaan Malaysia dan Singapura. Kegiatan menarik lain yang diadakan meliputi Halal Business Talk, forum, business pitching, business matching, business networking, lomba permainan anak "artera", kompetisi e-sports, dan penampilan nasyid oleh Global Ikhwan.

photo
Pelancong bisa melakukan wisata religi, kuliner halal, dan menikmati keindahan alam di Thailand Selatan. Ada Pattani yang melarang tempat maksiat, judi, dan memiliki mal wakaf pertama di dunia. Wilayah ini juga dikelilingi beberapa pantai. - (Republika/Santi Sopia)

Selain itu, program kesejahteraan bersama dengan AHEX 2023 juga bertujuan untuk membantu masyarakat Pattani. UNITI Foundation bekerja sama dengan UNITI Waqi dan UNITI Asia Retails Co Ltd telah menyumbang kepada lebih dari 200 masyarakat miskin di Pattani dalam program Bantu Pattani untuk meringankan kesulitan mereka. Sementara itu, perusahaan Malaysia, MyMedical HealthCare, menyalurkan donasi berupa layanan khitan gratis kepada anak-anak miskin Pattani di Thailand Selatan.

AHEX yang diadakan setiap tahunnya memberikan kesempatan bagi pengusaha negara ASEAN untuk mengekspor produk halalnya ke Thailand. Diharapkan, langkah ini juga menjadikan ASEAN Mall sebagai "pintu gerbang" produk halalnya untuk menembus pasar di Indochina. 

 

 
Pattani, selama ini identik dengan mayoritas Muslim dan kerap dijuluki sebagai Serambi Makkah Thailand Selatan
 
 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Carbon Passport, Siap Merevolusi Bagaimana Kita Liburan pada Masa Depan

Gagasan paspor karbon berfokus pada jatah karbon tahunan yang harus dipatuhi oleh semua wisatawan.

SELENGKAPNYA

Melirik Keindahan Flores untuk Liburan Mendatang

Diharapkan, lebih banyak lagi penggemar sea kayak di seluruh dunia yang melihat Flores sebagai lokasi yang harus mereka jelajahi.

SELENGKAPNYA