CEO OpenAI Sam Altman bergabung dengan para pemimpin teknologi lainnya menghadiri Forum Wawasan Kecerdasan Buatan (AI) bipartisan Senat di Gedung Senat Russell di Capitol Hill, di Washington, DC, AS, 13 September 2023. Lebih dari 20 raksasa teknologi meng | EPA-EFE/JIM LO SCALZO

Inovasi

Kembalinya Sam Altman dan Berakhirnya Era AI 

Tata kelola dari perusahaan-perusahaan AI tidak dapat diandalkan dan tidak dapat diprediksi.

Bos baru OpenAI kini adalah orang yang sama dengan bos lama. Namun, perusahaan tersebut dan industri kecerdasan buatan (AI) mungkin telah banyak berubah dengan munculnya drama dengan plot twist berisiko tinggi dalam beberapa hari terakhir. 

Sam Altman, CEO, salah satu pendiri dan tokoh OpenAI, dicopot oleh dewan direksi pada Jumat (17/11/2023). Pada Selasa (21/11/2023 ) malam, setelah protes massal oleh mayoritas karyawan di perusahaan rintisan itu, Altman kini resmi kembali ke OpenAI.

Namun, ada sebagian besar dewan direksi yang ada telah hilang. Mereka yang sebagian besar independen dari operasi OpenAI terikat pada pernyataan misi “demi kebaikan umat manusia” sangat penting bagi keunikan perusahaan. 

photo
Kunjungan CEO OpenAI Sam Altman dalam acara bertajuk Conversation with Sam Altman di Grand Ballroom Kempinski, Rabu (14/6/2023). - (Republika/Meiliza laveda)

Alasan dewan OpenAI memutuskan untuk menentang Altman masih menjadi misteri. Pengumumannya bahwa Altman keluar dari kursi CEO mengatakan, dia tidak secara konsisten berterus terang dalam komunikasinya dengan dewan sehingga menghambat kemampuan dewan untuk melaksanakan tanggung jawabnya.

Memo internal OpenAI kemudian mengklarifikasi bahwa pengusiran Altman tidak dilakukan sebagai tanggapan terhadap penyimpangan. Emmett Shear, CEO kedua dari dua CEO sementara yang menjalankan perusahaan, antara Jumat (17/11/2023) malam dan Rabu (22/11/2023) pagi menulis setelah menerima peran tersebut bahwa dia bertanya mengapa Altman dicopot. 

“Dewan tidak memecat Altman karena ketidaksepakatan, tertentu mengenai keselamatan,” tulisnya. “Alasan mereka sangat berbeda dari itu.” Shear berjanji akan melakukan penyelidikan atas alasan pemecatan Altman. 

photo
Seorang anggota staf berkomunikasi dengan AI Baito, Layanan Pelanggan AI yang didukung oleh ChatGPT, di stan Gatebox selama pratinjau pers pameran CEATEC 2023 (Pameran Gabungan Teknologi Canggih) di Makuhari Messe di Chiba, timur Tokyo, Jepang, 16 Oktober 2023. CEATEC 2023 dengan total 684 perusahaan dan organisasi akan mempresentasikan produknya ke publik mulai 17 Oktober dalam pameran empat hari. - (EPA-EFE/FRANCK ROBICHON)

Dilansir dari Wired, Kamis (23/11/2023), regulator di seluruh dunia kini akan mengawasi apa yang terjadi selanjutnya di OpenAI dengan cermat. Saat Altman bernegosiasi untuk kembali ke OpenAI, Selasa (21/11/2023), Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (AS) memilih untuk memberikan staf di regulator wewenang untuk menyelidiki perusahaan yang menjual layanan bertenaga AI memungkinkan mereka untuk secara hukum memaksakan dokumen, kesaksian, dan bukti lainnya. 

Drama di ruang rapat perusahaan juga terjadi pada titik penting dalam perundingan mengenai Undang-Undang AI yang penting di Uni Eropa, sebuah undang-undang yang dapat menentukan arah peraturan di seluruh dunia. Terpukul oleh kegagalan sebelumnya dalam memitigasi dampak sosial dari platform teknologi, Uni Eropa kini semakin mengambil pendekatan yang lebih tegas dalam mengatur perusahaan-perusahaan teknologi besar. 

Namun, para pejabat Uni Eropa dan negara-negara anggotanya tidak sepakat mengenai apakah mereka akan mengambil tindakan keras terhadap perusahaan AI atau mengizinkan pengaturan mandiri pada tingkat tertentu. 

Salah satu poin utama dalam negosiasi Uni Eropa adalah apakah pembuat model dasar, seperti GPT-4 OpenAI, harus diatur atau apakah undang-undang harus fokus pada aplikasi yang digunakan untuk membuat model dasar. Argumen yang mendasari pemilihan model dasar adalah, karena sistem AI memiliki banyak kemampuan berbeda.

Jenis-jenis Kecerdasan Buatan - (Republika)

  ​

Model tersebut akan mendukung banyak aplikasi berbeda, sama seperti GPT-4 yang mendukung chatbot OpenAI, ChatGPT. Pekan ini, Prancis, Jerman, dan Italia mengatakan bahwa mereka mendukung “pengaturan mandiri yang wajib melalui kode etik” untuk model landasannya. 

Menurut makalah bersama yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters, secara efektif menunjukkan, OpenAI dan lainnya dapat dipercaya untuk menjaga teknologi mereka tetap terkendali. Prancis dan Jerman adalah rumah bagi dua pembuat model yayasan terkemuka di Eropa, Mistral dan Aleph Alpha.

Di X, CEO Mistral Arthur Mensch mendukung gagasan bahwa dia dapat menilai pekerjaan rumahnya sendiri. “Kami tidak mengatur bahasa C [sejenis bahasa pemrograman-RED] karena bisa digunakan untuk mengembangkan malware,” ujar Mensch. 

Namun, bagi para pendukung peraturan yang lebih ketat untuk AI, peristiwa yang terjadi beberapa hari terakhir menunjukkan bahwa peraturan mandiri tidak cukup untuk melindungi masyarakat. “Apa yang terjadi dengan drama yang melibatkan Sam Altman ini menunjukkan kepada kita bahwa kita tidak bisa bergantung pada CEO visioner atau duta besar perusahaan-perusahaan ini. Namun, sebaliknya, kita perlu memiliki peraturan,” kata Brando Benifei, salah satu dari dua anggota Parlemen Eropa yang memimpin negosiasi mengenai peraturan baru tersebut. 

photo
Sejarah Singkat Kecerdasan Buatan - (Republika)

Menurutnya, peristiwa ini menunjukkan kepada kita bahwa tata kelola perusahaan-perusahaan ini tidak dapat diandalkan dan tidak dapat diprediksi. Kegagalan besar dalam struktur tata kelola OpenAI diyakini akan memperkuat seruan untuk melakukan pengawasan publik yang lebih kuat. 

“Pemerintah adalah satu-satunya pihak yang dapat mengatakan tidak kepada investor,” kata Nicolas Moës, direktur tata kelola AI Eropa di Future Society, sebuah wadah pemikir yang berbasis di Brussels. 

Senada, pendiri organisasi nirlaba Humane Intelligence dan mantan kepala tim etika AI Twitter, Rumman Chowdhury, mengatakan, krisis dan pengaturan ulang OpenAI harus menjadi peringatan. Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa gagasan kapitalisme etis, struktur perusahaan yang mengikat entitas nirlaba dan laba tidak akan berhasil. 

Dalam menghadapi tingginya dinamika dalam dunia teknologi ini tetap diperlukan tindakan pemerintah. “Di satu sisi, saya senang hal itu terjadi,” ujar Chowdhury tentang kepergian dan penempatan kembali Altman. 

 

 
Kami tidak mengatur bahasa C karena bisa digunakan untuk mengembangkan malware. 
 
ARTHUR MENSCH, CEO Mistral. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Produktivitas Melejit Berkat ChatGPT, Mungkinkah?

Hasil yang didapat dari AI juga perlu dicek kebenarannya.

SELENGKAPNYA

Diet Sukses Dibantu ChatGPT, Mungkinkah?

Greg Mushen berhasil menjalani diet berkat bantuan dari ChatGPT.

SELENGKAPNYA