ekosistem digital | pixabay.com

Trend Tek

Mengembangkan Bisnis pada Era Digital

Data menjadi hal yang penting dalam pengembangan bisnis di era digital.


Teknologi kian berkembang pesat pada era digital saat ini. Tak hanya membuat segala sesuatu menjadi lebih efisien dan mempermudah berbagai keperluan, teknologi juga dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis. Saat ini, digital marketing pun tumbuh menjadi kekuatan baru.

CEO ToffeeDev Ryan Kristomuljono mengungkapkan, ada tiga elemen penting dalam konsep digital marketing, yakni meningkatkan traffic, meningkatkan conversion dan meningkatkan engagement.

Traffic dalam digital marketing adalah jumlah pengunjung laman atau pengunjung properti daring, seperti akun media sosial, blog, dan platform digital lainnya. Conversion adalah pengguna yang terhubung dengan bisnis seseorang, termasuk mereka yang menghubungi dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Kemudian, engagement bertujuan memperkecil jarak antara pelanggan dan perusahaan.

Ketika akan mengusung konsep digital marketing, seseorang yang menghasilkan uang melalui bisnis pada era digital tentunya akan menemukan banyak tantangan. Untuk itu, Ryan berbagi strategi monetisasi yang bisa diaplikasikan ke semua bisnis.

Salah satunya adalah fokus pada online transaction. Strategi ini merupakan strategi yang paling mudah dan paling banyak digunakan oleh perusahaan.

Transaksi daring menjadi tujuan paling besar yang dimiliki oleh semua bisnis. Artinya, semua transaksi dilakukan secara daring tanpa bantuan manusia. "Minimal transaksi berhasil, tidak perlu memeriksa, buka vpn, buka rekening, lihat mutasi satu-satu, dan segala macam. Kita masih masuk semi online untuk transaksi," kata Ryan dalam acara bertajuk How to Monetize Revenue Through Digital Media Tech di Connext, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, membangun kepercayaan melalui positioning bisnis untuk mendatangkan pengunjung merupakan tantangan yang biasa dihadapi pengguna strategi ini. Terutama saat mereka baru mulai membuat laman sendiri.

 

Optimalisasi data

Data menjadi hal yang penting dalam pengembangan bisnis pada era saat ini. Namun, data tidak akan memberi manfaat maksimal apabila tidak dianalisis dan dipergunakan.

Business Development Manager Isentia Indonesia Desy Fitriani mengungkapkan, data dapat diekstrak dari berbagai sumber. Baik itu secara mainstream, yaitu melalui pemberitaan di media ataupun media sosial.

Kemudian, ia melanjutkan, Isentia akan membagi-bagi data tersebut dan melakukan verifikasi, juga identifikasi.

"Kita akan melakukan pendalaman data di mana data itu nantinya akan berguna bagi perusahaan atau pemimpin untuk melakukan action strategy atau pemikiran-pemikiran baru yang nantinya akan mengubah atau mem-boost revenue," ujar Desy.

Selanjutnya, tim analis Isentia akan memberikan informasi berupa tren berikut analisis secara mendalam. Baik dari mainstream maupun media sosial. Desy memberi contoh bagaimana data dapat berpengaruh pada bisnis.

Data yang menjadi contoh ini, ia melanjutkan, adalah data dari platform media sosial. Isentia, mengambil input kata kunci minuman secara general. "Begitu kita generate data secara keseluruhan, keyword minuman ini, kata cluster, minuman susu yang paling besar. Jadi, porsi minuman susu yang paling besar," katanya.

Ada beberapa contoh percakapan di media sosial yang diambil Isentia sebagai contoh. Salah satunya, Ya Tuhan, pengen banget minum kopi susu. Dari kata kunci ini, seseorang bisa mendapatkan topik yang spesifik dan kesan warganet.

Kata kunci ini kemudian juga bisa menarik tren. Isentia mengklasifikasi kata kunci minuman dari topik-topik percakapan dan menemukan24 persen orang-orang membicarakan kopi biskuit regal, kemudian kedai kopi sebanyak 76 persen.

Desy juga mengungkapkan, seseorang bisa mendeteksi tren bukan hanya dari data outputnya, melainkan juga dari pelacakan tren. Contohnya, dilakukan pengambilan data dari 21 Juli 2019 hingga 13 Januari 2020.

Dari waktu ini ada saat-saat seseorang bisa melacak kapan warganet paling banyak menggunakan kata-kata minuman jenis tertentu. Misalnya, ada 3.257 percakapan mengenai kopi regal di tanggal yang sudah disebutkan.

Selain itu, melalui segmentasi data, seseorang dapat mengidentifikasi tingkah laku pelanggan. Masih dengan kata kunci yang sama, Isentia mengelompokkan semua percakapan mereka terhadap minuman.

"Ada orang yang memberikan apresiasi enak, kita bisa tahu frekuensi mereka menggunakan produk tersebut atau apresiasi mereka terhadap penggunaan produk," kata Desy.

Hasil tersebut bisa menjadi inovasi bisnis baru atau juga mengembangkan varian produk usahanya apabila ingin mengikuti tren. Mnurutnya, strategi penggunaan data ini akan berbeda apabila diaplikasikan ke industri yang berbeda, baik dari segi kasus maupun waktunya.

Isentia didirikan dengan tujuan mengatasi meningkatnya kebutuhan pemantauan media yang lebih baik. Caranya, melalui dukungan para ahli di bidang komunikasi dari berbagai belahan dunia.

Di Isentia, seseorang dapat melihat percakapan dari platform social tools sesuai dengan kata kunci atau brand yang diatur sesuai dengan kebutuhan klien. Kemudian, Isentia akan memberikan laporan secara cepat. Saat ini Isentia sudah memiliki lebih dari 3.000 klien dan menjangkau 11 market.

 

Pengalaman berbeda

Teknologi yang makin canggih kini tak hanya diaplikasikan pada alat elektronik. Namun, juga merambah pada alat-alat masak.

Business Development Vice President PT Modena Indonesia Novi Hariyanti mengungkapkan, Modena terus memperkaya fitur teknologi untuk menjawab kebutuhan konsumen. Ia mengungkapkan, kini alat-alat masak Modena sudah mengarah ke internet of things (IoT) dan teknologi canggih lainnya. "Dulu mungkin terlalu analog, sekarang kami sudah mengarah ke digital," ujar Novi di Tangerang Selatan, pekan lalu.

Salah satu produk unggulan yang menjadi daya tarik adalah Cooker Hood Modena DX 9907. Alat pengisap asap dapur lazimnya dipasang tepat di atas kompor, tapi cooker hood ini dapat ditanam langsung di meja dapur. Desainnya yang gaya dan fungsinya yang canggih pun akan menambah kemewahan interior dapur.

Kemudian, ada pula kompor listrik Modena Combinato BK 1721 yang memiliki tungku ganda. Tungku ganda ini memiliki teknologi yang berbeda, yaitu tungku induksi dan vetroceramic.

Kombinasi unik Modena Combinato BK 1721 akan memberikan keleluasaan kepada konsumen untuk menggunakan tungku sesuai kebutuhan. Sedangkan, produk pemanas air (water heater), Modena Snella ES20 SR, hadir dengan desain layaknya unit penyejuk ruangan.

Pemanas air ini dapat dioperasikan dengan remote control. Sementara itu, dari aspek desain, tak hanya layak ditampilkan, tapi juga menghadirkan kesan modern dalam interior kamar mandi.

Berbagai produk ini ditampilkan di Modena Home Center Bintaro, Tangerang Selatan. Dengan tampilan yang stylish, pengunjung tak hanya dapat menikmati inovasi produknya, tapi juga dapat meningkatkan estetika pada interior rumah.

Novi mengatakan, kehadiran Modena Home Center ini akan membuka akses besar bagi masyarakat Bintaro. Lini produk yang disuguhkan, mulai dari cooking, cleaning, cooling hingga professional.

Staf profesional di Modena Home Center Bintaro akan memberikan informasi detail mengenai produk yang diinginkan dan akan mengajak konsumen menjajal produk terlebih dulu.

?Dengan demikian, pengunjung akan memiliki pengalaman langsung dengan produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli,? katanya.

Modena Home Center Bintaro Jaya ini memiliki tiga lantai. Pihak Modena menyediakan ruangan yang dilengkapi teknologi simulasi penataan interior.

Bersama dengan konsultan, konsumen dapat memanfaatkan ruangan tersebut untuk mendapatkan gambaran desain ruangan yang diinginkan. Setelah itu, konsumen bisa memutuskan produk yang paling sesuai untuk mengisi ruangan tersebut.

Di lantai dua, Modena membangun ruangan layaknya kamar mandi modern yang di dalamnya terdapat Modena Snella ES20 SR. Tujuannya, agar pengunjung dapat mencoba langsung kecanggihan produk pemanas air terbarunya.

?Saat ini baru terisi sampai lantai dua. Lantai tiga yang (untuk) service mungkin bulan depan kami sudah buka,? kata Novi.

Customer Management Senior Vice President PT Modena Indonesia Bagus Prastowo mengungkapkan, hadirnya Modena Home Center di Bintaro, menjadikan Modena lebih dekat dan lebih mudah menjangkau konsumen, khususnya yang berada di Bintaro. "Kami berharap, dengan kedekatan ini, pelayanan dapat lebih kami tingkatkan sehingga kepercayaan, kepuasan, serta loyalitas konsumen dapat terus terjaga," ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat