Manfaatkan aplikasi medirasi untuk menjaga kesehatan mental (ilustrasi) | Unsplash/Priscilla Du Preez

Gaya Hidup

Deretan Aplikasi Meditasi untuk Jaga Kesehatan Mental Kita 

Aplikasi Balance menawarkan meditasi getaran untuk penyandang tunarungu.

March Mindfulness kembali hadir dengan rangkuman aplikasi meditasi populer yang menawarkan beragam teknik dan pendekatan. Ini membantu menemukan aplikasi meditasi yang paling cocok dengan kepribadian dan preferensi Anda.

Dalam seri ini, ada melihat tujuh aplikasi populer. Dilansir SEA Mashable pada Jumat (17/11/2023), berikut ini ringkasan informasi dari masing-masing aplikasi:

 

1. Balance


Aplikasi ini menyajikan meditasi dari berbagai tradisi, seperti cinta kasih agama Buddha, teknik relaksasi dari yoga Hatha, Tantra, dan Kundalini. Balance memberikan program meditasi yang dipersonalisasi untuk mengurangi stres, meningkatkan tidur, fokus, dan suasana hati. 


Fitur utama yang dimiliki terdiri dari 10 keterampilan meditasi yang dapat dilatih dengan panduan, juga menawarkan meditasi untuk anak-anak. Balance juga menawarkan meditasi getaran untuk penyandang tunarungu. Aplikasi ini, gratis selama tahun pertama, kemudian pengguna akan dikenakan langganan bulanan 11,99 dolar AS (sekitar Rp 185 ribu) atau tahunan 69,99 dolar AS (sekitar Rp 1 juta).

2. Calm


Instruktur meditasi memanfaatkan tradisi meditasi Zen, Mantra, dan Vipassana dengan fokus pada meditasi kesadaran. Fitur utama menawarkan meditasi harian, sesi tidur, relaksasi dengan musik dari selebritas, dan konten anak-anak. 

Aplikasi ini juga memiliki fungsionalitas untuk pembaca layar, teks tertutup, dan deskripsi audio untuk beberapa konten video. Biaya langganan tahunan yang dikenakan untuk menikmati layanan di aplikasi ini, adalah 69,99 dolar AS (sekitar Rp 1 juta) atau seumur hidup 399,99 dolar AS (sekitar Rp 6,1 juta).

3. Headspace

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Headspace (@headspace)


Menggabungkan teknik dari tradisi Buddha Burma dan Tibet dengan fokus pada pengembangan kasih sayang dan menenangkan diri. Fitur utama Headspace menawarkan koleksi beragam meditasi, mode bergerak, tidur, dan musik, serta konten khusus anak-anak. Menawarkan teks dan bantuan haptik atau sensasi sentuhan ke dalam interaksi manusia dengan komputer, untuk beberapa konten. Biaya langganan bulanan 12,99 dolar AS (sekitar Rp 201 ribu) atau tahunan 69,99 dolar AS (sekitar Rp 1 juta).

4. Healthy Minds Program

Aplikasi ini berbasis pada empat pilar kesehatan mental: kesadaran, koneksi, wawasan, dan tujuan. Fitur utamanya, menawarkan ratusan meditasi terpandu, pelajaran bergaya podcast, seri fondasi selama satu bulan, serta konten untuk orang tua dan anak-anak. Versi pelajaran berbasis teks juga dapat dinikmati di aplikasi ini, tetapi tidak untuk meditasi terpandu. Biayanya pun gratis.

5. Insight Timer

Aplikasi ini menawarkan beragam teknik meditasi dari lebih dari 16 ribu guru, mencakup mindfulness, Buddhisme Zen, yoga Kundalini, doa, dan astrologi. Fitur utama menawarkan lebih dari 160 ribu meditasi terpandu dalam 44 bahasa, yoga, pernapasan, acara langsung, serta konten untuk anak-anak. Aplikasi ini, menawarkan teks untuk beberapa jalur meditasi, dengan biaya langganan tahunan 59,99 dolar AS (sekitar Rp 929 ribu).

6. Simple Habit


Menawarkan konten dari berbagai tradisi meditasi, seperti Zen, mantra, transendental, Vipassana, dan Qigong. Fitur utama aplikasi ini memiliki kategori meditasi, tidur, dan bergerak, serta sumber daya untuk anak-anak. 


Sayangnya, Simple Habit tidak memiliki fitur aksesibilitas. Biaya langganan bulanannya, yakni 11,99 dolar AS (sekitar Rp 185 ribu), tahunan 89,99 dolar AS (sekitar Rp 1,3 juta), atau seumur hidup 299,99 dolar AS (sekitar Rp 4,6 juta).

7. Ten Percent Happier

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ten Percent Happier (@tenpercenthappier)


Dikembangkan oleh Dan Harris dan dirancang untuk meditasi dengan praktik dari tradisi Vipassana, Zen, dan Tibet. Fitur utama aplikasi ini menawarkan lebih dari 500 meditasi dari instruktur terkemuka, kursus, podcast, serta konten untuk anak-anak. Tersedia teks untuk hampir seluruh kontennya. Biaya langganan tahunan 99,99 dolar AS (sekitar Rp 1,5 juta) dengan pilihan tambahan untuk akses premium.

Semua aplikasi ini tersedia di Apple Store dan Google Play. Dengan beragam fitur dan pendekatan, setidaknya satu dari tujuh aplikasi ini mungkin sesuai dengan preferensi meditasi Anda. 

 

 
Saat ini, ada berbagai aplikasi meditasi yang bisa dipilih dan dirasa cocok dengan kepribadian dan preferensi kita.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Period Poverty dan Rentannya Kesehatan Mental Perempuan

Situasi pandemi makin mempersulit perempuan mengakses sanitasi ketika menstruasi.

SELENGKAPNYA

PR Besar Indonesia dalam Urusan Menjaga Kesehatan Mental

Banyak stigma yang beredar tentang kesehatan jiwa di masyarakat hingga saat ini

SELENGKAPNYA

Atasi Masalah Kesehatan Mental tanpa Stigma

Kita sudah harus mulai menormalisasi konsep curhat kepada profesional.

SELENGKAPNYA

Tantangan Kesehatan Mental dari Zaman ke Zaman

Di generasi baby boomers, isu kesehatan mental belum menjadi perhatian.

SELENGKAPNYA