Penonton menyaksikan penyanyi Inggris Chris Martin dari band Inggris Coldplay tampil di Stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Rabu 5 Juli 2023. Konser tersebut merupakan bagian dari Tur Dunia Music of the Spheres. | Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP

Geni

Yuk Nonton Coldplay Hari Ini Naik Transportasi Umum

Untuk jadwal Commuter Line, belum ada perubahan dari hari biasa.

Hari ini, Rabu (15/11/2023), para penggemar Coldplay yang sudah membeli tiket sejak Mei 2023, akhirnya akan benar-benar menyaksikan idolanya tampil di Jakarta. Khusus untuk momen yang satu ini, PT MRT Jakarta memberlakukan jadwal operasi khusus saat penyelenggaraan konser musik band Coldplay yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Jadwal operasional MRT khusus hari ini, adalah pukul 05.00 WIB hingga pukul 01.30 WIB. “Perubahan pola operasi tersebut sebagai bentuk tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0158 tahun 2023 tentang Penugasan Kepada PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk Penyediaan Layanan Perkeretaapian Pendukung Konser Coldplay,” ujar Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo, dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

photo
Penumpang saat menaiki MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan tarif Rp 1 terhadap transportasi umum seperti MRT, LRT dan Transjakarta dalam rangka HUT ke-496 DKI Jakarta. Di HUT ke-496 kini, Transportasi umum DKI Jakarta memiliki sistem integrasi yang memudahkan penumpang untuk beralih antar moda transportasi umum untuk sampai ke tempat tujuan yang diharapkan dapat terus berkembang hingga ke pelosok daerah Jakarta. - (Republika/Putra M. Akbar)

Pola operasi tersebut hanya berlaku untuk satu hari. Pola operasi untuk hari selanjutnya akan kembali menggunakan jadwal operasional normal, yaitu Senin hingga Jumat mulai pukul 05.00 hingga 00.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antarkereta setiap lima menit pada waktu sibuk (07.00—09.00 dan 17.00—19.00), serta Sabtu dan Minggu mulai pukul 05.00 hingga 00.00 WIB dengan selang waktu keberangkatan antarkereta 10 menit.

PT MRT Jakarta (Perseroda) mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk menjaga ketertiban dan menaati arahan petugas di stasiun. Informasi detail mengenai jadwal operasional dapat dilihat di akun media sosial MRT Jakarta (@mrtjkt dan @mrtjktinfo). 

Cara untuk tiba di venue konser, pertama, penonton bisa turun di Stasiun MRT Senayan kemudian berjalan kaki sekitar 400 meter melalui Pintu 5. Kedua, penonton bisa turun di Stasiun MRT Istora Mandiri kemudian berjalan kaki 500 meter melalui Pintu 7.

Jadwal keberangkatan MRT terakhir menuju Stasiun Bundaran HI dimulai dari pukul 00.02 WIB yang akan datang setiap 15 menit sekali sampai pukul 01.04 WIB. Sementara MRT terakhir menuju Stasiun Lebak Bulus dimulai dari pukul 00.16 WIB yang akan datang setiap 15 menit sekali sampai pukul 01.17 WIB.

photo
Penumpang saat akan menaiki bus Transjakarta di Halte Transjakarta Kampung Melayu, Jakarta, Kamis (20/7/2023). Setelah ditutup beberapa bulan lalu untuk direvitalisasi, Halte Transjakarta Kampung Melayu akhirnya kembali beroperasi untuk melayani penumpang. Revitalisasi tersebut membuat kondisi halte menjadi lebih luas dan tampak lebih estetik dari sebelumnya. - (Republika/Putra M. Akbar)

“Jangan lupa siapkan aplikasi MyMRTJ atau kartu uang elektronik bank atau kartu jelajah MRT, untuk menuju Stasiun Istora Mandiri atau Stasiun Senayan agar naik MRT jauh lebih mudah menuju GBK,” tulis keterangan foto dalam unggahan feed akun Instagram @mrtjkt.

Sementara untuk jadwal Commuter Line, belum ada perubahan. Ini artinya, Commuter Line akan tetap beroperasi di jadwal seperti biasa yakni untuk kereta terakhir dari Stasiun Sudirman menuju Stasiun Bekasi dijadwalkan pukul 00.30 WIB. Lalu dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Bogor terakhir ada di pukul 01.17 WIB.

“Untuk perubahan jadwal sejauh ini masih sama, belum ada penambahan waktu perjalanan. Kalau ada, akan diinfokan lebih lanjut,” ungkap Humas PT KAI, Eja Arlan, saat dihubungi Republika, Senin (13/11/2023).

Begitu pula, bagi penonton yang ingin menggunakan moda transportasi Transjakarta, jadwal operasional Transjakarta sudah 24 jam di 13 koridor. “Transjakarta sudah beroperasi 24 jam. Penonton bisa menggunakan layanan Transjakarta Koridor 1 yang beroperasi 24 jam,” ungkap Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta, Wibowo, kepada Republika.

Berikut ini daftar 13 koridor Transjakarta yang beroperasi 24 jam: 

1. Blok M – Kota (Koridor 1);

2. Pulogadung – Juanda (Koridor 2);

3. Kalideres – Monas via Veteran;

4. Pulo Gadung 2 - Dukuh Atas 2 (Koridor 4);

5. Kampung Melayu – Ancol (Koridor 5);

6. Ragunan – Dukuh Atas (Koridor 6);

7. Kampung Rambutan – Kampung Melayu;

8. Lebak Bulus – Pasar Minggu via Tomang (Koridor 8);

9. Pinang Ranti – Pluit (Koridor 9);

10. Tanjung Priok – PGC 2 (Koridor 10);

11. Pulogebang – Kampung Melayu (Koridor 11);

12. Tanjung Priok – Pluit (Koridor 12);

13. Ciledug – Tendean (Koridor 13);

photo
Penumpang menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) Commuter Line edisi khusus HUT ke-78 RI di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (18/8/2023). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menghadirkan KMT edisi khusus HUT ke-78 RI dengan tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. KMT tersebut tersedia terbatas sekitar 1.000-2.000 buah yang dijual untuk masyarakat dengan harga Rp 40.000 sudah termasuk saldo Rp 10.000. - (Republika/Putra M. Akbar)

Bagi penonton yang ingin menggunakan Transjakarta menuju venue konser dengan KRL, bisa turun di Stasiun Sudirman kemudian naik MRT dari Stasiun MRT Dukuh Atas BNI. Atau bisa juga berjalan ke Halte Transjakarta Tosari dan menaiki Transjakarta Blok M - Kota.

Sebelumnya, PK Entertainment menyatakan, open gate dilakukan mulai pukul 13.00 WIB. Setelah masuk, calon penonton akan diarahkan ke area prafungsi. Pada pukul 16.30 WIB, dibuka untuk Ultimate Experience. “Harap tiba di lokasi satu jam sebelum waktu yang dijadwalkan,” tulis promotor, Senin (6/11/2023).

Pada pukul 17.00 WIB, pintu dibuka untuk pemegang tiket Ultimate Experience dan My Universe. Barulah pada pukul 17.30 WIB, pintu dibuka untuk seluruh pemegang tiket konser Coldplay.

Pada pukul 20.00 WIB, musisi pembuka konser Coldplay, yaitu Rahmania Astrini dijadwalkan naik panggung. Setelah itu, sekitar pukul 21.00 WIB Coldplay akan menghibur penggemarnya. Meski begitu, promotor menyatakan, jadwal yang telah ditetapkan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

 

 

Jangan lupa siapkan aplikasi MyMRTJ atau kartu uang elektronik bank

 
SHARE    

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Panduan Lengkap Menonton Konser Coldplay 15 November Mendatang

Sebelum datang ke konser, penting bagi penonton untuk membaca panduan dengan seksama.

SELENGKAPNYA