Tidur nyenyak di amlam hari (ilustrasi) | Pixabay/SweetLouise

Gaya Hidup

Mengenal Pink Noise yang Diklaim Lebih Efektif Buat Kita Cepat Terlelap

Contoh pink noise, mencakup rekreasi digital dari suara alam yang menyenangkan

Sering kali ada istilah jenis suara tertentu yang dikaitkan dengan manfaat untuk mendukung aktivitas tidur seseorang. Misalnya, istilah white noise yang cukup populer dan dikenal untuk membantu bayi tidur lebih cepat dan nyenyak.

Sementara itu, ada juga pink noise, green noise, hingga brown noise, yang diketahui merupakan suara gemuruh dengan frekuensi rendah. Kali ini ahli mengungkap bahwa selain white noise, ternyata pink noise juga menawarkan manfaat yang tidak kalah baik.

Pink noise, yang merupakan kombinasi white noise yang diperhalus oleh brown noise, disebut merupakan pilihan paling efektif untuk meningkatkan kualitas tidur. Meski white noise membuat nyaman sebagian orang, warna lain, termasuk pink, brown, dan green, yang masing-masing memiliki manfaat berbeda dan berpotensi membantu tidur lebih nyenyak. “Suara tentu saja tidak memiliki warna, meskipun memiliki spektrum yang serupa,” kata Stefan Chmelik, MSc, pakar kesehatan terintegrasi yang berspesialisasi dalam penggunaan teknologi suara, seperti dilansir dari laman Verywellhealth, Rabu (8/11/2023). 

Menurut dia, warna suatu suara mengacu pada spektrum kekuatan sinyal noise tertentu, dan setiap warna memiliki kualitas berbeda. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa tertidur 38 persen lebih cepat saat mendengarkan white noise.

Sementara green noise, yang menampilkan frekuensi rentang menengah yang lebih kuat, mirip dengan suara alam tertentu, seperti aliran sungai atau laut, dianggap lebih menenangkan daripada white noise. Ini dapat membantu orang dengan kecemasan tidur bisa lebih nyenyak.

Sebaliknya, Danielle Wall, MD, pakar tidur dan dokter penyakit dalam di University of Vermont mengatakan, brown noise adalah bunyi yang lebih dalam dibandingkan green dan white noise. Suara ini juga meniru suara yang ditemukan di alam, tetapi lebih merupakan suara gemuruh berfrekuensi rendah. Contoh brown noise, Wall menjelaskan, termasuk hujan lebat, petir, atau gelombang keras. “Brown noise dikatakan membantu produktivitas dan konsentrasi,” kata Wall kepada Verywell.

 

Serba Serbi Tidur Nyenyak - (Republika)

  ​

Mana yang Lebih Baik?

Meskipun penelitian ilmiah tentang ini belum terlalu diperbarui, beberapa bukti menunjukkan bahwa pink noise mungkin merupakan pilihan paling efektif untuk meningkatkan kualitas tidur. “Ini paling baik untuk tidur karena lebih lembut dan menenangkan dibandingkan suara lainnya,” kata Chmelik.

Ia menjelaskan, pink noise adalah kombinasi white noise yang diperhalus oleh brown noise, dan dianggap lebih menenangkan dibandingkan white noise karena nadanya yang lebih rendah. Hal ini juga ditemukan dalam suara alami dan memiliki volume yang terdengar menyenangkan dan seimbang di seluruh frekuensi sehingga menenangkan telinga manusia.

photo
Tidur nyenyak yang berdamapak pada kesehatan mental (ilustrasi) - (Freepik/Yanalya)

Menurut Wall, contoh pink noise, mencakup rekreasi digital dari suara alam yang menyenangkan seperti aliran sungai yang mengalir deras, hujan lembut yang jatuh di atap, angin yang bertiup melalui pepohonan, atau ombak tenang yang menerpa pantai.

Dalam studi 2017 dari Fakultas Kedokteran Northwestern University, sekelompok orang dewasa berusia di atas 60 tahun menggunakan pink noise yang terputus-putus pada malam hari, mirip dengan suara air yang deras. Tes memori yang diberikan kepada peserta keesokan paginya menunjukkan, tingkat retensi sekitar tiga kali lebih besar dibandingkan kelompok kontrol yang tidak terkena pink noise.

Penelitian kecil lainnya menemukan bahwa pink noise yang stabil memiliki dampak signifikan dalam mengurangi kompleksitas gelombang otak selama tidur. Sekaligus, meningkatkan waktu tidur yang stabil dengan lebih sedikit fragmentasi tidur dan periode bangun yang lebih sedikit. Meski demikian, memilih jenis suara yang tepat pada akhirnya bergantung pada preferensi pribadi dan bisa saja dimulai dengan pink noise, sembari merujuk pada temuan yang sudah ada. 

 

 
Pink noise paling baik untuk tidur, karena lebih lembut dan menenangkan dibandingkan suara lainnya. 
 
STEFAN CHMELIK. Pakar kesehatan terintegrasi yang berspesialisasi dalam penggunaan teknologi suara. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bahaya Kesehatan Signifikan dari Kurang Tidur

Selama tidur nyenyak, otak melakukan fungsi-fungsi penting.

SELENGKAPNYA

Taktik Menata Kamar Agar Sukses Tidur Cantik

Kamar tidur harus dibuat atau ditata dengan mengutamakan kesehatan serta kenyamanan penghuninya.

SELENGKAPNYA

Menggugat 'Kewajiban' Tidur Delapan Jam Sehari

Kebutuhan tidur seseorang selalu berubah di tiap fase hidup.

SELENGKAPNYA