Memilih bahan kosmetik dengan tepat (ilustrasi) | Unsplash/Jocelyn Morales

Gaya Hidup

Memilih Bahan Perawatan Kulit Tepat, Kunci Kulit Terawat

Tiga bahan alami yang baik untuk kulit adalah madu, royal jelly dan titanium dioxide.

Setiap wanita tentu ingin tampil cantik dan menawan. Salah satu yang harus dilakukannya adalah merawat kulitnya agar tampak sehat dan berkilau, terutama kulit bagian wajah.

Agar kulit kita tetap terjaga seiring perjalanan usia, ada dua bahan alami dan satu bahan aktif yang bisa Anda gunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Apa saja? 

Marketing Manager BSKIN Indonesia, Dinda Ariestiany S Farm Apt, menjelaskan tiga bahan alami yang baik untuk kulit adalah madu, royal jelly, dan titanium dioxide.

 

photo
Madu untuk perawatan kulit (ilustrasi) - (Unsplash/Jocelyn Morales)

1. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang bisa menutrisi kulit. Madu ini selain sifatnya sebagai antimikroba, dia juga antihistamin, madu punya banyak manfaat seperti antioksidan. 

Selain itu, manfaat madu untuk kulit, adalah bisa memudahkan oksigen itu masuk ke dalam lapisan kulit lebih cepat. "Jadi intinya kalau kulit kita bisa banyak dapat nutrisi atau antioksidan, pastinya bisa membuat kulit yang tadi mungkin kering ataupun kulit yang terlihat mulai kusam, jadi terlihat sehat, itu bisa membantu dari sana," ujarnya dalam acara BSKIN Exclusive Media Preview - Discover Timeless Beauty with BSKIN's Limited Edition Rose Gold Flawless Finish Perfecting Loose Powder, belum lama ini.

 

2. Royal Jelly

Dinda menegaskan, royal jelly itu ramuan awet muda sebenarnya. Karena royal jelly itu punya kandungan asam amino atau peptide. Tapi peptide ini dari bahan alami, yaitu si royal jelly peptide yang berfungsi memicu produksi kolagen.

"Jadi ibaratnya, biasanya itu kalau kita mau kolagen di kulit itu produksinya lebih optimal, kita tinggal oleskan aja itu si royal jelly Ini sudah ada di dalam loose powder BSKIN, yang selain bisa membuat tampilan kulit lebih cantik, tapi juga punya manfaat untuk mengencangkan dari royal jelly," katanya.

3. Titanium dioxide

Kandungan ini fungsinya itu untuk memantulkan sinar matahari. Apalagi kondisi kemarau berkepanjangan seperti sekarang, harus dipakai. Walaupun mungkin kita hanya di rumah ada meeting lewat zoom, karena sinar matahari, menurut Dinda, sifatnya mampu menembus berbagai permukaan. 

Jika bahan alami ini menjadi saling melengkapi. Nutrisinya akan semakin lengkap. Karena dia  bisa memiliki asam amino atu peptide, kemudian juga ada antioksidannya, ada antimikrobanya serta antibakterinya. "Dalam artian kalau kita punya masalah dengan gampang jerawatan, kalau pakai loose powder ini dia tidak akan menutup pori-pori. Ini juga sudah membantu menjaga kulit supaya tetap terjaga kesehatannya," ujarnya.

Jadi bukan hanya untuk penampilan yang lebih cantik, tapi bisa merawat kulit juga, kulit mendapat nutrisi. “Kecantikan lebih dari sekadar tampilan fisik. Kami percaya kecantikan yang abadi dapat dicapai dengan meraih keseimbangan, kulit kita dan juga kehidupan sehari-hari kita," ujar founder BSKIN, Chia Su-Mae.

Ia mengatakan inilah sebabnya mereka menciptakan produk multifungsi berkualitas, yang aman untuk membantu kita melangkah dengan percaya diri serta menjadi produk yang bermanfaat bagi kulit. Sebagai makeup hybrid, Flawless Finish Perfecting Loose Powder membantu meratakan warna kulit dan mencegah kilau minyak berlebih pada wajah tanpa menyumbat pori-pori.

Memiliki tekstur ringan dengan butiran halus, bedak ini mampu menjaga riasan tetap flawless sepanjang hari. BSKIN Flawless Finish Perfecting Loose Powder pun akan memberikan efek translucent dengan warna natural yang cocok untuk semua warna kulit. 

 

Memilih Kosmetik 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BSKIN Indonesia (@bskin_id)

Saat memilih skin care atau kosmetik, terkadang wanita bingung mau pilih yang mana. Hal ini karena di pasaran, pilihannya sangat banyak dan terkadang memiliki kemiripan. Lalu bagaimana tipsnya memilih skin care atau kosmetik yang cocok untuk kita?

Marketing Manager BSKIN Indonesia, Dinda Ariestiany S Farm Apt, mengatakan tips pertama cari yang bahannya itu berbahan alami. "Kalau dari BSKIN sendiri, kami menggunakan bahan perlebahan. Semuanya bahan perlebahan.

Tips Kedua harus bebas dari bahan kimia berbahaya. Karena apa? Kita pakai jangka panjang. "Jangan cuma pengen dapat efek cepat, singkat. Tapi bahayanya ternyata menggerogoti ke organ-organ yang di dalam," ujarnya. 

Kemudian tips lainnya yang perlu diperhatikan adalah pilih skin care atau kosmetik yang simpel, tidak membuat repot. "Cari yang praktis," katanya menyarankan.

Pilih kosmetik yang bisa cocok untuk semua jenis dan warna kulit. Biasanya kosmetik ini berbahan alami madu dan royal jelly, yang memiliki fungsi untuk penenang kulit. "Dia fungsinya menenangkan kulit. Karena ada bahan penenangnya itu fungsinya dari royal jelly dan madunya, itu yang membuat aman untuk semua jenis kulit," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ria 郑丽芸 (@ria.hdi_)

Sementara untuk warna sendiri, pilih kosmetik yang bisa masuk untuk semua warna kulit, kosmetik ini pada saat digunakan akan meresap langsung dan menyesuaikan dengan warna kulit kita. "Jadi nggak perlu takut, misalnya nanti saya takut keputihan atau kegelapan," ujarnya. Karena kosmetik ini nanti langsung meresap, dan justru nanti yang terlihat kilauannya.

Ia menambahkan, kesalahan umum yang dilakukan orang saat memilih kosmetik adalah memilih warna yang salah. "Kadang kalau kita pakai bedak gitu ya, tapi foundation-nya warnanya misalnya lebih terang terus bedaknya lebih gelap, itu yang akhirnya enggak singkron," ujarnya.

Jika pilih produk yang bisa masuk untuk semua warna kulit, biasanya ini sudah menyesuaikan semua warna kulit shade-nya seperti apa. "Jadi itu yang menjadikan orang lebih mudah untuk ngerepot dan enggak sampai salah pilih," ujarnya.

Rangkaian Penggunaan 

Pertama bisa menggunakan cleanser, kemudian gunakan essence. Essence ini penting digunakan karena berfungsi untuk membantu penyerapan bahan berikutnya. Digunakan dua kali, pagi dan malam.

Setelah itu, dilanjutkan dengan serum, kemudian moisturizer. Anda bisa melanjutkan dengan penggunaan SS cream, baru terakhir gunakan loose powder. "Nah, habis itu baru setelah menggunakan rangkaian yang full tadi ya dari cleansernya," ujar Dinda. 

 

 
Pilih skin care atau kosmetik yang simpel, tidak membuat repot.
 
DINDA ARIESTYANTY, Marketing Manager BSKIN Indonesia. 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Strategi Pemasaran Hijau Produk Kosmetik dan Skincare 

Pemasaran hijau dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perusahaan dan konsumen

SELENGKAPNYA