Bepergian dengan pesawat (ilustrasi) | Setyanavidita Livikacansera/Republika

Safari

Persiapan Tepat Menghadapi Turbulensi di Pesawat

Duduklah di tempat duduk dekat jendela untuk mengurangi kemungkinan barang jatuh dari bagasi atas.

Saat berada di pesawat, sedikit turbulensi ringan mungkin tidak perlu dikhawatirkan. Namun, siapa pun yang menempuh jarak jauh pasti tahu bahwa kadang-kadang, kondisi yang buruk bisa berubah dari kondisi normal menjadi sangat berbahaya.

Itu sebabnya, seperti semua keadaan darurat, yang terbaik adalah mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan memiliki rencana keselamatan dan pramugari mengatakan hal ini dimulai jauh sebelum pesawat mencapai landasan.

Melansir Best Life, Jumat (3/11/2023), para ahli memberikan rekomendasi apa yang harus dilakukan ketika turbulensi, agar tetap bisa duduk santai dan menikmati perjalanan.

photo
Bepergian dengan pesawat (ilustrasi) - (Pixabay)


1. Pilih tempat duduk dengan bijak

Terbang dengan turbulensi parah ini mungkin jarang terjadi, tapi hal ini dapat terjadi pada kesempatan tertentu. Pakar kesiapan perjalanan dan ahli meteorologi, Cheryl Nelson mencatat, pemilihan tempat duduk terbukti berguna jika berada dalam skenario buruk ini.

“Dalam kasus yang jarang terjadi ketika turbulensi parah, terkadang bagasi atas terguncang hingga terbuka dan barang-barang berjatuhan. Jika ingin ekstra hati-hati, duduklah di tempat duduk dekat jendela untuk mengurangi kemungkinan barang jatuh dari bagasi atas,” kata Nelson.

Ia juga menyarankan untuk memilih tempat duduk di bagian depan pesawat atau di atas sayap pesawat. Sayap memungkinkan pesawat untuk tetap seimbang. Sehingga kita tidak akan merasakan terlalu banyak turbulensi di sana. Bagian depan pesawat berada di luar pusat gravitasi dan lebih stabil sehingga kita juga tidak akan merasakan banyak turbulensi.

2. Pesan perjalanan dengan pesawat yang lebih besar

Nelson juga mengatakan bahwa kita dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya turbulensi dengan memesan pesawat yang lebih besar. “Pesawat yang lebih besar memiliki bobot yang lebih besar sehingga dampaknya tidak sebesar pesawat yang lebih kecil,” kata dia.

photo
Mengatasi perut kembung ketika berada di pesawat (ilustrasi) - (Pixabay/Flight)


3. Tutupi minuman panas

Salah satu cedera paling umum akibat turbulensi adalah luka bakar akibat tumpahan minuman. Kopi atau teh panas yang mengepul dapat menimbulkan bahaya jika terjadi turbulensi sedang hingga parah.

“Tak seorang pun ingin terbakar. Jadi, jika lain kali kita mengalami turbulensi saat sedang menikmati minuman panas, pertimbangkan untuk menutupinya dengan tutup cangkir traveling,” kata Nelson, yang merekomendasikan tutup silikon.

4. Berikan perhatian ekstra ketika layanan ditangguhkan

Menurut pramugari maskapai swasta Heidi Ferguson, ketika layanan makanan dan minuman dihentikan di pesawat, biasanya ini menandakan bahwa pesawat akan menghadapi masalah besar. Anggap ini sebagai isyarat untuk mengamankan apa pun di meja baki dan kencangkan sabuk pengaman.

“Jika sedang membuka laptop saat terjadi turbulensi sedang hingga parah, pastikan untuk tetap memegangnya. Kita tentu tidak ingin laptop menjadi proyektil dan melukai seseorang di barisan kita,” kata dia.

photo
Situasi di kabin pesawat (ilustrasi) - (Unsplash/Lukas Souza)


5. Jangan mencoba ‘mengalahkan’ turbulensi

Jika pilot atau kru mengumumkan bahwa akan ada cuaca buruk atau turbulensi di depan, itu adalah sinyal bagi kita untuk tetap duduk. Namun, Ferguson mengatakan, banyak orang yang langsung bangun setelah mendengar pengumuman itu karena takut tidak bisa bangun nanti.

“Banyak orang akan melompat dan menggunakan kamar mandi jika mereka mendengar pengumuman bahwa layanan akan dihentikan atau akan terjadi turbulensi atau cuaca buruk. Saya telah melihat orang-orang terjebak di kamar mandi dan berteriak minta tolong,” ujar dia.

6. Jangan panik

Penting untuk diingat bahwa turbulensi adalah bagian normal dari pengalaman terbang. Nelson yang telah mengunjungi 50 negara bagian Amerika Serikat dan lebih dari 40 negara, tetap tenang ketika ia terbang. Ia menganggap turbulensi sebagai bagian dari menabrak lubang di langit.

Pilot dilatih dalam meteorologi penerbangan dan mereka akan melakukan yang terbaik untuk menghindari area turbulensi, misalnya, awan kumulus dan kumulonimbus yang menjulang tinggi. Tetapi, terkadang udara kasar yang tidak terduga tidak dapat terlihat.

“Kita harus ingat bahwa turbulensi tidak selalu dapat dihindari dan meteorologi adalah ilmu yang tidak pasti. Oleh karena itu, penerbangan mungkin tidak selalu 100 persen mulus,” ujar Nelson.

Seorang pilot maskapai penerbangan dan pembawa acara Ask the Pilot, Patrick Smith, sepakat bahwa penting untuk tidak panik. “Fenomena ini normal dan sangat jarang terjadi kondisi yang tidak aman. Setiap penerbangan, setiap hari, mengalami kondisi udara yang buruk pada tingkat tertentu. Tentu saja, ada yang lebih buruk dari yang lain, tapi itu hanya bagian dari penerbangan, dan jarang ada orang yang terluka,” kata dia.

 

 
Turbulensi adalah bagian normal dari pengalaman terbang.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Membaca Kode Rahasia Boarding Pass Pesawat

Boarding pass tak hanya memuat data terkait kursi yang akan kita tempati.

SELENGKAPNYA

Berpakaian Tepat Agar Naik Pesawat Lebih Nyaman

Hindari gaun ketat atau baju terusan yang rumit.

SELENGKAPNYA

Cara Cerdas Tanggulangi Kembung Ketika Naik Pesawat

Pemilihan pakaian yang tepat juga menjadi kunci untuk bepergian dengan nyaman menggunakan pesawat.

SELENGKAPNYA