Direktur PT Republika Media Mandiri Nur Hasan Murtiaji memberikan kata sambutan dalam acara Anugerah CSR Republika 2023 yang digelar pada Kamis (26/10/2023). | Republika/Edwin Putranto

Kabar Utama

Membangun Bangsa dengan CSR

Para peraih Anugerah CSR Republika 2023 memiliki program CSR yang sangat bermanfaat di sejumlah sektor.

JAKARTA -- Sebanyak sembilan perusahaan meraih Anugerah CSR Republika 2023 dalam malam penghargaan yang digelar pada Kamis (26/10/2023) di Jakarta. Para peraih penghargaan memiliki program CSR yang sangat bermanfaat di sejumlah sektor.

Salah satu peraih penghargaan adalah PT Adaro Energy Indonesia Tbk untuk kategori Ekonomi Berkelanjutan. Komisaris PT Adaro Energy Indonesia Tbk Mohammad Effendi mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diterima untuk kedua kalinya di ajang Anugerah CSR 2023. 

"Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Adaro. Penghargaan ini tentunya akan semakin memacu semangat Perusahaan untuk terus berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat," kata Effendi saat menghadiri acara Anugerah CSR Republika 2023, Kamis (26/10/2023).

photo
Piala Anugerah CSR 2023 - (Republika/Edwin Putranto)

Effendy menjelaskan, selama 31 tahun beroperasi, aspek ESG telah menjadi komitmen para pendiri dan manajemen Adaro yang diterapkan di setiap area bisnis Perusahaan. Sebagai perusahaan pertambangan dan energi nasional, kata dia, Adaro senantiasa berusaha meminimalkan dampak dari operasional terhadap lingkungan melalui penerapan good mining practices.

Komitmen Adaro kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi Adaro diwujudkan, antara lain, melalui program pengembangan masyarakat yang tercakup dalam Adaro Nyalakan Perubahan. Program CSR ini terdiri atas bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, budaya, dan lingkungan.

Melalui pilar Adaro Nyalakan Sejahtera, Adaro melaksanakan berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan dengan tujuan mengoptimalkan potensi usaha lokal, meningkatkan kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat. 

Salah satu program yang dilakukan adalah Desa Mamanda (Desa Mandiri dan Berdaya) di Desa Balida, Kalimantan Selatan, yang telah berjalan sejak 2018. Melalui program ini, Adaro meningkatkan partisipasi masyarakat sesuai dengan potensi desa serta meningkatkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Kami mengembangkan Pasar Budaya Racah Mampulang yag menjadi wadah untuk pelestarian budaya dan kesenian setempat, promosi produk lokal, wadah kegiatan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat," ujar Effendi.

photo
Pengunjung sedang menggunakan alat dispenser plastik saat Penghargaan CSR Republika 2023 di Jakarta, Kamis (26/10/2023). - (Republika/ Putra M Akbar)

Beberapa dampak positif dari program yang dijalankan ini ialah peningkatan omzet Desa Racah Mampulang dan terbentuknya kelembagaan berupa BUMDes. Dengan demikian, program ini membantu peningkatan ekonomi lokal secara berkelanjutan dengan konsep eduwisata yang diterapkan juga untuk penurunan karbon dioksida bagi lingkungan serta merupakan upaya konvensi keragaman hayati.

Perusahaan lainnya, PT Pertamina (Persero), meraih penghargaan Anugerah CSR Republika 2023 kategori Lingkungan melalui Desa Energi Berdikari Pertamina. Corporate Secretary Brahmantya S Poerwadi mengungkapkan rasa syukurnya karena Pertamina mendapatkan apresiasi CSR.

"Komitmen Pertamina mengembangkan masyarakat di wilayah kerjanya melalui Desa Energi Berdikari yang tahun ini sudah mencapai 76 titik desa telah berhasil setidaknya menghasilkan pendapatan untuk masyarakat hampir Rp 2 miliar per tahun," kata Brahmantya.

Program ini juga telah mengurangi karbon sebesar 174 ribu CO2 ekuivalen. Desa Energi Berdikari merupakan ikhtiar dan program utama Pertamina yang sifatnya mengembangkan desa dan melatih masyarakat untuk lebih bijak berenergi.

"Pertamina melalui transisi energi sepakat untuk mengurangi karbon dan memastikan setiap desa bisa mandiri sejahtera dan sehat bersama Pertamina," ujarnya.

photo
Suasana pengunjung pada acara Anugerah CSR Republika 2023 yang digelar pada Kamis (26/10/2023). - (Republika/Edwin Dwi Putranto )

Melalui Desa Energi Berdikari, Pertamina bergerak bersama masyarakat desa setempat mengembangkan pemberdayaan energi terbarukan bersumber daya lokal, seperti tenaga surya, angin, dan biogas. Pertamina berupaya menghasilkan produk energi bersih yang terjangkau, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari oleh warga dan pada akhirnya bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi daerah setempat. 

Pada 2022, Desa Energi Pertamina telah menyentuh 2.750 rumah tangga penerima manfaat dengan pengurangan emisi karbon hingga 565.855 ton. Tahun ini, Desa Energi Berdikari Pertamina menargetkan pengurangan emisi 685 ribu ton lebih C02 per tahun. Melalui Desa Energi Berdikari ini, Pertamina juga menargetkan total economy multiplier effect sebesar Rp 2,8 miliar per tahun.

Sementara itu, PT PLN (Persero) meraih Anugerah CSR Republika 2023 dalam dua kategori, yaitu Pertanian dan Pemberdayaan Perempuan. VP Komunikasi Korporat dan TJSL Gregorius Adi Trianto mengatakan sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir dan dengan kepemimpinan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, PLN telah melakukan transformasi selama 3,5 tahun dengan empat pilar utama, yaitu Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused. 

"Kami mengelaborasi keempat pilar transformasi PLN dalam proses bisnis kami, termasuk pada program tanggung jawab sosial dan lingkungan atau CSR yang juga disesuaikan dengan Sustainability Development Goals (SDG’s) dengan tiga program prioritas, yaitu pendidikan, lingkungan, dan pengembangan umk," kata Gregorius.

Selain berkomitmen menyediakan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat, PLN juga berkomitmen untuk dapat berkontribusi langsung kepada masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas pengakuan yang diberikan oleh Republika atas dua program prioritas TJSL/CSR kami, yaitu Electrifying Agriculture dan Pemberdayaan Perempuan pada Anugerah CSR Republika 2023," ujarnya.

Dalam program Electrifying Agriculture, PLN memberikan solusi kepada para pelaku usaha di bidang agrikultur, seperti pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, dan sejenisnya untuk memanfaatkan listrik dalam kegiatan operasionalnya.

photo
Suasana acara Anugerah CSR Republika 2023 yang digelar pada Kamis (26/10/2023). - (Republika/Edwin Dwi Putranto )

Hal ini terbukti memberikan manfaat langsung dalam meningkatkan hasil produksinya dan memangkas biaya operasionalnya. Peralihan ini memberikan kontribusi bagi para pelaku usaha untuk menurunkan emisinya. 

Hingga September 2023, program ini telah dimanfaatkan sebanyak lebih dari 230 ribu pelanggan. Sementara itu, untuk program pemberdayaan perempuan, PLN sudah menerapkan praktik kesetaraan gender dalam lingkungan kerja dan diterapkan dalam Statement of Corporate Intent (SCI) atau dokumen persetujuan bersama tentang pengarusutamaan gender di lingkungan perusahaan. 

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pemimpin perempuan pada struktur kepemimpinan di PLN, ditambah lagi dengan adanya program Srikandi BUMN yang menjadi wadah komunitas perempuan di BUMN dalam berkarya dan memajukan Indonesia. 

"Dari sini, kami juga menurunkannya dalam kegiatan CSR dengan mengimplementasikan program pemberdayaan UMKM perempuan untuk memberikan kemandirian ekonomi keluarga serta program-program peningkatan kualitas kesehatan untuk ibu dan anak dan masih banyak lagi," ucap dia.

Daftar Peraih Anugerah CSR Republika 2023

Kategori Lingkungan: Pertamina
Kategori Ekonomi Berkelanjutan: Adaro Indonesia
Kategori Infrastruktur: BRI
Kategori Pendidikan: BTN
Kategori Pertanian: PLN
Kategori Pemberdayaan Perempuan: PLN
Kategori Sosial: PTBA
Kategori Pengembangan Wisata: BNI
Kategori Dekarbonisasi: Telkom
Kategori UMKM: Bank Mandiri

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat