Risiko diabetes tipe dua dapat ditekan dengan rajin berolahraga (ilustrasi) | Pixabay/StevePB

Medika

Secangkir Teh dan Menurunnya Risiko Diabetes

Teh hijau, mengurangi risiko diabetes sebesar 28 persen dibandingkan dengan peserta yang tidak rutin meminumnya.

Jangan sepelekan dampak dari minum secangkir teh hangat setiap hari. Utamanya, teh hitam. Pasalnya, sebuah studi terbaru mengungkap bahwa minum secangkir teh setiap hari dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe dua.

Dikutip dari laman Telegraph & Argus, penelitian itu menemukan, orang yang rutin minum teh hitam memiliki kemungkinan 47 persen lebih rendah terkena kondisi kesehatan yang serius. Itu jika dibandingkan dengan orang yang tidak rutin minum teh.

Profesor Tonzhi Wu dari Universitas Adelaide di Australia mengatakan, temuan dari studi yang dia gagas bersama timnya mengisyaratkan efek perlindungan dari kebiasaan minum teh terhadap pengelolaan gula darah. "Manfaat ini paling terasa di antara peminum teh hitam setiap hari," ujar Wu.

photo
Teh artisan (ilustrasi) - (Unsplash/Alice Pasqual )

Teh hitam membantu mengontrol gula darah dalam tubuh dengan lebih baik berkat antioksidan dan efek meningkatkan fungsi usus. Studi baru yang dipresentasikan di Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Hamburg itu menganalisis 1.923 orang dewasa di Cina.

Para peserta ditanyai seberapa sering mereka minum teh dan jenis teh apa yang mereka minum. Menurut laporan tersebut, tidak peduli jenis teh apa yang diminum, efeknya tetap baik. Teh hijau, misalnya, mengurangi risiko diabetes sebesar 28 persen dibandingkan dengan peserta yang tidak rutin meminumnya.

Untuk mendapat hasil temuan itu, tim ilmuwan melakukan tes darah dan urine pada peserta untuk melihat berapa banyak gula yang terkandung, juga mengukur resistensi insulin. Minum lebih banyak teh dikaitkan dengan pengeluaran lebih banyak gula dalam urine, membantu menjaga gula darah tetap terkendali dan mengurangi risiko diabetes.

photo
Menikmati teh artisan (ilustrasi) - (Pixabay)

Peneliti lain, Profesor Zilin Sun, dari Southeast University, menegaskan, minum teh hitam setiap hari berpotensi mengurangi risiko dan perkembangan diabetes tipe dua. Tepatnya, melalui pengendalian gula darah yang lebih baik.

"Jika Anda melihat semua biomarker berbeda yang terkait dengan kebiasaan minum teh hitam, ini mungkin merupakan satu langkah sederhana yang dapat dilakukan dengan mudah untuk meningkatkan pola makan dan kesehatan mereka," kata Sun.

Suplemen untuk Diabetes

Indonesia dan Diabetes - (Republika)

  ​

Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) pada 2021, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia. Dan bagi penderita diabetes, mengonsumsi suplemen nutrisi hampir tidak mungkin terjadi.

Diabetes menempati peringkat ketiga sebagai penyakit dengan risiko kematian tertinggi di Indonesia. Meningkatnya jumlah penderita diabetes disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pola hidup sehat.

Dan salah satu faktor yang paling mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh adalah pola makan itu sendiri. Berdasarkan jurnal internasional Advance in Nutrition, komposisi sarapan sangat memengaruhi kadar gula darah sepanjang hari.

Menu sarapan yang disarankan untuk para penderita diabetes adalah makanan yang kaya akan serat, di antaranya gandum, oat, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sarapan yang mengandung serat tinggi, karbohidrat kompleks, dan indeks glikemik yang rendah akan membantu para penderita diabetes menjaga kestabilan gula darah sepanjang hari, merasa kenyang lebih lama, dan lebih berenergi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by mGanik Nutrition (@mganikofficial)

Sarapan kaya akan serat dapat dibantu dengan suplemen nutrisi pertama untuk para penderita diabetes, mGanik Multigrain. Dengan formula GlukoStabil yang terdiri atas 25 jenis multigrain, labu kuning, daun kelor, dan diperkaya dengan kandungan alami lainnya.

“Sebuah produk yang bisa mengemas berbagai macam biji, kacang, dan gandum direkomendasikan dikonsumsi secara rutin. Karena nutrisinya sangat bermanfaat bagi tubuh kita,” ujar pakar gizi dr Diani Adrina, dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/10/2023).

Terbuat dari 100 persen bahan alami membuat mGanik Multigrain aman bagi lambung dan ginjal, serta juga bisa dikonsumsi oleh semua usia, dari anak-anak hingga lanjut usia. Tak hanya membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mengonsumsi suplemen ini dua kali sehari sebagai sarapan pagi dan pengganti camilan malam akan membantu penderita diabetes menjaga kestablilan gula darah sepanjang hari.

“mGanik Multigrain merupakan sebuah inovasi suplemen nutrisi diabetes alami pertama di Indonesia. Dengan kehadiran produk ini, kami ingin membantu para penderita diabetes memiliki hidup sehat,” ujar CEO mGanik, Michael Candiago. Saat ini mGanik Multigrain dapat ditemukan di berbagai agen resmi terdekat dan e-commerce. 

 

 
Komposisi sarapan sangat memengaruhi kadar gula darah sepanjang hari.
 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Kebiasaan mengganti sarung bantal memiliki peran signifikan dalam menjaga kesehatan mata.

SELENGKAPNYA

Menikmati Musik Jangan Sampai Merusak Kesehatan Telinga

Batas untuk mendengarkan suara melalui earphone sebesar 85 desibel.

SELENGKAPNYA

Atasi Masalah Kesehatan Mental tanpa Stigma

Kita sudah harus mulai menormalisasi konsep curhat kepada profesional.

SELENGKAPNYA

Terancamnya Kesehatan Kita karena Karhutla

Secara teoritis, ada efek jangka panjang kalau kebakaran hutan ini terjadi cukup lama dan paparannya cukup tinggi.

SELENGKAPNYA