Massa dari Aliansi BEM SI menggelar aksi Geruduk Istana di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Jumat (20/10/2023). | Republika/Thoudy Badai
Aksi tersebut dalam rangka memperingati 9 tahun masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. | Republika/Thoudy Badai
Massa dari Aliansi BEM SI menggelar aksi Geruduk Istana di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Jumat (20/10/2023) berlangsung hingga malam. | Republika/Thoudy Badai
Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) pun sempat ditemui oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Johannes Joko, | Republika/Thoudy Badai
Kantor Staf Kepresidenan (KSP) yang menerima 13 tuntutan dari saat unjuk rasa di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat petang. | Republika/Thoudy Badai
Massa dari Aliansi BEM SI menggelar aksi Geruduk Istana di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Jumat (20/10/2023). Aksi untuk memberikan evaluasi sembilan tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Para mahasiswa juga menyoroti sejumlah permasalahan yan | Republika/Thoudy Badai

Peristiwa

Aksi Mahasiswa di Patung Kuda Berlangsung Hingga Malam

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) pun sempat ditemui oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP).

JAKARTA -- Ratusan pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berdemonstrasi di area Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Jumat (20/10/2023) berlangsung hingga malam. Mereka turun ke jalan untukmemberikan evaluasi terkait sembilan tahunnya pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita tembakkan ke kepala Jokowi. Karena tahu apa semua? Sembilan tahun tidak ada hasil yang baik. Utang di mana-mana, konflik agraria di mana-mana. Sawah perkebunan masyarakat desa di hilangkan Pak Jokowi oleh proyek setan Pak Jokowi," kata salah satu orator bernama Kusuma di atas mobil komando.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) pun sempat ditemui oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP) yang menerima 13 tuntutan dari  saat unjuk rasa di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat petang.

Ke-13 tuntutan yang tertulis dalam beberapa lembar kertas itu diterima oleh Tenaga Ahli KSP Johanes Joko saat menemui mahasiswa di Patung Kuda atau Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, yang merupakan lokasi unjuk rasa BEM SI.

Tenaga Ahli KSP Johanes Joko menerima permintaan tersebut. Dia berjanji bahwa kajian yang dilakukan mahasiswa terkait tuntutan mahasiswa segera disampaikan kepada Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko.

"Saya terima. Saya akan meneruskan ini kepada pimpinan saya, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) TNI Moeldoko setelah Beliau pada hari Senin kembali ke Indonesia," kata Johanes usai menerima lembar kajian tuntutan mahasiswa.

Tiga mahasiswa peserta demo yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dibebaskan polisi, imbas menerobos pembatas beton dan kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat.

Proses negosiasi sempat terjadi alot terkait pembebasan tiga mahasiswa yang ditangkap tersebut. Negosiasi langsung diwakili oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Joanes Joko.

Namun aliansi BEM SI juga meminta 10 mahasiswa yang ditangkap polisi saat berjalan ke lokasi di wilayah Gondangdia, Jakarta Pusat aksi juga untuk dibebaskan.

"Jadi yang tiga udah pasti dibebaskan, saya pastikan kalo tidak melanggar hukum kita akan bebaskan," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Joanes Joko saat bernegosiasi dengan aliansi BEM SI di lokasi. ';

Demo Mahasiswa Evaluasi 9 Tahun Pemerintahan Jokowi

Sampai pukul 16.29 WIB para demonstran tetap berusaha membobol beton yang berkawat.

SELENGKAPNYA

Aksi Solidaritas Palestina di Depan Gedung Perwakilan PBB Jakarta

Aksi Solidaritas Palestina ini mengecam genosida yang dilakukan Israel terhadap masyarakat Gaza.

SELENGKAPNYA

Alat Milik Ini Bisa Memantau Kabel Bawah Tanah di Jakarta

Pemetaan tersebut dapat menghindari resiko kerusakan utilitas bawah tanah sebelum memulai penggalian proyek pembangunan.

SELENGKAPNYA

Alih Fungsi Lahan Pertanian di Bantul

Lahan pertanian di Kabupaten Bantul setiap tahun mengalami penyusutan rata-rata mencapai 50 hektare.

SELENGKAPNYA