Film Horor (ilustrasi) | Unsplash/Elti Meshau

Geni

Deretan Film Horor Klasik dengan Kengerian tak Terlupakan

Psycho adalah film dengan salah satu adegan paling ikonik.

Dengan lebih dari 38 ribu judul film horor di IMDb, mungkin sulit untuk memilih yang mana yang akan ditonton. Maka dari itu, IMDb mempermudahnya dengan menyusun film horor dengan rating tertinggi berdasarkan rating pengguna. 

Menurut pengguna IMDb, semua film ini memiliki setidaknya 25 ribu suara pengguna di platform, menjadikannya salah satu film horor paling populer yang pernah dibuat. Berikut ini merupakan lima film horor dengan rating tertinggi oleh pengguna di IMDb. 

  1. The Silence of the Lambs (1991)
    Peringkat IMDb: 8.6 

Dilansir Movieweb, Kamis (19/10/2023), The Silence of the Lambs dipuja sebagai salah satu rilisan sinematik terhebat dan paling berpengaruh sepanjang masa. Mahakarya horor psikologis terkenal karya Jonathan Demme pada 1991 ini berkisah tentang pelatih FBI Clarice Starling (Jodie Foster) saat dia dipaksa mewawancarai pembunuh berantai kanibal Dr Hannibal Lecter (Anthony Hopkins) untuk menangkap seorang pembunuh yang meneror negara. 

Film terkenal ini menjadi salah satu dari hanya tiga film dalam sejarah yang memenangkan lima kategori utama di Academy Awards, termasuk Aktor Terbaik dan Aktris Terbaik untuk Hopkins dan Foster. Selain film ini, film horor lain yang mencerak prestasi serupa adalah It Happened One Night tahun 1934 dan One Flew Over the Cuckoo's Nest yang rilis pada 1975. 

Dengan rating IMDb sebesar 8,6 dari hampir 1,5 juta pengguna, film horor ini tidak diragukan lagi adalah salah satu film yang paling dihormati dan mendapat penghargaan di genrenya.

2. Alien (1979)

Peringkat IMDb: 8,5

Alien berada di dekat puncak daftar film horor IMDb berdasarkan rating pengguna dengan nilai 8,5. Film klasik Ridley Scott tahun 1979 ini bercerita tentang awak pesawat luar angkasa yang dikirim untuk menjelajahi planet tak dikenal, hanya untuk diserang oleh makhluk asing yang menakutkan. 

Ripley (Sigourney Weaver) adalah salah satu dari sedikit orang yang selamat dan harus bertarung melawan makhluk yang tak henti-hentinya mengejarnya. Alien telah menjadi film horor fiksi ilmiah klasik.

Kombinasi ketegangan dan efek khusus menciptakan lingkungan yang fantastis, dan penampilan Weaver serta rekan-rekan krunya membuat Anda terus lekat dengan film ini. Ripley juga telah menjadi karakter wanita yang ikonik. 

3. Psycho (1960)

Peringkat IMDb: 8,5 

Psycho adalah film klasik tahun 1960 yang bercerita tentang Marion Crane (Janet Leigh) saat dia mencuri uang dan melarikan diri dari kota, akhirnya berakhir di Bates Motel. Dia disambut oleh pemilik motel yang menyeramkan (Anthony Perkins), yang menyembunyikan rahasia kelam. 

Tidak butuh waktu lama untuk keadaan berubah menjadi gelap bagi Marion dan saudara perempuannya (Vera Miles), yang juga mendapati dirinya dalam bahaya. Psycho mendapat peringkat pengguna 8,5 di IMDb dan juga memenangkan penghargaan Film Terbaik di Edgar Allan Poe Award 1961.

Film ini penuh ketegangan dan adegan yang kini menjadi salah satu adegan ikonik nan klasik. Hal tersebut memperjelas mengapa ini sering disebut sebagai cetak biru horor modern. 

4. The Shining (1980)

Peringkat IMDb: 8.4

The Shining disutradarai oleh Stanley Kubrick pada 1980. Film ini mengisahkan Jack Torrance (Jack Nicholson) dan keluarganya saat mereka pindah ke sebuah hotel terpencil di Colorado Rockies.

Torrance bertanggung jawab atas Overlook Hotel sebagai penjaga musim dingin, tetapi kewarasannya mulai hilang semakin lama dia berada di sana. Di permukaan, The Shining tampak seperti film thriller standar, tetapi tema yang lebih dalam tentang kejahatan dan tragedi keluarga, belum lagi banyaknya teori konspirasi tentang film tersebut, menjadikannya film klasik.

The Shining memiliki rating pengguna 8,4 di IMDb dan telah mendapatkan penghargaan dan nominasi dari Academy Awards dan Golden Globes. The Shining adalah film horor lain yang dijamin akan melekat di benak Anda lama setelah Anda selesai menontonnya dan telah melekat dalam leksikon budaya selama hampir setengah abad.

5. The Things (1982)

Peringkat IMDb: 8,2

Ikon horor John Carpenter menyutradarai film klasik The Things di 1982. Film tersebut menceritakan sekelompok ilmuwan di Antartika yang menemukan kehidupan alien yang dapat mengambil bentuk dan wujud korbannya. Alien tersebut mampu menyebar dengan cepat, dan kelompok tersebut harus mencari cara untuk melawannya sebelum terlambat. 

Ketegangan dan kegelisahan dalam The Things akan membuat Anda tetap tenang, dan efek khusus yang aneh sungguh menakjubkan untuk tahun 80-an. Selain itu, film ini memiliki peringkat pengguna 8,2 dan memiliki penampilan luar biasa dari Kurt Russell, Wilford Brimley, dan Keith David. 

The Things adalah contoh yang bagus tentang bagaimana pembuatan ulang film horor dapat dilakukan dengan benar, dan dianggap sebagai mahakarya oleh para penggemar fiksi ilmiah dan horor. 

 

 
Banyaknya teori konspirasi tentang The Shinning, menjadikan film ini klasik.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Makna Penting 'Ekspor' Film ke BIFF 2023

Ada 15 judul karya sineas Indonesia yang akan tayang di program fokus sinema Indonesia Renaissance of Indonesian Cinema.

SELENGKAPNYA

Menguak Formula Rahasia Suksesnya Banyak Film Bergenre Kriminal

Perempuan cenderung lebih tertarik pada film dengan kisah kriminal nyata dibandingkan laki-laki.

SELENGKAPNYA

Saat ‘Kaum Kiri’ Memerangi Film

Kaum kiri sempat memberangus film-film berseberangan di Indonesia.

SELENGKAPNYA