Mengubah mood agar lebih bahagia (ilustrasi) | Unsplash/Jacqueline Munguia

Gaya Hidup

Butuh Perjuangan untuk Raih Kesehatan Mental

Penting untuk selalu mengatasi kekhawatiran yang mengganggu.

Sering kali seseorang mendapati kenyataan yang masih belum sesuai harapan. Hal itu bisa berujung menimbulkan stres.

Namun, penting untuk selalu mengatasi kekhawatiran yang mengganggu. Cara-cara, seperti olahraga, membatasi media sosial, memelihara hewan, dan bersosialisasi bisa turut membantu meredakan stres. Berikut lima tip lainnya agar merasa lebih tenang, seperti dikutip dari laman Women’s Health, Ahad (1/10/2023).

1. Memaafkan orang lain

Masih terluka karena perbuatan orang lain? Pertimbangkan untuk melepaskan beban tersebut.

“Terkadang Anda mungkin takut bahwa Anda 'menyerah' jika melepaskan dendam. Namun, Anda hanya memberi diri Anda kesempatan untuk tidak membiarkan sesuatu yang terjadi pada masa lalu memengaruhi masa depan Anda,” kata Elana Miller MD, seorang psikiater integratif di Los Angeles.

Pilihan memaafkan tidak hanya akan membantu Anda melanjutkan hidup, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa ini dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres.

photo
Warga melihat koleksi kaset pita di toko DU 68, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Selasa (15/8/2023). Toko musik rilisan fisik tersebut memiliki sekitar 15 ribu koleksi rilisan fisik, seperti kaset pita, piringan hitam, vhs, beta max DVD dan CD. Saat ini rilisan fisik yang memiliki harga Rp15 ribu hingga Rp500 ribu tersebut menjadi barang incaran kolektor dalam dan luar negeri. - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

2. Dengarkan musik yang disukai 

Mendengarkan musik dengan tujuan bersantai membantu menurunkan kadar kortisol atau hormon stres pada mahasiswa selama ujian, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychoneuroendocrinology.

3. Minumlah teh secara perlahan

Memegang secangkir teh di tangan Anda dapat membuat Anda merasa nyaman dan damai. Menurut instruktur meditasi yang berbasis di New York City, Kirat Randhawa. bersikap penuh perhatian ketika minum teh juga dapat meningkatkan manfaatnya. 

4. Periksakan “hal” yang mengkhawatirkan

Penelitian menunjukkan bahwa ketidakpastian jauh lebih membuat stres daripada mengetahui apa yang diharapkan, baik atau buruk. Jadi, berkonsultasi bisa menjadi pilihan tepat saat mengkhawatirkan sesuatu.

5. Ambil satu tindakan kecil

Entah merasa khawatir tentang politik, kecemasan terhadap lingkungan, atau ketidakadilan rasial, kecemasan mengenai suatu hal bisa membuat kewalahan. Namun, mengambil tindakan nyata setiap hari, seperti membantu kampanye, menyumbangkan waktu atau uang, hingga bersepeda daripada mengemudi, jika perubahan iklim membebani Anda, akan membawa Anda satu langkah lebih dekat ke dunia yang lebih baik dan mungkin membuat diri merasa lebih berdaya.

Lepaskan Hormon Bahagia 

Setiap orang memiliki pengalaman stres masing-masing. Namun, sering kali perasaan itu sulit hilang, melainkan hanya beralih dari satu masalah ke masalah lainnya.

Hal ini bisa sangat menguras mental dan membuat frustrasi serta menjadikan kita tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Serba-Serbi Kesehatan Mental - (Republika)

  ​

Stres dapat berdampak pada tubuh dan membuat orang merasa lelah sepanjang waktu. Pada saat seperti ini, penting untuk melakukan upaya sadar melepaskan hormon bahagia yang akan membantu seseorang melihat sisi positifnya.

"Secara sadar mengingat dan memperkenalkan kembali hal-hal yang dulu membuat Anda tersenyum dan memberi Anda kegembiraan. Memberikan cara untuk membantu Anda rileks dan merasa aman yang akan membantu Anda tidur," tulis psikoterapis Nikola Jack saat menjelaskan pentingnya berpindah dari stres dengan bantuan hormon bahagia, seperti dikutip dari Hindustan Times, Jumat (22/9/2023).

Jack mengatakan, setelah pengalaman yang tidak menyenangkan atau penuh tekanan dengan mengutamakan kenyamanan, melepaskan hormon stres untuk memberi jalan bagi hormon bahagia dapat membantu kita beralih dari stres ke ketenangan.

Ia lebih lanjut menyarankan beberapa cara agar dapat melepaskan hormon bahagia, sebagai berikut.

1.Melepaskan emosi

Baik itu membicarakannya dengan orang yang dicintai, berjalan-jalan untuk melepaskan diri, atau membuat jurnal pemikiran, kita harus menemukan cara untuk melepaskan emosi yang terpendam dan mencari cara untuk melepaskannya dengan cara yang sehat.

photo
Hidup lebih bahagia di 2023 - (Unsplash/Priscilla Du Preez)

2.Temukan kehangatan dan kenyamanan

Mengenakan piyama yang nyaman dan mengenakan selimut tebal akan membantu kita merasa aman dan bahagia di lingkungan. Ini akan membantu kita untuk lebih melawan tanda-tanda stres.

3.Lakukan hal-hal yang Anda sukai

Setiap orang memiliki daftar hal-hal yang disukai, baik itu melukis, menyanyi, menari, atau sekadar duduk dan menonton film favorit yang menenangkan. Terkadang menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan dan berbaring sambil memeluknya juga bisa membuat seseorang bahagia.

 

 
Memaafkan juga dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stres.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Konsumsi Makan tak Tepat dan Terganggunya Kesehatan Mental

Makanan bisa berdampak buruk pada kesehatan mental.

SELENGKAPNYA

Pakai Smartphone Sejak Dini dan Kesehatan Mental Gen Z

Orang tua harus menakar kedewasaan anak sebelum memberikan mereka ponsel pintar.

SELENGKAPNYA

Warna dan Pengaruhnya pada Kesehatan Mental Anak

Ada sel-sel dimata yang akan berekasi terhadap warna dan cahaya.

SELENGKAPNYA

Filter Influencer dan Kesehatan Mental Warganet

Prancis adalah negara Eropa pertama yang membuat kerangka kerja komprehensif untuk mengatur sektor influencer.

SELENGKAPNYA