Cuplikan film horor, The Nun II yang tayang mulai 6 September 2023. | dok. Warner Bros

Geni

Kronologi Conjuring Universe, Supaya Nggak Bingung Ketika Nonton

Film-film di semesta Conjuring, digarap tidak secara urut.

Dengan keseraman baik di dalam maupun di luar layar, the Conjuring menjadi sukses besar dan meraup lebih dari 320 juta dolar Amerika Serikat (AS) di box office global. Sejak itu, film ini telah melahirkan banyak sekuel dan spin-off, termasuk Annabelle pada 2014 dan The Nun pada 2018. 


Dilansir dari People, Rabu (20/9/2023), film-film tersebut telah membentuk alam semesta the Conjuring. Film terbaru dalam waralaba ini, The Nun 2, tayang di bioskop pada 8 September 2023 dan menampilkan saudara perempuan Vera Farmiga dan Taissa Farmiga mengulangi peran mereka masing-masing sebagai Lorraine Warren dan Sister Irene. 

Film lain juga sedang dikerjakan, yang akan menjadi sekuel langsung ketiga dari The Conjuring. Apakah Anda siap terjun ke dunia Conjuring yang mengering? Berikut cara menonton kesembilan film dalam waralaba tersebut dalam urutan kronologis. 

  1. The Nun (2018)


Meski dirilis lima tahun setelah the Conjuring, The Nun pada 2018 menjadi film paling awal jika menonton serialnya secara kronologis. Berlatar di Rumania sekitar 1952, film ini berpusat pada biarawati iblis Valak (Bonnie Aarons), yang mengintai di lorong-lorong sebuah biara terpencil. Iblis yang lebih dikenal oleh penggemar sebagai The Nun pertama kali muncul di The Conjuring 2 (2016) sebagai antagonis utama dan sempat muncul di Annabelle Creation (2017). 


2. Annabelle: Creation (2017)


Pada 2017, Annabelle menerima prekuelnya sendiri, yang sebagian besar terjadi pada 1955. Babak ini menjadikannya judul kedua secara kronologi Annabelle: Creation memerinci bagaimana boneka terkenal itu menjadi kerasukan dan mengikuti sekelompok gadis yatim piatu yang secara tidak sengaja melepaskan kejahatan kuno dan kemudian dipaksa berjuang untuk hidup mereka. 


3. The Nun 2 (2023) 

Berlatar empat tahun setelah film The Nun, The Nun 2 bercerita tentang Suster Irene (Taissa Farmiga), satu-satunya yang selamat dari film aslinya, yang sekarang mengajar di sebuah sekolah berasrama di Prancis. Namun, Valak menemukannya lagi, dan Irene harus melindungi murid-muridnya. 


4. Annabelle (2014)

Dirilis hanya satu tahun setelah film Conjuring pertama, Annabelle adalah sebuah spin-off dan semacam prekuel. Di awal The Conjuring, keluarga Warren terlihat memberikan presentasi tentang boneka tersebut (dalam kehidupan nyata, boneka Annabelle disimpan di museum paranormal Warren). 

Film yang rilis pada 2014 memberikan latar belakang yang lebih dalam, menunjukkan bahwa pada 1967, Annabelle menyiksa pasangan dan putri mereka yang baru lahir. Annabelle menjadi hit dan mengeluarkan prekuel dan sekuelnya sendiri. 


5. The Conjuring (2013)

The Conjuring didasarkan pada kisah nyata tentang rumah pertanian Rhode Island yang berhantu. Dalam film tersebut, keluarga Warren datang membantu keluarga Perron, yang berjuang menghadapi kejadian aneh di rumah mereka pada 1971. Tak lama kemudian, aktivitas poltergeist kecil berubah menjadi kerasukan setan dan tubuh melayang. 


6. Annabelle Comes Home (2019)

Pada 1972, keluarga Warren meninggalkan kota untuk penyelidikan lain dan mereka menyewa pengasuh anak untuk menjaga putri mereka Judy di rumah mereka, tempat Annabelle juga diamankan. Namun, tidak lama kemudian, Annabelle lolos dari kurungannya dan memanggil iblis lainnya. 

Judy dan pengasuhnya harus melawan roh jahat dan berusaha agar tidak kerasukan. Film ini juga merupakan satu-satunya spin-off di mana Wilson dan Farmiga memiliki peran pendukung. 


7. The Curse of La Llorona  (2019)


The Curse of La Llorona sebagian besar tidak ada hubungannya dengan film Conjuring lainnya dan didasarkan pada legenda Meksiko La Llorona, hantu pendendam yang menenggelamkan anak-anak. Satu-satunya hubungan antara film ini dan alam semesta Conjuring yang lebih besar adalah bahwa film tersebut menampilkan Pastor Perez, yang juga ada di Annabelle. 


Film ini dimulai pada 1673 dengan asal usul sang legenda dan memiliki lompatan waktu ke 1973 di Los Angeles, di mana pekerja sosial Anna, yang diperankan oleh Linda Cardellini, terjerat dalam kejadian misterius. Meskipun hanya samar-samar menjadi bagian dari dunia Conjuring. The Curse of La Llorona tampil baik di bioskop, menghasilkan lebih dari 123 juta dolar AS. 


8. The Conjuring 2 (2016) 

The Conjuring 2 juga didasarkan pada kisah nyata tentang sebuah keluarga di luar London, yang putrinya diduga kerasukan. Dalam kehidupan nyata, keluarga Warren dipanggil untuk menyelidiki kepemilikan tersebut, dan keduanya mengeklaim bahwa mereka menyaksikan furnitur bergerak dan suara-suara tanpa tubuh. 


Dalam film tersebut, yang berlatar di 1977, terungkap bahwa iblis Valaklah yang menyebabkan kerasukan tersebut. Namun, di luar layar, banyak yang skeptis terhadap peristiwa tersebut, yang kemudian dikenal sebagai Enfield Poltergeist. 


9. The Conjuring: The Devil Made Me Do It (2021)


The Conjuring: The Devil Made Me Do It berlatar 1981 dan berpusat pada persidangan nyata Arne Cheyenne Johnson, yang membunuh bos istrinya. Tahun sebelumnya, keluarga Warren Bertemu Johnson ketika mencoba mengusir iblis dari seorang anak laki-laki yang dikenalnya. Diduga, saat pengusiran iblis Johnson menawarkan dirinya kepada iblis jika dia meninggalkan tubuh bocah itu. 


Segera setelah itu, Johnson mulai bertingkat aneh dan terus menjadi semakin buruk, yang berpuncak pada pembunuhan terkenal. Kasus ini terus mendapat perhatian media dan telah dicatat dalam berbagai acara TV spesial dan buku The Devil in Connecticut tahun 1983. 

 

 
The Nun di 2018 menjadi film paling awal jika menonton serialnya secara kronologis.
 
 



Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Sukses The Nun II, Siap-Siap Conjuring 4?

SELENGKAPNYA

Deretan Film untuk Menggugah Rasa Cinta Indonesia

SELENGKAPNYA

Mengapa Film-Film Pixar Berbiaya Besar?

Pixar Studio berhasil merilis film animasi setiap tahun sejak awal kehadirannya.

SELENGKAPNYA