Karyawan memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci di salah satu tempat usaha laundry di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (4/3/2021). Usaha laundry di daerah itu kembali menggeliat di tengah pandemi COVID-19 dengan meningkatnya permintaan jasa cuci pakaian | ARNAS PADDA/ANTARA FOTO

Gaya Hidup

Strategi Cerdas Membersihkan Beragam Jenis Mesin Cuci

Berikan perhatian khusus pada dispenser pelembut kain atau sabun.

Kotoran yang hilang dari pakaian, handuk, dan seprai Anda harus pergi ke suatu tempat. Hal ini berarti, kotoran dapat menumpuk di dalam mesin cuci Anda seiring berjalannya waktu.

Tanpa pembersihan rutin, alat yang satu ini, mungkin juga menyimpan sisa deterjen, endapan air kotor, dan jamur di sekitar tutupnya. Hal ini dapat meninggalkan residu pada cucian atau menyebabkan pakaian keluar dari cucian dengan bau yang tidak sedap. 

Untuk memastikan pakaian Anda yang baru dicuci sebersih mungkin, ikuti langkah-langkah berikut tentang cara membersihkan mesin cuci sebulan sekali seperti dilansir laman Better Homes and Gardens, Rabu (6/9/2023). Petunjuk ini berlaku untuk membersihkan mesin cuci bukaan depan dan bukaan atas, tetapi ada beberapa pertimbangan khusus untuk kedua jenis tersebut.

Alat yang dibutuhkan untuk membersihkan mesin cuci adalah sikat gigi dan kain mikrofiber, handuk atau handuk piring. Sementara bahan yang diperlukan berupa cuka putih sulingan dan soda kue (opsional--Red).

 

photo
Mesin Cuci TCL Twin Tub TWT-20S - (Dok TCL )

Cara membersihkan 

Jika mesin cuci Anda memiliki fungsi pembersihan otomatis, pilih siklus tersebut dan ikuti instruksi pabrik untuk membersihkan bagian dalam mesin. Jika tidak, Anda dapat menggunakan proses tiga langkah sederhana ini untuk menghilangkan penumpukan pada selang dan pipa mesin cuci serta memastikan pakaian Anda tetap segar dan bersih.

1. Jalankan siklus panas dengan cuka

Jalankan siklus kosong dan teratur pada suhu panas, gunakan dua cangkir cuka putih sebagai pengganti deterjen. Tambahkan cuka ke dalam dispenser deterjen. Jangan khawatir akan merusak mesin Anda, karena cuka putih tidak akan merusak pakaian.

Campuran air panas dan cuka mampu menghilangkan dan mencegah pertumbuhan bakteri. Cuka juga dapat berfungsi sebagai pewangi dan menghilangkan bau jamur.

 

2. Gosok bagian dalam mesin cuci

 Dalam ember atau wastafel terdekat, campurkan sekitar seperempat cangkir cuka dengan satu liter air hangat. Gunakan campuran ini, ditambah spons dan sikat gigi khusus, untuk membersihkan bagian dalam mesin.

Berikan perhatian khusus pada dispenser pelembut kain atau sabun, bagian dalam pintu, dan di sekitar bukaan pintu. Jika dispenser sabun Anda dapat dilepas, rendam dalam air cuka sebelum digosok.

 

3. Bersihkan bagian luar mesin cuci

 Bersihkan juga bagian luar mesin menggunakan kain lembap dan larutan air cuka.

 

photo
Pekerja menyelesaikan pembuatan mesin koin untuk mesin cuci penatu di Jakarta, Senin (11/7/2022). Mesin koin yang dijual satu paket dengan mesin cucinya itu dijual dengan kisaran harga Rp16 juta sampai Rp20 juta per unit . - (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.)

4. Jalankan siklus panas kedua

Jalankan satu lagi siklus kosong dan teratur dengan suhu panas, tanpa deterjen atau cuka. Jika diinginkan, tambahkan setengah cangkir soda kue ke dalam drum untuk membantu membersihkan penumpukan yang terlepas dari siklus pertama. Setelah siklus selesai, bersihkan bagian dalam drum dengan kain mikrofiber untuk menghilangkan sisa residu.

 

Cara membersihkan mesin cuci top loading

photo
Mesin Cuci Turbo 3D LG - (DOK LG indonesia)

 

Gunakan tips berikut untuk membersihkan mesin cuci bukaan atas yang bagiannya sulit dijangkau.

 

1. Beri jeda siklus dan rendam dengan cuka

Untuk membersihkan mesin cuci bukaan atas, pertimbangkan untuk menghentikan sementara mesin selama siklus air panas pertama yang diuraikan di atas. Biarkan bak mandi terisi dan aduk selama sekitar satu menit, lalu jeda siklus selama satu jam agar cuka meresap.

 

2. Bersihkan tempat yang sulit dijangkau

 

Gunakan sikat gigi untuk menggosok bagian yang sulit dijangkau di sekitar tutup dan di bawah tepi bak mandi.

 

3. Bersihkan bagian luar

 

Mesin cuci bukaan atas juga cenderung mengumpulkan lebih banyak debu dibandingkan mesin cuci bukaan depan. Untuk menghilangkan cipratan debu atau deterjen, seka bagian atas mesin dan pelat jamnya menggunakan kain mikrofiber yang dicelupkan ke dalam cuka putih.

 

Cara membersihkan mesin cuci front loading

 

photo
Pekerja mengoperasikan mesin cuci di salah satu tempat usaha laundry di Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Senin (26/7). Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di sejumlah wilayah Pulau Jawa dan Bali hingga 2 Agustus dengan berbagai penyesuaian aturan, diantaranya memperbolehkan PKL, toko kelontong, laundry, pangkas rambut, rumah makan, pedagang asongan dan bengkel kecil untuk beroperasi hingga pukul 20.00 dengan protokol kesehatan ketat. Foto: Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Saat membersihkan mesin cuci bukaan depan, paking atau segel karet di sekeliling pintu biasanya menjadi penyebab cucian berbau apek. Kelembapan dan sisa deterjen dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan lumut, jadi penting untuk membersihkan area ini secara teratur.

 

1. Bersihkan gasketnya

 

Untuk menghilangkan kotoran, semprot area sekitar pintu dengan cuka putih suling dan diamkan dengan pintu terbuka setidaknya selama satu menit sebelum dibersihkan dengan kain mikrofiber.

 

2. Mencegah Jamur 

Untuk pembersihan lebih mendalam, Anda juga dapat menyeka area tersebut dengan larutan pemutih yang diencerkan. Untuk mencegah pertumbuhan jamur, biarkan pintu terbuka selama beberapa jam setelah setiap pencucian agar kelembapannya mengering.

 

 
Campuran air panas dan cuka mampu menghilangkan dan mencegah pertumbuhan bakteri.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Deretan Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Nilai Rumah

Tidak ada yang menurunkan nilai rumah lebih cepat daripada keausan yang terlihat karena kelalaian.

SELENGKAPNYA

Trik Mengatasi Kucing yang Destruktif pada Perabot Rumah

Pemilik kucing perlu menyadari bahwa mencakar merupakan hal normal.

SELENGKAPNYA

Memulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan dari Rumah

Mulai berbelanja bahan makanan tanpa kemasan, misalnya beras dengan langsung bawa wadahnya,

SELENGKAPNYA