Petugas melayani pelaku usaha yang mengajukan permohonan sertifikasi halal di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Sabtu (18/3/2023). Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menyelenggarakan pendaftaran sertifikasi halal serentak di 1. | ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Geni

Inspirasi Bisnis Halal untuk Remaja Muslim 

Platform seperti Etsy ideal untuk menjual barang-barang buatan tangan bertema Islami.

Pasar halal menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa di dunia lokapasar dan kewirausahaan yang berkembang pesat. Khususnya, bagi pengusaha muda Muslim, hal ini menandakan peluang emas untuk menggabungkan keyakinan dengan inisiatif bisnis. 

Mengingat bakat mereka dalam teknologi dan ide-ide inovatif, remaja mempunyai posisi unik untuk memanfaatkan tren pasar halal ini. Berikut merupakan beberapa ide usaha sampingan untuk seorang remaja Muslim, dilansir The Halal Times, Selasa (5/9/2023). 

  1. Layanan berlangganan jajanan halal
photo
Pengunjung mengambil jajanan pasar saat tumpengan memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Jumat (18/8/2023). Sebanyak 23 tumpeng dengan tema Kemerdekaan RI dibuat oleh pedagang. Khusus tumpeng dibagikan untuk pedagang dan tidak diambil pengunjung. Sedangkan untuk pengunjung pasar, pedagang menyiapkan jajanan pasar yang bisa diambil secara gratis. - (Republika/Wihdan Hidayat)


Dengan maraknya model bisnis berbasis langganan, langganan makanan ringan halal bisa menjadi pilihan yang populer. Layanan ini dapat mengatur dan memperkenalkan beragam makanan ringan dari masakan global kepada pelanggan, memastikan pengalaman mengunyah yang menyenangkan, dan bersertifikat halal setiap bulannya. 

2. Fesyen sederhana di lokapasar 

Fashion sederhana adalah segmen utama pasar halal. Dengan menyusun atau merancang pakaian sederhana yang trendi, remaja dapat memenuhi permintaan yang terus meningkat. Meluncurkan toko daring atau memanfaatkan platform, seperti Shopify atau Etsy bisa menjadi titik awal yang bagus. 

3. Seni dan grafis digital halal

Seni digital khusus, khususnya melayani audiens Muslim, misalnya kalender Ramadhan, e-card Idul Fitri, atau wallpaper bertema Islam, dapat menjadi usaha khusus tapi menguntungkan. 

4. Lini kecantikan dan kosmetik halal

photo
Petugas memberikan penjelasan kepada pengunjung terkait pendaftaran sertifikasi halal gratis saat Festival Halal Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (14/12/2022). BPJPH menggelar Festival Halal Indonesia untuk mendukung dan berperan serta aktif dalam menumbuhkan ekosistem halal di Indonesia dalam rangka memperingati HUT ke-5 BPJPH. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Industri kecantikan sangatlah luas dan terdapat permintaan yang signifikan terhadap kosmetik halal dan bebas dari kekejaman. Dengan memulai lini kosmetik skala kecil, organik, dan halal, remaja dapat memanfaatkan segmen pasar ini secara efektif. 

5. Manajemen acara halal

Menyelenggarakan acara halal bisa menjadi bisnis yang bermanfaat. Contohnya, buka puasa Ramadhan hingga seminar Islam yang berpusat pada remaja. 

Usaha ini memastikan acara-acara selaras dengan nilai-nilai Islam memberikan ruang yang nyaman bagi remaja Muslim untuk bersosialisasi. 

6. Sesi bimbingan belajar Islam

Bisnis sesi bimbingan belajar Islam dapat melayani orang tua Muslim yang ingin anak-anak mereka memiliki dasar yang kuat dalam keimanan mereka. Contohnya, menawarkan kursus daring atau sesi bimbingan belajar tentang mata pelajaran Islam, bahasa Arab, bahkan Alquran. 

7. Kerajinan tangan dengan sentuhan Islami

photo
Peserta menata produk yang dipamerkan dalam Gelar Produk Dekranasda dan Puncak Peringatan Hari Ibu di Taman Sumenep, Menteng, Jakarta, Rabu (22/12). Kegiatan bertemakan Kerajinan Tangan Menuju Pasar Global tersebut diselenggarakan sebagai bentuk dukungan para pengrajin yang sebagian besar adalah perempuan sekaligus menjadi motivasi para perajin lokal dan pengusaha UMKM untuk bangkit.Praayogi/Republika - (Prayogi/Republika.)

Platform seperti Etsy ideal untuk menjual barang-barang buatan tangan bertema Islami, baik itu perhiasan kaligrafi Arab maupun barang-barang dekoratif bermotif Islami. 

8. Blogging atau vlogging perjalanan halal

Mendokumentasikan pengalaman perjalanan halal, mengulas hotel halal, atau menyarankan tempat wisata ramah Muslim dapat menarik banyak pengunjung, terutama dengan meningkatnya jumlah wisatawan Muslim secara global. 

9. Pengembangan aplikasi yang halal-sentris

Mengingat keberadaan ponsel pintar yang ada di mana-mana, mengembangkan aplikasi yang memenuhi kebutuhan generasi muda Muslim, seperti pencari tempat makan halal atau notifikasi hadits harian, bisa dibilang cukup berhasil. 

10. Blogging gaya hidup halal

photo
Peserta dewasa lomba alih aksara menggunakan pakaian Gagrak Ngayogyakarta menyalin ke format digital saat babak final Kompetisi Bahasa dan Sastra di Taman Pintar, Yogyakarta, Selasa (4/7/2023). Sebanyak lima peserta dipilih dari seratus peserta setiap kategori yakni anak, remaja, dan dewasa. Hal yang baru untuk kategori remaja dan dewasa, peserta tidak hanya menyalin kalimat dalam aksara Jawa tetapi juga menuliskan secara digital melalui laptop. Selain alih aksara dalam kompetisi ini juga dilombakan nembang Macapat, Sesorah, Maca Cerkak, Panataacara, Geguritan dan Mendongeng. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Mendokumentasikan keseharian remaja Muslim, mendiskusikan tantangan, berbagi resep halal, atau mengulas produk halal dapat menarik perhatian khalayak luas. Platform seperti WordPress atau Medium adalah tempat yang bagus untuk memulai. 

Berikutnya adalah kiat utama search engine optimization (SEO) untuk sukses. Pertama, riset kata kunci. Manfaatkan alat seperti Keyword Planner milik Google atau Ubersuggest untuk memahami istilah pencarian populer di khusus halal. 

Kedua, konten yang menarik. Jaga agar konten tetap menarik dan relevan. Gabungkan kata Kunci secara alami dan hindari penjejalan kata Kunci. 

Ketiga, backlinking. Carilah peluang posting tamu atau kolaborasi dengan laman atau forum Islam populer untuk mendapatkan backlink berkualitas. 

Keempat, pembaruan yang konsisten. Dalam dunia SEO, pembaruan konten yang segar dan teratur sangat penting. Itu membuat situs web tetap aktif dan memberi sinyal kepada mesin pencari tentang relevansi situs tersebut. 

Dengan mengintegrasikan kata kunci yang tepat secara strategis, berfokus pada praktik SEO, dan menawarkan nilai asli melalui usaha mereka, wirausahawan muda dapat berhasil dalam perluasan pasar halal sambil tetap berpegang pada keyakinan dan prinsip mereka. 

 

 
Industri kecantikan sangatlah luas dan terdapat permintaan yang signifikan terhadap kosmetik halal. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Menilik Pengembangan Wisata Halal di Pesantren Wisata Pabangbon

Pesantren Wisata Pabangbon mematuhi persyaratan untuk menjadi destinasi wisata syariah.

SELENGKAPNYA

Optimalisasi AI Industri Halal

AI dapat membantu mengurangi biaya pada industri makanan dan minuman halal.

SELENGKAPNYA

Turunkan Berat Badan dengan Metode Diet Halal

Shalat lima waktu termasuk bentuk latihan yang bermanfaat bagi tubuh, pikiran, dan jiwa.

SELENGKAPNYA

Perdebatan Panjang Cat Kuku Halal

Memberi label halal pada cat kuku adalah proses yang rumit.

SELENGKAPNYA