Lucy Letby dijatuhi hukuman penjara seumur hidup oleh Pengadilan di Inggris karena membunuh tujuh bayi yang baru lahir. | Twitter/TheTrialofLucyLetby

Internasional

Menelusuri Sepak Terjang Pembunuh Berantai Terproduktif pada Era Modern Inggris

Sejauh ini, polisi tidak menemukan motif atas kejahatan yang dilakukan Lucy Letby.

Pengadilan menetapkan hukuman bagi perawat Inggris Lucy Letby dengan penjara seumur hidup pada Senin (21/8/2023). Dia membunuh tujuh bayi dan mencoba membunuh enam bayi lainnya di Unit Neonatal Rumah Sakit Countess of Chester di Inggris utara selama 13 bulan sejak 2015.

Letby adalah wanita berusia 33 tahun dan lahir di Hereford di Inggris tengah. Dia menyelesaikan gelar keperawatan di Chester University barat laut Inggris. Setelah memenuhi syarat, dia mulai bekerja di unit neonatal di Rumah Sakit Countess of Chester di kota itu.

Selama 18 bulan sejak Januari 2015, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah bayi yang meninggal dan menderita kolaps parah di Unit Neonatal Rumah Sakit Countess of Chester. Dokter senior pun menjadi khawatir karena banyak bayi yang kondisinya memburuk secara tiba-tiba dan tidak terduga dan kemudian tidak memberikan respons terhadap resusitasi yang tepat.

photo
Lucy Letby, perawat yang didakwa karena membunuh bayi-bayi di Inggris. - (Wikipedia )

Sementara, bayi-bayi lain yang tiba-tiba pingsan dan tidak mati beranjak pulih. Namun, mereka rentan dan pemulihannya menentang norma medis yang biasa.

Polisi dan ahli medis sempat dipanggil dan saat sedang mencari penyebab fenomena tersebut. Namun, mereka fokus pada satu faktor yang sama, yaitu Lucy Letby.

Letby pertama kali ditangkap pada Juli 2018, kemudian ditangkap lagi pada Juni 2019 dan November 2020 ketika didakwa membunuh tujuh bayi dan mencoba membunuh 10 bayi lainnya antara Juni 2015 dan Juli 2016.

Jaksa mengatakan, Letby menyerang 17 bayi yang berada di bangsal. Beberapa korbannya dikatakan telah keracunan insulin. Sebagian besar dakwaan terhadap Letby adalah penyuntikan udara ke aliran darah atau perut bayi hingga memberi mereka susu berlebihan.

Korban Letby termasuk anak kembar dua dan kembar tiga. Dalam satu kasus, dia membunuh dua saudara kandung dalam beberapa hari berturut-turut. Bayi bungsu yang dia bunuh baru berumur satu hari. Korban bayi tertua yang dibunuh Letby berusia 11 pekan.

Ia adalah seorang bayi perempuan yang dia serang empat kali sebelum berhasil membunuhnya. Meskipun bayi-bayi tersebut lahir prematur, beberapa bayi dianggap dalam kondisi wajar atau baik sebelum kondisinya tiba-tiba memburuk, terutama pada shift malam saat Letby sedang bekerja.

Dia menyerang sejumlah bayi tidak lama setelah orang tua korban meninggalkan tempat tidur. Letby membantah melakukan kesalahan, justru menunjuk kesalahan kepada rumah sakit dan dokter yang bekerja di sana.

Namun, juri memvonisnya atas tujuh pembunuhan dan tujuh percobaan pembunuhan. Sebanyak dua dari hukuman percobaan pembunuhan merujuk pada bayi yang sama. Namun dia dibebaskan dari dua dakwaan percobaan pembunuhan, sementara para juri tidak dapat menyetujui enam dugaan serangan lainnya.

Motif Masih Misteri

Polisi mengatakan, belum dapat menemukan motif serangan tersebut. "Sayangnya, saya rasa kita tidak akan pernah tahu kecuali dia memilih untuk memberi tahu kita," kata Detektif Inspektur Paul Hughes yang memimpin penyelidikan.

Hakim James Goss yang menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap Letby mengatakan, ada kejahatan mendalam yang mendekati sadisme dalam tindakannya. "Bukan bagian dari fungsi saya untuk mencapai kesimpulan tentang alasan atau alasan yang mendasari tindakan Anda. Saya juga tidak bisa karena itu hanya Anda yang tahu," ujarnya.

"Selama persidangan ini, Anda dengan dingin menolak tanggung jawab atas kesalahan Anda dan berusaha untuk menyalahkan orang lain. Anda tidak menyesal," katanya.

Kepala Detektif Inspektur Nicola Evans menggambarkan Letby sebagai abu-abu. "Dia memiliki kehidupan sosial yang sehat, dia memiliki lingkaran teman, dia memiliki orang tua dan hari libur, dan tidak ada yang tidak biasa dalam semua itu, tidak ada sesuatu yang kami temukan yang tidak biasa," ujar wakil petugas investigasi senior.

Polisi mengatakan, saat ini mereka sedang meninjau karier Letby sebelum periode yang dicakup oleh dakwaan. Dakwaan ini hanya mencangkup korban yang berada di Rumah Sakit Countess of Chester dan di Rumah Sakit Wanita Liverpool tempat pelaku menghabiskan sebagian masa pelatihannya.

Detektif juga sedang menyelidiki lebih dari 4.000 pasien yang dirawat di unit neo-natal di dua rumah sakit tersebut dari 2012 hingga 2016. "Hanya kasus-kasus yang dianggap mengkhawatirkan secara medis yang akan diselidiki lebih lanjut," kata Hughes.

Hakim: Lucy Letby Tidak Boleh Dibebaskan

Letby akan menghabiskan sisa hidupnya di balik jeruji besi sejak Senin (21/8/2023). Pengadilan Inggris memutuskan untuk menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup bagi perawat yang membunuh tujuh bayi yang baru lahir.

Sosok pembunuh berantai paling produktif di Inggris pada zaman modern ini dinilai tidak boleh dibebaskan. "Ini adalah kampanye pembunuhan anak yang kejam, diperhitungkan dan sinis yang melibatkan anak-anak terkecil dan paling rentan," kata hakim, James Goss, yang menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan.

Sejauh ini, polisi tidak menemukan motif atas kejahatannya dan Goss mengatakan, hanya Letby yang mengetahui alasan tindakannya. "Ada kedengkian mendalam yang berbatasan dengan sadisme dalam tindakan Anda ... Anda tidak memiliki penyesalan. Tidak ada faktor yang meringankan ... Anda akan menghabiskan sisa hidup Anda di penjara," kata Goss saat orang tua dari korban terisak di ruang sidang.

Letby pun menolak meninggalkan sel untuk mendengar hukumannya dijatuhkan. Tindakan itu mengarah pada tuntutan bahwa penjahat harus dipaksa untuk mendengarkan dampak tindakan mereka terhadap korban atau keluarganya.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan kegagalannya untuk mendengar langsung dampak dari tindakannya adalah tindakan yang pengecut. Sementara undang-undang saat ini menetapkan hakim dapat meningkatkan hukuman penjara bagi terdakwa yang tidak hadir, pemerintah sedang mempertimbangkan untuk mewajibkan kehadiran. “Itu adalah sesuatu yang akan kami kemukakan pada waktunya,” kata Sunak.

Pemerintah juga telah memerintahkan penyelidikan atas kasus tersebut di tengah tuduhan dari dokter senior di unit neonatal rumah sakit tempat Letby bekerja. Ada kekhawatiran tentang Letby tidak diindahkan oleh atasan rumah sakit, dengan panggilan untuk memastikannya dipimpin oleh hakim yang dapat memaksa saksi untuk memberikan bukti.

Sunak mengatakan penting bagi keluarga untuk mendapatkan jawaban yang dibutuhkan dan penyelidikan dilakukan secepat dan setransparan mungkin. Polisi juga menyelidiki 4.000 pasien yang masuk ke unit neonatal tempat Letby bekerja untuk mengetahui apakah ada korban lainnya.

Perintah penjara seumur hidup sejatinya sangat jarang terjadi di Inggris. Hanya ada tiga perempuan di Inggris yang pernah menerima hukuman seperti itu sebelumnya, termasuk pembunuh berantai Myra Hindley dan Rosemary West. 

 

 
Penting bagi keluarga untuk mendapatkan jawaban yang dibutuhkan. 
 
RISHI SUNAK, Perdana Menteri Inggris. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat