Bepergian dengan pesawat (ilustrasi) | Setyanavidita Livikacansera/Republika

Safari

Tata Cara Wudhu dan Shalat di Pesawat

Dalam pesawat, arah kiblat mungkin berbeda tergantung pada rute penerbangan.

Untuk memfasilitasi pelaksanaan shalat di dalam pesawat, Kementerian Agama RI telah merilis panduan tata cara tayamum menggunakan debu. Panduan ini dapat ditemukan dalam buku berjudul Tuntunan Manasik Haji di Masa Pandemi yang memberikan penjelasan tentang bagaimana pelaksanaan tayamum dapat dilakukan di dalam pesawat.


Tayamum di pesawat dapat dilakukan melalui salah satu dari dua cara berikut:

1. Tayamum dilakukan dengan satu kali tepukan. Pada tahap ini, jamaah menepukkan kedua telapak tangan ke dinding pesawat atau sandaran kursi. Setelah itu, kedua telapak tangan diusapkan ke wajah, dan langsung diusapkan ke kedua tangan, mulai dari ujung jari hingga ke pergelangan tangan, termasuk bagian punggung dan telapak tangan. Usapan harus dilakukan dengan merata dan tanpa terputus antara usapan wajah dan usapan kedua tangan.

2. Tayamum dilakukan dengan dua kali tepukan. Pertama-tama, kedua telapak tangan ditepukkan ke dinding pesawat atau sandaran kursi. Setelah itu, kedua telapak tangan disapukan ke wajah. Kemudian, tangan ditepukkan kembali ke tempat yang berbeda dari tepukan pertama, lalu kedua telapak tangan diusapkan pada kedua tangan, mulai dari ujung jari hingga siku, mencakup bagian luar dan dalam tangan.


Langkah-langkah ini dirancang untuk mempermudah jamaah dalam melaksanakan tayamum di dalam pesawat, mengingat keterbatasan ruang dan situasi yang dapat dihadapi dalam perjalanan udara. Panduan ini diharapkan dapat membantu jamaah menjaga pelaksanaan shalat sesuai dengan ajaran agama, meskipun dalam kondisi yang mungkin tidak biasa seperti di dalam pesawat.


Dalam buku Aku Datang Memenuhi Panggilanmu Panduan Doa dan Ibadah Haji Umroh karya Freddy Rangkuti dan Siti Haniah, shalat di dalam pesawat dilakukan dengan menerapkan konsep qashar dan jamak. Artinya, empat rakaat shalat yang biasa dilakukan diqasharkan menjadi dua rakaat dan waktu shalat yang berdekatan dijadikan satu waktu.


Tata cara shalat di dalam pesawat:

photo
Antrean jamaah calon haji (calhaj) Kloter 1 Embarkasi sebelum pemeriksaan barang bawaan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2023). Sebanyak 360 orang terdiri atas 355 jamaah calhaj dan lima petugas Kloter 1 asal Grobogan berangkat menuju Madinah menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada 00.30 WIB dari Bandara Adi Sumarmo. - (Republika/Wihdan Hidayat)

1. Pastikan Anda tahu arah kiblat. Dalam pesawat, arah kiblat mungkin berbeda bergantung pada rute penerbangan.

2. Bila memungkinkan, berusaha untuk mendapatkan kursi yang membuat Anda memiliki ruang yang cukup untuk shalat. Anda dapat melakukannya di ruang di belakang kursi atau di lorong yang sepi, jika izin diberikan oleh awak kabin.

3. Jika ruang terbatas, Anda bisa duduk dengan kaki tertutup di bawah Anda dan melakukan shalat tanpa sujud.

4. Jika ada ruang dan izin untuk berdiri, ikuti tata cara shalat berdiri seperti biasa. Jika tidak, shalat duduk bisa dilakukan dengan mengangkat tangan dan membaca gerakan shalat dengan perlahan.

5. Jika shalat dilakukan dalam posisi duduk, gerakan rukuk dan sujud dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kenyamanan Anda.

photo
Etika ketika kita berada di pesawat (ilustrasi) - (Unsplash/Alev Takil )

6. Saat membaca Al-Fatihah dan surah lainnya, lakukan dengan perlahan dan tunduk pada aturan-aturan tajwid.

7. Setelah menyelesaikan shalat, jangan lupa untuk membaca doa setelah shalat dan doa-doa lainnya sesuai dengan tuntunan.


Penting untuk selalu berkomunikasi dengan awak kabin dan mengikuti peraturan pesawat terkait dengan kegiatan agama di dalam pesawat. Jika memungkinkan, berbicaralah dengan awak kabin sebelum penerbangan untuk menginformasikan niat Anda melaksanakan shalat. 

 

 
Saat membaca Al-Fatihah dan surat lainnya, lakukan dengan perlahan dan tunduk pada aturan-aturan tajwid.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kenali Kondisi Airplane Ear, Ketika Telinga Sering Berdengung di Pesawat

Anak kecil biasanya merasakan tekanan yang lebih parah karena saluran telinga mereka jauh lebih kecil.

SELENGKAPNYA

Menguak Cerita tak Biasa tentang Pesawat

Black box atau kotak hitam, yang juga dikenal sebagai Flight Data Recorder, sebenarnya berwarna oranye terang.

SELENGKAPNYA

Benarkah Saat di Pesawat Paparan Radiasi UV Makin Tinggi?

Pilot dan anggota awak kabin yang berisiko lebih tinggi

SELENGKAPNYA